Bandung Adalah Danau Purba? Cek Faktanya!

Danau Purba Bandung
(istockphoto)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Danau Bandung Purba, yang terkenal juga dengan nama Sunda, Situ Hiang atau Danau Purba Bandung, merupakan sebuah danau purba yang menghiasi masa lalu Kota Bandung.

Terbentuk sekitar 210.000 hingga 105.000 tahun silam pada kala Pleistosen, danau ini menyimpan kisah dramatis tentang letusan dahsyat Gunung Sunda yang mengubah wajah Cekungan Bandung.

Letusan Dahsyat dan Lahirnya Danau Purba

Letusan Gunung Sunda, yang terjadi sekitar 210.000 hingga 105.000 tahun silam, merupakan peristiwa monumental yang melahirkan Danau Bandung Purba.

Material letusan yang dimuntahkan gunung api ini menyumbat aliran Sungai Citarum di sekitar Padalarang, menyebabkan air menggenangi Cekungan Bandung dan membentuk sebuah danau yang luas.

Kisah Menyusutnya Danau Purba

Keberadaan Danau Bandung Purba tak selamanya abadi. Sekitar 16.000 tahun lalu, pada akhir kala Pleistosen, danau ini mulai menyusut.

Gempa bumi dan longsor yang terjadi di antara Curug Cukangrahong dan Curug Halimun membuka jalan bagi air danau untuk mengalir ke utara, bertemu dengan aliran Sungai Cimeta.

Peristiwa ini menandai berakhirnya era Danau Bandung Purba dan mengubah Cekungan Bandung menjadi rawa.

Luas dan Bentangan Danau Purba

Danau Purba ini membentang luas, menjangkau wilayah dari Cicalengka hingga Padalarang, serta dari Dago hingga perbatasan Soreang dan Ciwidey.

Luasnya diperkirakan mencapai hampir tiga kali lipat dari luas Provinsi DKI Jakarta, menggambarkan betapa megahnya danau purba ini di masa silam.

Jejak Sejarah Geologi: Penelitian Van Bemmelen

Pada tahun 1935, ahli geologi Belanda, R.W. van Bemmelen, melakukan penelitian mendalam tentang sejarah geologi Bandung. Melalui pengamatan terhadap singkapan batuan dan bentuk morfologi gunung api di sekitar Bandung, van Bemmelen berhasil mengungkap sejarah terbentuknya Danau Bandung Purba.

Penelitiannya menunjukkan bahwa danau ini terbentuk akibat pembendungan Sungai Citarum purba oleh letusan dahsyat Gunung Tangkuban Parahu.

Letusan ini didahului oleh runtuhnya Gunung Sunda Purba di sebelah barat laut Bandung dan pembentukan kaldera, tempat Gunung Tangkuban Parahu kemudian tumbuh.

Van Bemmelen menelusuri sejarah geologi Bandung hingga ke zaman Miosen (20 juta tahun yang lalu), saat daerah Bandung utara masih berupa laut.

Bukti-bukti seperti fosil koral yang membentuk terumbu karang sepanjang punggungan bukit Rajamandala, yang kini menjadi batu kapur dan ditambang sebagai marmer, menguatkan temuannya.

Penelitian van Bemmelen juga mengungkap keberadaan Gunung Sunda Purba, gunung api raksasa yang diperkirakan mencapai ketinggian sekitar 3000 mdpl.

Sisa-sisa gunung ini kini berupa punggung bukit, dengan Situ Lembang dan Gunung Burangrang sebagai salah satu kerucut sampingannya.

Runtuhnya Gunung Sunda Purba dan Lahirnya Gunung Tangkuban Parahu

Runtuhnya Gunung Sunda Purba membentuk kaldera (kawah besar) yang menjadi tempat tumbuhnya Gunung Tangkuban Parahu.

Peristiwa ini juga memicu terbentuknya Patahan Lembang hingga Gunung Manglayang, memisahkan dataran tinggi Lembang dari dataran rendah Bandung.

Erupsi Catalysmic dan Terbentuknya Danau Bandung

Sekitar 6000 tahun yang lalu, erupsi catalysmic kedua terjadi, melepaskan banjir abu panas yang melanda bagian utara Bandung. Banjir abu vulkanik ini membendung aliran Sungai Citarum, akhirnya membentuk Danau Bandung.

Penelitian Dam dan Suparan serta Sunardi

Pada tahun 90-an, Dam dan Suparan (1992) dari Direktorat Tata Lingkungan Departemen Pertambangan melakukan penelitian menggunakan teknologi canggih. Seperti metoda penanggalan pentalikhan radiometri dengan isotop C-14 dan metode U/TH disequilibirum.

Penelitian ini mengkaji perlapisan endapan sedimen Danau Bandung, memberikan pemahaman yang lebih detail tentang sejarah danau purba ini.

Sunardi (1997) juga melakukan penelitian berdasarkan pengamatan paleomagmatisme dan pentalikhan radiometri dengan metode K-Ar, memberikan perspektif tambahan tentang sejarah geologi Bandung.

BACA JUGA : 4 Fakta Danau Como, yang Jadi Saksi Lamaran Al Ghazali dan Alyssa Daguise di Italia

Warisan Danau Bandung Purba

Danau Bandung Purba, meskipun tak lagi eksis, meninggalkan jejak yang tak ternilai bagi Kota Bandung. Keberadaannya memberikan pemahaman tentang dinamika geologi dan sejarah alam yang membentuk wilayah ini.

Sisa-sisa danau purba ini dapat ditemukan dalam bentuk endapan sedimen, fosil, dan bentang alam yang unik di sekitar Bandung.

Kisah Danau ini mengingatkan tentang kekuatan alam yang mampu mengubah wajah bumi dan membentuk sejarah peradaban. Keberadaannya menjadi bukti penting tentang masa lalu yang misterius dan keajaiban.

 

(Hafidah Rismayanti/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Bea Cukai Bandung Hadir dalam Acara Roeang Kita UMKM Fest 2024, Budi Santoso: UMKM Harus Naik Kelas
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke