Profil Perusahaan PT ITSS Morowali, Insiden Kerja Tewaskan 13 Orang

itss morowali (2)
Foto (IMIP)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Tungku di pabrik smelter nikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) dilaporkan meledak  yang berlokasi di Kabupaten Morowali, Sulawesi  Tengah, Minggu (24/12/2023).

Terdapat 35 karyawan menjadi korban di lokasi kejadian, diantaranya sebanyak 13 orang meninggal dunia akibat insiden tersebut.

Profil PT ITSS Morowali

Mengenal lebih dekat dengan PT ITSS, sebelum menjadi pemberitaan karena tragedi tersebut. Perusahaan itu berdiri di kawasan PT Industri Morowali Industrial Park (PT IMIP), yang bergerak di sektor pengolahan mineral logam dan produksi stainles steel.

BACA JUGA: Kemenperin Beharap Hak Karyawan Korban Kebakaran Smelter ITSS Morowali Terpenuhi

Melansir berbagai sumber, perjalanan PT ITSS tidak terlepas dari kemitraan strategis dengan Tsingshan Holding Group Company Limited dan Tsingtuo Group Co. Ltd., dua kekuatan besar dari China. Kolaborasi ini bukan hanya tentang eksploitasi sumber daya alam, tetapi juga tentang membawa inovasi teknologi pengolahan nikel ke tingkat lebih tinggi.

Pemegang Saham Utama

Penting untuk dicatat bahwa PT IMIP memiliki 10 persen saham di PT ITTS, menjadikannya satu-satunya perusahaan Indonesia yang memiliki kepentingan saham di perusahaan ini. Pemegang saham lainnya termasuk Hanwa Company Limited dan Techonology Group Company Limited, menambahkan dimensi internasional pada struktur kepemilikan perusahaan.

PT ITTS bukan hanya sekadar pemain pasar, tetapi juga kontributor signifikan terhadap industri nikel Indonesia. Dengan kapasitas produksi sekitar satu juta ton nickel pig iron (NPI) setiap tahun, perusahaan ini berperan dalam memenuhi permintaan global akan logam tersebut.

Kawasan industri IMIP menjadi saksi kolaborasi sukses antara Bintang Delapan Group Indonesia dan Tsingshan Steel Group. Dengan tiga unit produksi nickel pig iron (NPI) dan kapasitas tinggi stainless steel, Tsingshan Group memegang posisi sebagai pemimpin global dalam pengolahan nikel.

Selain prestasi produksi, PT ITTS juga memberikan perhatian khusus pada aspek keamanan dan keberlanjutan. Langkah-langkah inovatif yang diambil oleh perusahaan untuk memastikan keberlanjutan operasional mereka mencerminkan tanggung jawab sosial perusahaan.

Meskipun operasionalnya berpusat di Morowali, PT ITTS memilih Jakarta sebagai lokasi kantor pusatnya. Gedung Wisma Mulia, Jakarta Selatan, menjadi pusat strategis di mana keputusan penting diambil, mencerminkan komitmen perusahaan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Tsingshan Group sebagai pemegang kendali utama PT ITTS, membanggakan diri atas penguasaan teknologi pengolahan nikel yang lebih maju dan modern.

 

 

(Saepul/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Kronologi Bencana Longsor Gorontalo
Kronologi Bencana Longsor Gorontalo, 8 Orang Ditemukan Tewas
Mengisi Baterai HP Tanpa Charger
Tips Mengisi Baterai HP Tanpa Charger
PN Bandung Bebaskan Pegi Setiawan
PN Bandung Bebaskan Pegi Setiawan, Ini Pertimbangan dan PutusanHakim
program pemerintah nyeleneh
Viral, Nama Program Pemerintah Nyeleneh Jadi Sorotan Netizen!
Pemain Pasca Euro 2024
Pasca Euro 2024, 5 Pemain Ini Miliki Nilai Pasar Fantastis!
Berita Lainnya

1

Tips Beli Tiket Presale Konser Bruno Mars di Jakarta!

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Jersey Olimpiade Timnas Indonesia Dipuji Prabowo: 'Bagus Sekali'

4

Dikabarkan Hilang, WNI di Jepang Ternyata Ditangkap Kasus Narkoba

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Cidera Pedri di Euro 2024
Imbas Cidera Pedri di Euro 2024, UEFA Harus Bayar Denda Rp132 Miliar
Pegi Setiawan Bebas
Pegi Setiawan Bebas, Ini Pertimbangan Hakim
Terjadi Awan Panas Guguran Merapi Jawa Tengah
Terjadi Awan Panas Guguran Merapi Jawa Tengah
Semifinal Euro 2024 Spanyol Tanpa 3 Pemain
Semifinal Euro 2024, Spanyol Tanpa 3 Pemain Kunci Kontra Prancis