Ada Berapa Jenis Sate di Indonesia?

Jenis Sate Indonesia
Jenis Sate Indonesia. (pixabay)

Bagikan

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Salah satu keanekaragaman kuliner yang menjadi ikon Indonesia ialah sate. Sate sendiri tersedia di berbagai daerah di Indonesia dengan jenis yang memiliki ciri khas baik penyajian maupun bumbu yang berbeda.

Di bawah ini merupakan jenis-jenis sate yang bisa Anda temui di penjuru Indonesia. Hidangan yang memiliki cita rasa khas Indonesia ini memiliki cita rasa yang akan membuat penikmatnya teringat Indonesia.

Jenis-Jenis Sate di Indonesia

1. Sate Ayam Madura

Sate ayam Madura mungkin adalah jenis sate yang paling populer di Indonesia. Terbuat dari potongan daging ayam yang dipanggang di atas arang, sate ini disajikan dengan bumbu kacang yang khas.

Kunci dari cita rasa sate Madura terletak pada perpaduan bumbu kacang yang sangat halus bersama dengan bawang putih, cabai, dan petis. Penyajian sate ini biasanya bersama lontong atau nasi,  lengkap dengan irisan bawang merah dan kecap manis.

2. Sate Padang

Sate Padang berasal dari Sumatera Barat dan terkenal dengan kuah kentalnya yang kaya akan rempah. Umumnya sate ini menggunakan daging sapi, lidah, atau jeroan.

Ciri khas Sate Padang adalah bumbunya yang terbuat dari tepung beras dengan campuran kaldu daging serta rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan lengkuas. Tekstur bumbu yang kental dan kaya rasa membuatnya berbeda dari jenis sate lainnya di Indonesia.

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi berasal dari Purwakarta, Jawa Barat, terkenal dengan rasanya yang gurih tanpa menggunakan bumbu kacang. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi atau kambing yang telah direndam dalam bumbu rempah sebelum dipanggang.

Bumbu perendam tersebut terdiri dari kecap manis, bawang putih, dan berbagai rempah yang memberikan cita rasa khas pada daging. Sate Maranggi biasanya disajikan dengan sambal oncom atau sambal tomat segar.

4. Sate Lilit Bal

Sate Lilit adalah sajian khas dari Bali yang memiliki keunikan tersendiri. Bahan dasar sate ini bisa berupa cincangan halus daging ikan, ayam, atau daging babi, kemudian mencampurkannya dengan kelapa parut, santan, dan bumbu rempah khas Bali.

Campuran daging dan bumbu ini kemudian dililitkan pada batang serai atau bambu, lalu dipanggang hingga matang. Rasanya yang gurih dan harum menjadikan Sate Lilit sebagai salah satu kuliner Bali yang wajib dicoba.

5. Sate Klatak

Berbeda dari kebanyakan sate yang menggunakan tusuk bambu, Sate Klatak yang berasal dari Yogyakarta ini ditusuk menggunakan jeruji besi sepeda.

Daging kambing yang digunakan untuk Sate Klatak dipanggang hanya dengan garam sebagai bumbunya, sehingga memberikan cita rasa yang sangat sederhana namun lezat. Setelah dipanggang, sate ini disajikan dengan kuah gulai yang nikmat.

6. Sate Buntel Solo

Sate Buntel berasal dari Solo dan menggunakan daging kambing yang dicincang, kemudian dibungkus (dibuntel) dengan lemak kambing sebelum dipanggang.

Proses pembungkusan ini membuat daging tetap lembut dan berair saat dipanggang. Biasanya, sate ini disajikan dengan kecap manis dan bawang merah mentah sebagai pelengkap.

BACA JUGA: 5 Kuliner Khas Wonosobo yang Bikin Ngiler!

Itulah berbagai jenis sate di Indonesia yang bisa Anda temui saat menjelajahi keindahan Nusantara. Selmat mencoba!

 

 

(Virdiya/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke