29 September Bumi Akan Dikelilingi Dua Bulan, Ini Dampaknya!

Bumi akan dikelilingi oleh dua bulan
(x)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID – Akhir bulan September ini kita akan menyaksikan fenomena langka di langit. Bumi akan dikelilingi oleh dua bulan pada (29/09/2024).

Fenomena ini terjadi karena adanya asteroid PT5 2024 dengan ukuran sekitar 33 kaki atau 10 meter yang mengelilingi bumi. Tidak hanya terjadi dalam satu hari saja, namun 53 hari. Terhitung dari 29 September 2024 hingga 25 November 2024.

Melansir laman Instagram resmi Observatorium Bosscha @bosschaobservatory, fenomena ini tidak terlihat di langit. Hal tersebut karena asteroid PT5 2024 berada di jarak terjauh bumi yaitu 3,44 juta kilometer.

Dampak yang Terjadi Jika Bumi Memiliki 2 Bulan

1. Pengaruh Orbit Bulan pada Kehidupan Bumi

Perlu kita pahami bahwa sistem dan bulan salah satu hal unik dalam tata surya. Bulan memiliki masa 1/81 kali masa bumi, ukuran bulan paling besar dari keseluruhan spek kehidupan di bumi.

Salah satunya seperti berpengaruh pada terjadinya pasang dan surut air laut secara konstan. Sehingga membuat satu hari di bumi sama dengan 24 jam, selain itu memberikan cahaya yang cukup bagi makhluk yang melakukan aktivitas dan berburu di malam hari.

2. Mempengaruhi Sistem Kehidupan Secara Total

Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana pengaruh bulan terhadap kehidupan di bumi. Kehadiran bulan tambahan ini tentunya akan mengubah segala sistem di bumi secara drastis.

Bisa dibilang, bulan kedua ini akan menimbulkan malapetaka di muka bumi. Sistem gravitasi bulan akan menyebabkan gempa bumi hebat di mana-mana, serta aktivitas sekitar gunung akan meningkat.

3. Pada Minggu ke-3 Mulai Menyesuaikan Hadirnya Bulan Kedua

Untungnya, semua malapetaka yang ditimbulkan akibat adanya bulan kedua hanyalah bentuk adaptasi dari sistem bumi dan bulan. Setelahnya, bulan kedua ini mulai bisa memposisikan dirinya sendiri di antara sistem bumi dan bulan.

4. Malam Hari akan Jauh Lebih Terang

Bumi mulai terbiasa dengan sistem bumi dan dua bulan, akan tetapi tentu saja kehidupan di bumi tidak akan sama seperti sediakala. Tapi masalahnya tidak sederhana, hewan-hewan nokturnal akan mencari kehidupan di malam hari dengan intensitas cahaya yang besar.

5. Luas Daratan yang Layak Huni Menjadi Menyempit

Manusia juga harus bisa beradaptasi dengan jumlah bulan yang ada dua ini. Pasang naik yang ditimbulkan oleh adanya dua bulan ini menyebabkan garis pantai menjadi sangat samar.

Tidak hanya itu, aktivitas sekitar pantai bisa jadi hal yang mustahil dilakukan. Ini lantaran perbedaan tinggi air laut saat terjadi pasang surut dan naik bisa mencapai ribuan kaki.

6. Sistem Perhitungan Waktu Menjadi Kompleks

Sistem perhitungan waktu juga tidak akan sama seperti biasanya. Para astronom memerlukan sistem perhitungan yang dapat menjelaskan pergerakan dua buah bulan.

Hal ini tentunya lebih rumit daripada perhitungan yang ada sekarang. Bisa kalian bayangkan selama 58 hari ke depan, bagaimana para Astronom ini akan bekerja keras.

BACA JUGA: Fenomena Aphelion Jadi Perbincangan di X, Apa Itu?

Jadi itu merupakan prediksi yang akan terjadi jika bumi memiliki dua bulan. Meskipun begitu, menurut Bosscha Observation, kamu tidak perlu khawatir pada fenomena dua bulan yang akan terjadi.

Fenomena ini tidak akan meninggalkan dampak yang signifikan pada bumi. Sehingga kehidupan manusia di bumi akan tetap normal dan baik-baik saja.

 

(Kaje/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke