Tujuan Pelatihan Kader Perencanaan oleh Pemkot Cimahi

Pelatihan Kader Perencanaan yang dilakukan Pemkot Cimahi. (Foto: Tri / Teropong Media)

Bagikan

CIMAHI, TM.ID: Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cimahi, menggelar Pelatihan Kader Perencanaan di Aula Gedung A Pemkot Cimahi, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan pelatihan kader yang menghadirkan narasumber dari Politeknik STIA LAN Bandung ini diikuti 330 peserta yang terbagi dalam dua gelombang dilaksanakan selama dua hari.

Gelombang pertama pada hari Rabu-Kamis (8-9/11/2023) dan gelombang kedua pada hari Senin-Selasa (13-14/11/2023). Peserta pelatihan adalah unsur masyarakat pengurus RW, LPM, kader wilayah Kelurahan serta Kecamatan se-Kota Cimahi.

BACA JUGA: Pastikan Keamanan, Polisi Jaga Gudang Logistik KPU Cimahi 24 Jam

Sekretaris Daerah Kota Cimahi H. Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, pembangunan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pelaksanaan pembangunan setiap daerah memerlukan perencanaan yang akurat yang membutuhkan partisipasi dan keterlibatan masyarakat yang berperan sebagai fasilitator dalam mekanisme Musrenbang.

“Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kemampuan fasilitator agar memiliki persyaratan kompetensi dan kemampuan untuk berperan aktif sebagai fasilitator dalam penyelenggaraan musrenbang serta dapat berperan aktif sebagai fasilitator pada proses-proses partisipasi publik dalam rangka penyusunan rencana pembangunan daerah,”terang Dikdik dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Pelatihan Kader Pembangunan Tahun 2023.

Menurutnya, Musrenbang merupakan salah satu pendekatan dalam penyusunan rencana pembangunan tahunan yang melibatkan partisipasi masyarakat. Agar tujuan musrenbang dapat dicapai sesuai ketentuan, diperlukan fasilitator sebagai salah satu unsur yang dilibatkan dalam pelaksanaan tahapan musrenbang, yaitu rembug warga.

Fasilitator dalam pelaksanaan musrenbang untuk perencanaan pembangunan Kota Cimahi tahun 2025 merupakan kader-kader perencana yang telah dilatih sebelumnya serta akan dilatih agar memiliki persyaratan kompetensi dan kemampuan yang mumpuni untuk memandu rembug warga agar berjalan dengan baik.

“Untuk itu kegiatan pelatihan bagi kader perencana, merupakan bagian penting yang tak terpisahkan dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan musrenbang RKPD Kota Cimahi tahun 2025,”katanya.

BACA JUGA: Stabilisasi Harga, Pemkot Cimahi Gelar Pangan Murah

Dikdik berharap para kader bukan hanya bergerak ketika pelaksanaan rembug warga atau musrenbang tingkat kelurahan saja, tetapi juga dapat mengevaluasi serta memberikan laporan pelaksanaan dari setiap proses partisipasi publik yang telah difasilitasinya.

“Setelah mendapatkan pelatihan ini, para kader perencana hendaknya dapat berperan aktif dalam proses pelaksanaan perencanaan pembangunan dimulai dari proses rembug warga di tingkat RW sampai dengan tingkat kota sehingga upaya pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dapat tercapai,”pungkasnya.

(TRI / Masnur)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Tangis Haru Ibu Pegi di Ruang Sidang Praperadilan
Tangis Haru Ibu Pegi di Ruang Sidang Praperadilan
Kronologi Bencana Longsor Gorontalo
Kronologi Bencana Longsor Gorontalo, 8 Orang Ditemukan Tewas
Mengisi Baterai HP Tanpa Charger
Cara Mengisi Baterai HP Tanpa Charger
PN Bandung Bebaskan Pegi Setiawan
PN Bandung Bebaskan Pegi Setiawan, Ini Pertimbangan dan Putusan Hakim
program pemerintah nyeleneh
Viral, Nama Program Pemerintah Nyeleneh Jadi Sorotan Netizen!
Berita Lainnya

1

Tips Beli Tiket Presale Konser Bruno Mars di Jakarta!

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Jersey Olimpiade Timnas Indonesia Dipuji Prabowo: 'Bagus Sekali'

4

Dikabarkan Hilang, WNI di Jepang Ternyata Ditangkap Kasus Narkoba

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Cidera Pedri di Euro 2024
Imbas Cidera Pedri di Euro 2024, UEFA Harus Bayar Denda Rp132 Miliar
Pegi Setiawan Bebas
Pegi Setiawan Bebas, Ini Pertimbangan Hakim
Terjadi Awan Panas Guguran Merapi Jawa Tengah
Terjadi Awan Panas Guguran Merapi Jawa Tengah
Semifinal Euro 2024 Spanyol Tanpa 3 Pemain
Semifinal Euro 2024, Spanyol Tanpa 3 Pemain Kunci Kontra Prancis