Rilis Inovasi Baru, Google Lens Bisa Jawab Pertanyaan Video!

Rilis Google lens
(Piinterest)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Google terus rilis inovasi pada aplikasi pencarian visualnya, Lens, dengan menghadirkan kemampuan baru yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan hampir secara waktu nyata tentang lingkungan sekitar.

Fitur terbaru ini sekarang sudah bisa diakses oleh pengguna Android dan iOS yang menggunakan bahasa Inggris, asalkan aplikasi Google terpasang.

Pengguna dapat mulai merekam video melalui Lens dan mengajukan pertanyaan mengenai objek menarik yang muncul dalam video tersebut.

Lou Wang, Direktur Manajemen Produk untuk Lens, mengungkapkan bahwa fitur baru ini menggunakan model AI milik Google, yaitu Gemini. Model ini telah “disesuaikan” untuk memahami video dan menjawab pertanyaan yang relevan.

“Misalnya Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang ikan yang menarik perhatian Anda, Lens akan memberikan penjelasan mengapa mereka berenang dalam lingkaran, lengkap dengan sumber informasi tambahan,” kata Wang, mengutip Techcrunch, Selasa (8/10/2024).

Cara Mengakses Fitur Baru

Untuk mencoba fitur analisis video terbaru ini, pengguna perlu mendaftar di Google Search Labs dan memilih fitur eksperimental yang disebut “AI Overviews and more” di Labs.

Setelah terdaftar, pengguna cukup menahan tombol rana pada ponsel mereka di aplikasi Google untuk memulai perekaman video menggunakan Lens.

Saat video direkam, pengguna dapat mengajukan pertanyaan, dan Lens akan memberikan jawaban melalui fitur AI Overviews di Google Search, yang secara otomatis merangkum informasi dari berbagai sumber di internet.

Kecerdasan AI untuk Menganalisis Video

Menurut Wang, Lens menggunakan teknologi AI untuk memilih frame yang paling “menarik” dan relevan dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada. Frame tersebut digunakan untuk memberikan jawaban yang lebih tepat dari hasil rangkuman AI.

“Hal ini lahir dari pengamatan kami terhadap cara orang menggunakan Lens saat ini. Kami ingin menghilangkan hambatan dalam bertanya, sehingga rasa ingin tahu mereka bisa terpuaskan dengan lebih mudah,” jelas Wang.

Fitur video ini merupakan lanjutan dari inovasi serupa yang sebelumnya diperkenalkan oleh Meta untuk kacamata AR-nya, Ray-Ban Meta, bulan lalu.

Meta berencana menambahkan kemampuan AI real-time untuk menganalisis video yang direkam melalui kacamata tersebut, memungkinkan pengguna menanyakan pertanyaan tentang objek yang ada di sekitar mereka.

OpenAI juga telah meluncurkan fitur baru untuk mode suara canggihnya, Advanced Voice Mode, yang memungkinkan ChatGPT menganalisis video secara waktu nyata.

Namun, Google tampaknya lebih cepat dalam menghadirkan teknologi ini melalui Lens, meski masih dalam format asinkron — di mana pengguna tidak dapat berinteraksi langsung dengan Lens secara waktu nyata.

Fitur Pencarian Gambar dan Teks Sekaligus

Selain kemampuan video, Lens juga kini mendukung pencarian gambar dan teks secara bersamaan. Pengguna berbahasa Inggris, bahkan yang tidak terdaftar di Labs, bisa meluncurkan aplikasi Google, menahan tombol rana untuk mengambil foto, dan mengajukan pertanyaan secara lisan.

Fungsi Khusus E-dagang

Lens juga menambahkan fungsi baru untuk membantu pengguna berbelanja. Mulai hari ini, saat Lens mengenali produk tertentu, aplikasi akan menampilkan informasi lengkap tentang produk tersebut, termasuk harga, merek, ulasan, hingga stok barang.

Namun, fitur ini masih terbatas pada kategori belanja tertentu seperti elektronik, mainan, dan produk kecantikan, serta hanya tersedia di beberapa negara.

Menurut Wang, fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang tertarik pada produk tertentu yang mereka temui.

“Contohnya, jika Anda melihat sebuah tas ransel yang Anda sukai, Lens bisa membantu mengidentifikasi produk tersebut dan memberikan informasi detail yang Anda butuhkan,” kata Wang.

Peluang Besar dalam Iklan

Tak hanya membantu pengguna, Google juga melihat peluang besar dalam menampilkan iklan di Lens. Menurut data Google, sekitar 4 miliar pencarian setiap bulannya di Lens berkaitan dengan belanja, menjadikan hal ini kesempatan emas bagi perusahaan untuk memasukkan iklan yang relevan dengan produk yang dicari oleh pengguna.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Google Lens dan Fitur Translate

Rilis kemampuan baru dalam aplikasi pencarian visual Google Lens memberikan pengalaman pencarian yang lebih interaktif dan mendalam bagi penggunanya.

 

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
mitsubishi mobil konsep
Mitsubishi Pamerkan Mobil Konsep Menuju Debut di ASEAN, Indonesia Kapan?
Rantis_Maung_4x4_Pindad
Mobil Dinas, Menteri Kabinet Merah Putih Siap Gunakan Maung!
Cek Fakta
Cek Fakta: Video Andre Taulany Promosikan Situs Judi?
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Gampang, Begini Cara Screenshot di Infinix Note 40
Headline
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi Untuk Taklukan Persib Bandung