Daftar Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia, Ada Vatikan?

Negara pertama mengakui kemerdekaan Indonesia
Indonesia. (Pixabay)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945, tidak langsung mendapat pengakuan dari negara-negara lain. Lalu, negara mana saja yang pertama kali kali mengakui kemerdekaan Indonesia?

Pengakuan dari negara lain sangatlah penting untuk memperkuat kedaulatan Indonesia dan mempermudah hubungan diplomatik, perdagangan, serta perekonomian.

Indonesia baru mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari negara-negara lain beberapa tahun kemudian setelah merdeka.

Negara Pertama yang Mengakui Indonesia

Berikut beberapa negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia:

1. Mesir

Mesir merupakan negara pertama yang secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia. Berdasarkan Modul Sejarah XII Kemdikbud (2020), Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto pada 22 Maret 1946 setelah adanya lobi diplomatik dari Indonesia di Kairo.

Kemudian, pada 10 Juni 1947, Mesir memberikan pengakuan de jure dengan menandatangani Perjanjian Persahabatan antara kedua negara. Ini menandai hubungan diplomatik pertama Indonesia dengan negara asing, dan Mesir membuka jalan bagi negara-negara Liga Arab lainnya untuk mengikuti jejaknya.

2. Palestina

Palestina sebenarnya sudah memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia sejak tahun 1944, sebelum Indonesia merdeka.

Meskipun saat itu Palestina belum menjadi negara yang berdaulat penuh, dukungan dari Palestina memiliki arti penting, karena menunjukkan solidaritas dari dunia Islam dan Timur Tengah terhadap perjuangan Indonesia melawan penjajahan.

3. India

India, yang juga berjuang melawan kolonialisme, merasakan ikatan kuat dengan Indonesia. Meskipun baru merdeka pada 1947, India sudah mendukung kemerdekaan Indonesia sejak awal. Hubungan dekat antara Moh Hatta dan Jawaharlal Nehru memperkuat kerja sama antara kedua negara ini.

Selain itu, pada Agustus 1946, Indonesia sempat mengirimkan bantuan 500 ribu ton padi kepada India yang tengah dilanda kelaparan, yang kemudian memperkuat dukungan India terhadap Indonesia di forum internasional, termasuk di PBB.

4. Australia

Australia juga memainkan peran penting dalam mendukung kemerdekaan Indonesia. Hubungan antara serikat pekerja perkapalan di Indonesia dan Australia menjadi jembatan awal antara kedua negara.

Ketika Agresi Militer Belanda I terjadi, Australia dan India mengajukan resolusi di Dewan Keamanan PBB pada Juli 1947, yang mendesak Belanda untuk menghentikan serangan terhadap wilayah Indonesia.

Selain itu, Australia juga terlibat aktif dalam Komite Tiga Negara yang dibentuk PBB untuk menyelesaikan konflik antara Indonesia dan Belanda.

5. Vatikan

Vatikan adalah negara pertama di Eropa yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1947, Vatikan membuka misi diplomatik di Jakarta dengan status “Apostolic Delegate.”

Hubungan diplomatik resmi antara Indonesia dan Vatikan dimulai pada tahun 1950. Kedua negara ini menjalin hubungan baik berdasarkan nilai-nilai yang sama, seperti anti-ateisme, perdamaian dunia, dan kerukunan antarumat beragama.

BACA JUGA: Menilik Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia

Dengan demikian, Mesir menjadi negara pertama yang secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia, kemudian diikuti oleh negara-negara lain. Dari sini, Indonesia dapat terus memperkuat hubungan diplomatiknya dengan negara-negara lain di dunia.

 

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke