Perjalanan Dosen UNEJ Ngajar Program Doktor di UPTC Colombia

Dosen UNEJ
Dosen UNEJ. (dok. UNEJ)

Bagikan

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Dosen Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) Bevo Wahono, mendapat kesempatan mengajar Program Doktor Pendidikan Sains di Universidad Pedagógica y Tecnológica de Colombia (UPTC), Kolombia, Amerika Selatan.

Sebelumnya, ia pernah memberikan kuliah umum di sejumlah universitas luar negeri, namun di UPTC kali ini ia mengajar selama satu semester di program doktoral.

“Saya pernah memberikan kuliah umum di Taiwan dan Thailand, tetapi itu hanya sekali. Sedangkan di Kolombia, saya mengajar satu semester penuh untuk program doktoral jurusan Pendidikan Sains secara daring,” ungkap Bevo, menutip laman Unej, Jumat (13/9/2024).

Bevo juga berbagi cerita tentang perjalanannya sebagai dosen UNEJ hingga akhirnya terpilih untuk mengajar di UPTC, Kolombia.

Perjalanan Bevo Ngajar di UPTC

Bevo bercerita ia memiliki banyak relasi di luar negeri, termasuk di Vietnam, Thailand, Taiwan, Kolombia, Dubai, dan Afrika Selatan.

Setelah memberikan kuliah umum di beberapa negara, relasi di UPTC melihat kemampuannya dan memintanya untuk mengajar selama satu semester.

Kemudian ia pun menyetujui tawaran tersebut, lalu UPTC mengirimkan kontrak yang berisi jadwal pertemuan serta materi yang harus disampaikan.

Jaringan ini ia bangun sejak menempuh studi S3 di National Taiwan Normal University, dan melebar setelah lulus dengan aktif mengikuti konferensi di berbagai negara seperti Australia, Prancis, Thailand, dan Singapura.

Bevo mengaku ia sering mengikuti hingga 10 konferensi dan seminar ilmiah, baik di dalam maupun luar negeri, dengan tujuan memperluas jaringan.

Selain itu, Bevo juga menceritakan pengalamannya mengajar mahasiswa doktoral di UPTC yang memiliki rasa ingin tahu tinggi dan pendekatan yang filosofis.

“Kuliah berlangsung selama 3,5 jam, dengan 1 jam untuk ceramah dan sisanya diskusi. Waktu 2,5 jam untuk diskusi sering kali tidak cukup karena para mahasiswa sangat interaktif,” tambahnya.

Namun, Bevo menghadapi tantangan perbedaan waktu yang signifikan.

“Kuliah di UPTC dimulai pukul 08.00 pagi waktu Amerika Selatan, yang berarti di Indonesia sudah pukul 20.00 malam, dan saya baru selesai kuliah pada pukul 23.30 waktu Indonesia,” ungkapnya.

Selain tugas mengajar, Bevo juga aktif sebagai pembicara di berbagai kampus, menjabat sebagai Ketua Tim Pemeringkatan Universitas Jember, Kepala Pusat Publikasi LPPM, dan perwakilan UNEJ dalam tim SDM di kementerian.

Ia berharap ke depannya, banyak yang mengenal Universitas Jember dalam kancah internasional.

BACA JUGA: Strategi Mahasiswa UNEJ Capai IPK Sempurna, Terbitkan 11 Artikel Jurnal Nasional dan Internasional

Ia menyampaikan keinginannya agar Universitas Jember lebih terkenal di luar negeri, serta berharap para dosen UNEJ dapat meningkatkan kapabilitas mereka dengan beraktivitas di luar negeri, sehingga dalam tingkat internasional, semakin banyak yang mengenal almamater mereka.

 

(Virdiya/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
kpk ingatkan janji prabowo-gibran
KPK Bakal Tagih Janji Prabowo-Gibran Soal Pemberantasan Korupsi
Manfaat Silent Walking
Apa Itu Silent Walking? Rasakan Manfaatnya
Pasir Laut RI Kembali Diekspor, Ini Bahayanya
Pasir Laut RI Kembali Diekspor, Walhi Ungkap Bahaya Ini!
mq2 (4)
Insiden di PON 2024: Wasit Pingsan Usai Dihantam Pemain
tottenham hotspurs
Link Streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal Selain Yalla Shoot
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Terjadi Gempa M 5,7 di Tapanuli Utara Sumut

3

Kabar Eksploitasi Karyawan Perusahan Animasi Viral, Polisi Turun Tangan

4

Pertolongan Pertama Saat Digigit Tomcat, Wajib Tahu!

5

Didukung Brader, Kang Erwan Makin Semangat Maju di Pilgub Jabar 2024
Headline
Kebakaran RS Naripan Bandung
Kebakaran Melanda RS Murni Teguh Naripan Bandung, Penghuni Rumah Sakit Dievakuasi
Gempa Sukabumi
Gempa 5,3 Magnitudo Terjadi di Sukabumi, Terasa Hingga Bandung
Yalla Shoot
Jadwal dan Link Streaming Persib vs PSIS, Live Indosiar dan Vidio Selain Yalla Shoot
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan