Makna dan Logo Hari Santri 2024 Lengkap dengan Tema!

hari santri 2024
(kemenag.go.id)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi merilis tema dan logo Hari Santri 2024. Melansir laman resmi Kemenag, sejak 2015 lalu, tanggal 22 Oktober setiap tahun diperingati sebagai Hari Santri Nasional.

Hari Santri 2024 yang merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 silam tersebut jatuh pada Selasa (22/10/2024).

Berikut tema sampai logo resmi peringatan Hari Santri 2024.

Tema Hari Santri

Tema resmi Hari Santri 2024 dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Rabu (9/10/2024), adalah “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan.”

Tema tersebut diambil berdasarkan semangat juang para santri untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik dan menaklukkan tantangan zaman.

“Saya mengajak seluruh santri di Indonesia untuk bersama-sama terus berjuang menuju masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata  Yaqut.

Logo

Logo Hari Santri 2024 terancang dengan konsep seperti dua tali yang saling melilit. Apabila diperhatikan, dua tali yang bertaut tersebut membentuk siluet santri yang sedang berlari.

Lalu apabila kedua tali dilihat terpisah, akan membentuk huruf “s” dan “i” yang menjadi simbol Santri Indonesia. Warna utama yang digunakan logo ini yakni kombinasi hijau pine dan emas.  Pada bagian atasnya, terdapat lingkaran berwarna merah.

Filosofi Logo Hari Santri 2024

Santri berlari dengan mengangkat tangan

Logo ini menggambarkan simbol santri yang sedang berlari dengan mengangkat tangan. Simbol ini melambangkan semangat juang yang tak kenal lelah. Gerakan lari merepresentasikan progres dan dinamika.

Sedangkan tangan yang terangkat melambangkan harapan, optimisme, dan tekad untuk meraih masa depan yang lebih baik. Selain itu, lambang tersebut diartikan sebagai usaha kolektif untuk bangkit bersama yang sejalan dengan tema Hari Santri.

Tali yang melilit

Tali yang melilit pada logo ini melambangkan keterhubungan dan kesinambungan yang merepresentasikan keberlanjutan dan hubungan antargenerasi.

Makna tersebut menggambarkan pesan untuk meneruskan perjuangan serta nilai-nilai yang diwariskan dari para pendahulu. Tali juga melambangkan persatuan, kekuatan yang terikat erat, dan ketahanan dalam menghadapi tantangan masa depan.

Lingkaran merah

Simbol lingkaran pada logo ini memiliki makna pengorbanan yang penuh keberanian. Selain itu, simbol tersebut akan mengingatkan perjuangan pahlawan yang memberi dedikasi tanpa pamrih.

Ini juga menyiratkan perjuangan dan semangat kebersamaan harus berputar tanpa henti dan membawa keberanian untuk mencapai kesejahteraan di masa depan.

Kombinasi warna hijau pine

Warna hijau sering dikaitkan dengan keharmonisan, ketenangan, dan kedamaian serta melambangkan pertumbuhan, kesuburan, dan spiritualitas.

Sementara itu, hijau pine merupakan warna yang tenang dan elegan, yang melambangkan keteguhan dan stabilitas. Warna tersebut melambangkan perjuangan santri dengan kesabaran, konsistensi, dan keyakinan kuat.

Warna emas

Warna emas pada logo ini mencerminkan kemuliaan, kejayaan, dan kesuksesan. Ini juga kerap dikaitkan dengan sesuatu yang bernilai, dihargai; warna ini mewakili masa depan cerah yang ingin diraih melalui semangat juang santri.

Tak hanya itu, warna ini juga menggambarkan prestasi dan pencapaian, mengisyaratkan perjalanan para santri menuju kesejahteraan adalah tujuan yang layak diperjuangkan.

BACA JUGA: Memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama, Ini Sejarahnya!

Warna merah

Dalam konteks tersebut, warna merah mewakili semangat juang yang menyala, kekuatan untuk menghadapi rintangan, dan keberanian meneruskan perjuangan.

Warna merah pada logo Hari Santri 2024 juga melambangkan pengorbanan dan komitmen untuk terus berjuang mewakili santri sebagai generasi yang siap menghadapi tantangan.

 

(Kaje/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Gampang, Begini Cara Screenshot di Infinix Note 40
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke