Franck Ribery dan Samir Handanovic Raih Lisensi UEFA A, Siap Jajal Karir Kepelatihan

Franck Ribery
Franck Ribery (Foto:IMDB)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID – Federasi Sepakbola Italia (FIGC) baru saja merilis daftar pelatih yang lulus kursus kepelatihan UEFA A, lisensi tingkat kedua tertinggi di Eropa.

Beberapa nama besar dari dunia sepak bola turut mengisi daftar ini, di antaranya mantan bintang Bayern Munich, Franck Ribery, dan mantan kapten Inter Milan, Samir Handanovic.

Selain mereka, Gianmarco Pioli, putra dari pelatih Stefano Pioli, juga berhasil meraih lisensi ini dengan nilai sempurna, yakni 110 dari 110.

Lisensi UEFA A memungkinkan para pemegangnya untuk memimpin tim di level profesional, termasuk tim muda, tim wanita, dan tim senior pria hingga Serie C.

Ini menjadi langkah penting bagi para lulusan yang ingin memperdalam karir kepelatihan mereka, baik di Italia maupun di kompetisi Eropa lainnya.

Untuk memimpin tim di level Serie A, mereka akan membutuhkan Lisensi UEFA Pro, yang merupakan lencana kepelatihan tertinggi di Eropa.

Franck Ribery, yang baru saja pensiun setelah bermain di Serie A bersama Fiorentina dan Salernitana, kini siap memasuki babak baru sebagai pelatih.

Ribery dikenal karena karir gemilangnya bersama Bayern Munich, dan lisensi UEFA A memberinya peluang untuk melanjutkan warisannya di dunia sepak bola sebagai pelatih.

Sementara itu, Samir Handanovic, yang selama ini bekerja dengan tim U-17 Inter Milan, kini telah memenuhi syarat untuk memimpin tim di level yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Pelatih Kiper Persib Luizinho Passos Lulus Lisensi Kepelatihan A CBF

Hal ini membuka pintu bagi mantan penjaga gawang tersebut untuk mengambil peran yang lebih signifikan dalam dunia kepelatihan sepak bola.

Selain mereka, beberapa nama lain yang turut lulus dalam kursus terbaru FIGC ini termasuk mantan pemain internasional Italia Domenico Criscito dan Alessandro Diamanti, serta mantan bek Brescia, Sampdoria, dan Leeds United, Gaetano Berardi.

Salah satu lulusan yang paling menonjol adalah Gianmarco Pioli, yang mendapatkan nilai sempurna dalam ujian akhir bersama Stefano Cassani.

Gianmarco sebelumnya telah bekerja sebagai analis video di AC Milan selama ayahnya, Stefano Pioli, menjabat sebagai pelatih di sana.

Kini, dengan lisensi UEFA A di tangan, Gianmarco siap melanjutkan karirnya di dunia kepelatihan dengan pengalaman lebih mendalam.

Lisensi ini membuka peluang bagi para mantan pemain dan calon pelatih untuk memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan sepak bola, baik di Italia maupun di panggung internasional.

 

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Ganda Putra Indonesia, Sabar/Reza, Indonesia Open 2024
Putri KW dan Sabar/Reza Wakili Indonesia di Final Hong Kong Open 2024
ban bjb RCTI
bank bjb Berperan sebagai Joint Mandated Lead Arranger dalam Fasilitas Kredit Sindikasi untuk PT Rajawali Citra Televisi Indonesia
Khabib Nurmagomedov
Harga Tiket Talkshow Khabib Nurmagomedov di Indonesia Lebih Mahal dari Malaysia, Ini Alasannya
Dedi Mulyadi Puncak Bogor
Merawat Keindahan Puncak Bogor, Menurut Cagub Jabar Dedi Mulyadi
libur maulid nabi tiket woosh terjual
Libur Maulid Nabi, Woosh Berhasil Jual Lebih dari 70 Ribu Tiket
Berita Lainnya

1

DPD NasDem Kota Bandung Resmi Miliki Kantor Baru, Saan Mustopa: Rumah Semua Kalangan

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Terjadi Gempa M 5,7 di Tapanuli Utara Sumut

5

Kabar Eksploitasi Karyawan Perusahan Animasi Viral, Polisi Turun Tangan
Headline
Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 15 September
Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 15 September, Hujan Sedang Terjadi di Sejumlah Daerah
Real Madrid
Real Madrid Raih 3 Poin di Kandang Real Sociedad Lewat Gol Penalti
Gunung Marapi Sumatera Barat Erupsi Dua Kali
Masyarakat Diminta Berhati-hati, Gunung Marapi Sumatera Barat Erupsi Dua Kali
Manchester City
Manchester City Bungkam Brentford, Erling Haaland Cetak Brace!