Bisa Libas Jalur Offroad, Simak Kelebihan dan Kekurangan Ban Dual Purpose

kelebihan kekurangan ban dual purpose
foto (Wahana Honda)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Ban motor jenis dual purpose banyak diburu rider, karena mampu melibas trek offroad ringan maupun di jalan raya.

Tak ayal ban dual purpose membuat banyak motor berjenis adventure menggunakan ban ini, lantaran bisa berjalan pada segala medan.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Dual Purpose

Kendati begitu, ban jenis ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Melansir beberapa sumber, berikut kelebihan dan kekurangannya:

BACA JUGA: Dilarang Keras Lakukan Hal Ini Saat Ban Motor Masih Baru

1. Nyaman digunakan di Berbagai Medan

Salah satu kelebihan utama ban dual purpose adalah kemampuannya untuk digunakan di berbagai medan. Alur ban yang menyerupai alur ban off-road memungkinkan kendaraan untuk menghadapi tantangan medan berat.

Namun, material dan pola telapak yang lebih halus juga membuatnya nyaman digunakan di jalan raya. Selain itu, ban dual purpose dapat menerjang jalan yang rusak dengan baik. Ini membuatnya menjadi pilihan yang solid untuk pengemudi yang suka menjelajah.

2. Tidak Mudah Aus

Selain kemampuannya di berbagai medan, ban dual purpose juga dikenal karena ketahanannya. Ban ini tidak mudah aus seperti ban biasa. Material yang digunakan dalam pembuatan ban dual purpose memiliki kualitas yang baik, sehingga usia dan durabilitasnya panjang.

Dengan ban ini, anda tidak perlu khawatir tentang ban cepat gundul. Kelebihan ini memberikan nilai tambah yang signifikan.

3. Cengkeraman Kurang Maksimal

Namun, ada juga kekurangan dalam penggunaan ban dual purpose. Kekurangan utamanya adalah cengkeraman ban yang kurang maksimal jika dibandingkan dengan ban on-road lainnya. Minesnya ini dapat menjadi masalah jika anda hanya menggunakannya di jalan raya tanpa pernah menjajal medan yang lebih ekstrem. Pilihannya mungkin kurang cocok untuk pengemudi yang mengutamakan cengkeraman yang kuat.

4. Tidak Cocok untuk Motor Sport

Terakhir, ban dual purpose tidak cocok digunakan pada motor sport. Kendaraan motor yang memiliki manuver yang tinggi dan biasanya digunakan untuk balap di lintasan memiliki kebutuhan khusus akan ban.

Desain ban dual purpose yang cenderung lebih tebal dan kasar mungkin tidak sesuai dengan gaya motor sport yang lebih ramping. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari menggunakannya pada motor sport.

Ban dual purpose adalah pilihan yang baik untuk rider yang menginginkan fleksibilitas dalam menjelajahi berbagai medan, tanpa perlu khawatir tentang ausnya ban.

 

 

(Saepul/Usamah)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Transaksi Judi Online di Indonesia rekening judi online
Uang Rekening Judi Online yang Dibekukan Bakal Jadi Milik Negara
BRI
BRI Berdayakan UMKM di Program Sentra Kuliner BRINS MATAS Cilandak
Korupsi 6 Juta Paket Bansos Presiden
KPK Usut Dugaan Korupsi 6 Juta Paket Bansos Presiden
Komisi III DPR Apresiasi Kerja Satgas Pemberantasan Judi Online
Komisi III DPR Apresiasi Kerja Satgas Pemberantasan Judi Online Mulai Efektif
beasiswa santri kemenag 2024
Beasiswa Santri Kemenag 2024 Dibuka, Kuota Hanya Seribu Santri!
Berita Lainnya

1

Tyronne del Pino, Pemain Asing Persib Yang Terbuang Kini Mulai Dilirik Bojan Hodak

2

Penuh Drama, Jeman Vs Denmark Berakhir 2-0 di Euro 2024

3

Segini Anggaran Belanja Persib Bandung Jelang Liga 1 2024/2025

4

Swiss Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Singkirkan Italia 2-0

5

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF
Headline
Kenaikan UKT
Megawati Sorot UKT Mahal, Kurangi Bansos!
FP1 MotoGP Jerman Bagnaia
Bagnaia Finish di Posisi 9 FP1 MotoGP Jerman 2024
Gempa Guncang Tanimbar gempa bumi aceh
Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami
UU KIA kementrian PPPA
Jokowi Sahkan UU KIA, Kementrian PPPA Buat Turunannya