Perawatan Velg Motor, Seberapa Penting Balancing?

velg motor balancing (2)
foto (Suzuki)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Pelek atau velg motor perlu mendapatkan perawatan dengan berbagai tindakan, salah satunya adalah balancing.

 Menjaga berbagai komponen motor, termasuk velg, merupakan hal penting yang harus dilakukan. Oleh karena itu, anda sebaiknya tidak mengabaikan proses balancing velg. Proses perawatan ini bertujuan untuk menyeimbangkan berat dari komponen ini, sehingga akan merasa lebih nyaman saat berkendara.

melansir Suzuki, balancing velg dilakukan setiap kendaraan motor telah menempuh perjalanan sekitar 10 ribu kilometer. Melakukan perawatan ini saat servis rutin, sehingga kondisi komponen velg dapat diperiksa dengan lebih detail.

Proses Balancing Velg

Untuk melakukan balancing velg pada motor, beberapa langkah perlu dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengeluarkan Velg dan Ban Motor: Langkah pertama adalah melepaskan velg dan ban dari motor, sehingga komponen ini dapat diperiksa lebih lanjut.
  2. Pengecekan dengan Menggunakan Balancer: Selanjutnya, dilakukan pengecekan dengan menggunakan balancer. Sebelum proses pengecekan dimulai, akan diukur terlebih dahulu jarak antara sumbu roda dan velg . Selain itu, diukur juga diameter dan lebar velg . velg kemudian dipasangkan ke alat tersebut, dan pemutaran beberapa kali dilakukan hingga hasil pengukuran keluar. Di layar alat tersebut, akan terbaca hasil pengecekan, menunjukkan bagian mana yang perlu diseimbangkan.
  3. Penambahan Lempeng Timah: Melalui balancing , selain mengetahui bagian yang perlu penanganan, juga dapat mengetahui seberapa banyak lempeng timah yang perlu ditambahkan ke velg motor. Penambahan unsur timah ini merupakan dasar dari proses balancing, karena berfungsi untuk memberikan keseimbangan pada velg. Ada berbagai ukuran pecahan lempeng timah yang dapat digunakan, mulai dari yang berukuran 5 gram hingga 60 gram.
  4. Memutar velg dan Mengukur Distribusinya: Setelah pemasangan lempeng timah, velg akan diukur kembali. velg akan diputar beberapa kali hingga nantinya muncul angka 0 pada layar balancer. Jika sudah berada di posisi 0, maka itu berarti velg sudah seimbang.
  5. Pemasangan Kembali jika Sudah Seimbang: Setelah memastikan velg berada dalam kondisi seimbang, velg dapat dipasang kembali pada kendaraan motor, begitu juga dengan bannya.

Itulah berbagai langkah untuk melakukan balancing velg. Meskipun terdengar sederhana dan mudah, sebaiknya proses ini dilakukan di bengkel oleh teknisi yang berpengalaman, karena sulit untuk dilakukan sendiri di rumah.

Alasan Pentingnya Balancing Velg Motor

Balancing velg dapat memberikan keseimbangan pada motor saat dikendarai, sehingga proses ini menjadi penting untuk dilakukan. Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa dapatkan setelah melakukan balancing:

  1. Meminimalisir Gejala Getaran: Proses balancing membantu meminimalisir gejala getaran yang mungkin timbul saat mengendarai motor.
  2. Motor Lebih Stabil, Termasuk untuk Kecepatan Tinggi: Jika sering mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, menjaga keseimbangan motor menjadi sangat penting. Dengan velg yang seimbang, motor akan lebih stabil.
  3. Mencegah Gejala Ban Menipis: Balancing juga dapat mencegah gejala ban yang menjadi tipis atau botak di beberapa bagian.

Dengan menjaga keseimbangan velg motor, dapat merasakan perbedaan yang signifikan dalam kenyamanan dan kinerja motor.

Sebagai tambahan, balancing  membantu memperpanjang umur komponen motor dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

(Saepul/Dist)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
vespa primavera batik
Vespa Primavera Batik Sentuhan Ekslusif, Rilis Mendekati 17 Agustus
Persebaya Surabaya Slavko Damjanovic
Persebaya Surabaya Diperkuat Bek Tengah Asal Montenegro
Smelter zink
Pemberdayaan Lahan untuk Smelter Zinc PT KPC Kalteng Harus Dapatkan Status PSN
insentif mobil hybrid
Insentif Mobil Hybrid Harus di Bawah Mobil Listrik agar Realistis?
Striker Brasil Danilo Alves resmi gabung ke PSS Sleman
2 Striker Brasil Resmi Perkuat PSS Sleman
Berita Lainnya

1

Tips Beli Tiket Presale Konser Bruno Mars di Jakarta!

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Jersey Olimpiade Timnas Indonesia Dipuji Prabowo: 'Bagus Sekali'

4

Dikabarkan Hilang, WNI di Jepang Ternyata Ditangkap Kasus Narkoba

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
PBSI Tunggu Keputusan Keluarga Zhang Zhi Jie
Soal Jenazah Zhang Zhi Jie, PBSI Masih Tunggu Keputusan Keluarga
Bukayo Saka Melejit Euro 2024
Nama Bukayo Saka Melejit Diantara Deretan Pemain Berkelas Euro 2024
Tim putri Jakarta BIN Menjuarai Putaran Pertama Final Four Proliga
Tim Putri Jakarta BIN Menjuarai Putaran Pertama Final Four Proliga
Bola Canggih untuk Semifinal dan Final Euro 2024
Bola Canggih untuk Semifinal dan Final Euro 2024 Diluncurkan Adidas