Tinggalkan Memori di Bromo dengan Kuliner Khas yang Tak Tergantikan

Kuliner Khas Bromo
Rawon Nguling. (Instagram/jastip_cyntia)

Bagikan

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Siapa yang tidak kenal dengan Bromo? Destinasi wisata Indonesia yang telah menjadi primadona bagi masayrakat lokal maupun mancanegara. Selain menikmati berbagai aktivitas menarik di bromo, Anda juga harus mencicipi kuliner khas Bromo saat berkunjung ke sana.

Di bawah ini adalah kuliner khas Bromo yang wajib Anda coba, setiap gigitan makanan ini akan memberikan memori yang membuat Anda ingin kembali ke Bromo.

Daftar Kuliner Khas Bromo

1. Nasi Aron

Nasi Aron merupakan sajian tradisional yang terbuat dari jagung, sering kali menjadi makanan pokok masyarakat di sekitar Bromo. Metode masak nasi ini biasanya dengan teknik khusus sehingga menghasilkan tekstur yang pulen dan aroma yang menggugah selera.

Biasanya disajikan bersama sayur lodeh, tempe goreng, dan sambal terasi yang pedas. Kombinasi ini menciptakan perpaduan rasa yang lezat dan seimbang, cocok untuk mengisi perut setelah mendaki Gunung Bromo.

2. Rawon Nguling

Rawon Nguling adalah salah satu kuliner legendaris yang tidak boleh dilewatkan. Berbeda dengan rawon lainnya, rawon nguling menggunakan daging sapi berkualitas yang dimasak dalam kuah hitam pekat dari kluwek.

Rasa gurih dan kaya rempah menjadi ciri khas dari Rawon Nguling. Hidangan ini sangat cocon untuk Anda santap bersama dengan nasi putih hangat, tauge, telur asin, dan kerupuk udang.

3. Sate Sapi Bromo

Berbeda dengan sate pada umumnya, Sate Sapi Bromo menawarkan potongan daging sapi yang lebih besar dan empuk. Daging sapi ini dipanggang dengan bumbu khas Bromo yang terbuat dari campuran kecap, bawang merah, dan rempah-rempah lokal.

Rasanya manis, gurih, dan sedikit pedas, sangat cocok untuk dinikmati dengan lontong atau nasi hangat. Sate ini biasanya dijual di warung-warung kecil di sekitar Bromo, menjadi pilihan yang tepat setelah seharian berkeliling.

4. Kentang Bromo

Kentang Bromo merupakan camilan khas yang terbuat dari kentang lokal yang tumbuh di lereng Gunung Bromo. Cara mengolah kentang ini bisa dengan merebus atau menggoreng, yang kemudian terdapat tambahan dengan taburan garam atau sambal terasi.

Rasa kentang yang manis dan teksturnya yang lembut menjadi favorit bagi para wisatawan. Camilan ini juga bisa menjadi oleh-oleh khas dari Bromo.

5. Sego Tepung

Sego Tepung adalah hidangan khas yang terbuat dari tepung beras yang dimasak hingga mengental dan berbentuk seperti bubur.

Sajian sego tepung dengan lauk pauk sederhana seperti tahu, tempe, dan sayuran, Sego Tepung memiliki rasa yang ringan namun tetap mengenyangkan.

Biasanya penduduk lokal, menyantap hidangan ini sebagai sarapan. Sekarang, banyak wisatawa yang inginmencoba kuliner autentik Bromo yang satu ini.

BACA JUGA: Senangnya, Menjelajah Bromo Lewat Pintu Gerbang Cemoro Lawang!

Banyaknya pilihan kuliner khas Bromo di atas, membuat menu makanan Anda bervariatif saat berkunjunng ke Bromo, sehingga tidak merasa bosan. Selamat mencoba!

 

(Virdiya/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
mitsubishi mobil konsep
Mitsubishi Pamerkan Mobil Konsep Menuju Debut di ASEAN, Indonesia Kapan?
Rantis_Maung_4x4_Pindad
Mobil Dinas, Menteri Kabinet Merah Putih Siap Gunakan Maung!
Cek Fakta
Cek Fakta: Video Andre Taulany Promosikan Situs Judi?
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Gampang, Begini Cara Screenshot di Infinix Note 40
Headline
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi
Ze Valente Pastikan Persik Kediri Dalam Motivasi Tinggi Untuk Taklukan Persib Bandung