Manfaat Obat Alprazolam, Bantu Redakan Kecemasan?

Obat Alprazolam
Ilustrasi. (pixabay)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Orang-orang yang sering mengalami gangguan kecemasan atau panik, mungkin sudah tidak asing dengan obat Alprazolam.

Obat ini masuk ke dalam golongan benzodiazepin. Cara kerja obat ini untuk memperlambat sistem saraf pusat yang mencakup otak dan sumsum tulang belakang, sehingga membantu meredakan gejala kecemasan yang dialami seseorang.

Artikel ini akan membahas perihal manfaat dari Alprazolam yang perlu Anda ketahui. Untuk mendapatkan informasi dan pemahaman yang lengkap, simak artikel ini sampe akhir, ya.

Manfaat Alprazolam

Meskipun mekanisme kerja alprazolam belum sepenuhnya jelas, obat ini memiliki beberapa manfaat dalam pengobatan gangguan kecemasan dan panik, di antaranya:

1. Gangguan Kecemasan Umum (GAD)

Penggunaan Alprazolam untuk mengatasi gangguan kecemasan umum di mana penderitanya mengalami kekhawatiran berlebihan tentang berbagai situasi.

Gejala seperti perasaan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi atau ketidakmampuan untuk menenangkan diri sering muncul pada kondisi ini.

2. Gejala Kecemasan

Obat ini juga bermanfaat untuk meredakan berbagai gejala kecemasan seperti kesulitan berkonsentrasi, kegelisahan, dan masalah tidur. Penggunaan alprazolam biasanya disarankan untuk jangka pendek guna mengurangi intensitas gejala tersebut.

3. Gangguan Panik

Biasanya resep Alprazolam ini untuk orang yang mengalami gangguan panik, di mana mereka mengalami serangan panik berulang yang tiba-tiba dan intens.

Serangan panik ini dapat menyebabkan gejala fisik seperti kesulitan bernapas, detak jantung cepat, dan berkeringat berlebihan.

Obat ini umumnya hanya untuk orang dewasa, dan belum ada penelitian yang memastikan keamanannya bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun.

Selain itu, alprazolam terkadang digunakan di luar indikasi resmi (off-label) untuk kondisi lain, namun penggunaannya tetap harus sesuai anjuran dokter.

4. Cara Penggunaan Alprazolam

Penggunaan Alprazolam harus sesuai dengan petunjuk dokter atau seperti yang tercantum pada label kemasan obat. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan obat ini antara lain:

  • Dosis: Jangan menggunakan obat ini dalam dosis yang lebih besar, lebih kecil, atau lebih lama dari yang direkomendasikan oleh dokter.
  • Keamanan: Obat ini tidak boleh dibagikan dengan orang lain, terutama mereka yang memiliki riwayat penyalahgunaan narkoba atau kecanduan.
  • Pengukuran Dosis: Untuk bentuk cairan, gunakan alat ukur khusus yang disediakan, bukan sendok dapur. Sedangkan untuk tablet extended-release, telan seluruh tablet tanpa menghancurkan atau mengunyahnya.

BACA JUGA: Alprazolam Langka! Sebulan Para Pengidap Gangguan Mental Cover BPJS di Bandung Tidak Ada Obat

Menggunakan obat Alprazolam ini tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan anjuran dokter. Sebab, jika sembarangan dan menyalahgunakan obat ini, akan tombul beberapa efek sampung yang cukup serius.

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
String busur panah
Mengenal String Busur Panah, Sebelum Memulai Hobi Panahan
atlet tembak korea jadi BA Louis Vuitton
Atlet Tembak Korea Kim Ye Ji Jadi Brand Ambassador Louis Vuitton
Tips membersihkan buah kiwi
Tips Bersihkan Buah Kiwi Agar Tidak Gatal-Gatal
anak chester bennington kritik linkin park
Putra Chester Bennington Kritik Vokalis Baru Linkin Park
Penyanyi Country Tommy Cash Tutup Usia
Penyanyi Country Tommy Cash Tutup Usia
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Terjadi Gempa M 5,7 di Tapanuli Utara Sumut

3

Kabar Eksploitasi Karyawan Perusahan Animasi Viral, Polisi Turun Tangan

4

Link Streaming Tottenham Hotspur vs Arsenal Selain Yalla Shoot

5

Didukung Brader, Kang Erwan Makin Semangat Maju di Pilgub Jabar 2024
Headline
Kebakaran RS Naripan Bandung
Kebakaran Melanda RS Murni Teguh Naripan Bandung, Penghuni Rumah Sakit Dievakuasi
Gempa Sukabumi
Gempa 5,3 Magnitudo Terjadi di Sukabumi, Terasa Hingga Bandung
Yalla Shoot
Jadwal dan Link Streaming Persib vs PSIS, Live Indosiar dan Vidio Selain Yalla Shoot
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan
Megawati Sampaikan Kuliah Umum di Rusia-Uzbekistan