Teka-teki Sosok ‘R1’, Cawagub Pendamping Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024

Dedi Mulyadi Unggul Setelah RK Maju di Jakarta
Dedy Mulyadi dengan jajaran menyapa warga kota Bandung di Tegallega Kota Bandung (Rizky Iman/TM)

Bagikan

JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Teka-teki siapa sosok Calon Wakil Gubernur pendamping Dedi Mulyadi sebagai cakal Calon Gubernur Jawa Barat (Cagub Jabar) di Pilkada 2024, semakin terbuka. Dedi Mulyadi belum menyebut nama, tetapi ia sebut ‘R1’ sebagai cawagub pendampingnya di Pilgub Jabar 2024.

“Kalau saya sih inisialnya boleh lah, inisialnya adalah ‘R1’,” ujar Dedi di Kantor DPP Gerindra, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2024).

Dengan hanya menyebut R1, Dedi Mulyadi rupanya memancing publik untuk “bercocoklogi”, menafsirkan sendiri siapa sosok ini sebenarnya.

Apabila dilafalkan secara harfiah, huruf R berbunyi ‘Er’, dan 1 yang dalam bahasa Inggris ditulis ‘One’ (satu), dalam pelafalannya berbunyi ‘Wan’. Dengan demikian R1 dapat mengarah pada nama ‘Erwan’.

Lalu, apakah R1 yang dimaksud adalah Erwan Setiawan?  Tak hanya itu, Dedi pun sedikit mendeskripsikan dari sisi fisik sosok dari R1 tersebut.

“Ciri cirinya tinggi agak ikal, cowok. Ya pasti orang Jawa Barat. Bandung agak ke Timur dikit. Sebelum daftar nanti kita diumumin dulu,” terang Dedi.

Nama Erwan Setiawan belakangan ini mencuat, digadang-gadang sebagai salah satu bakal calon pendamping Dedi Mulyadi dalam kontestasi Pilgub Jabar 2024.

Siapakah Erwan Setiawan?

Publik Jawa Barat, khususnya di wilayah Kabupaten Sumedang dan Bandung Raya, serta bobotoh Persib Bandung bisa jadi sudah mengenal siapa Erwan Setiawan.

Erwan Setiawan adalah kader Partai Golkar yang menjabat Wakil Bupati Sumedang periode 2018-2023 pendamping Dony Ahmad Munir.

Sebelum menjabat Wakil Bupati Sumedang, Erwan juga dipercaya masyarakat Kota Bandung untuk menjadi wakilnya di DPRD Kota Bandung selama dua periode.

Pada periode 2009-2014 Erwan Setiawan menjabat Ketua DPRD Kota Bandung, dan 2014-2018 sebagai anggota DPRD Kota Bandung.

Nama Erwan Setiawan sudah tak asing lagi di kalangan pecinta sepakbola klub Persib Bandung, karena ia merupakan putra dari petingggi Persib Bandung, Haji Umuh Muchtar yang dikenal dengan sebutan ‘Uwa Haji Umuh’.

Menurut data survei Pilgub Jabar 2024 dari Indo Riset, nama Erwan Setiawan memiliki elektabilitas cukup tinggi ketika disandingkan dengan Dedi Mulyadi.

Apabila head to head dengan Bacagub PKS Ahmad Syaikhu, pasangan Dedi Mulyadi – Erwan Setiawan unggul 85,3 persen dari sisi elektabilitas atau keterpilihan.

Belakangan ini, Dedi Mulyadi sempat berkunjung ke keluarga besar Erwan Setiawan dan disambut langsung oleh Haji Umuh Muhtar.

Pada 19 Agustus 2024, Erwan hadir bersama KDM dalam sebuah acara di Tegallega Kota Bandung.

“Alhamdulillah tadi malam dapat mendampingi Kang @dedimulyadi71 di Lapangan Tegalega bandung, Hatur nuhun ulemanana kang, Sukses teras 💛💛” demikian unggahan akun resmi Instagram Erwan Setiawan.

Dedi Mulyadi menyatakan siap mendaftar ke KPUD Jawa Barat pada Selasa 27 Agustus 2024, tetapi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) pendampingnya masih menjadi teka-teki hingga saat.

BACA JUGA: Tak Terpengaruh Putusan MK, Cagub Jabar Dedi Mulyadi Tegaskan KIM Solid Dukung Dirinya

Pendaftaran Cagub-Cawagub Jabar 2024

Dedi Mulyadi berencana mendaftarkan diri sebagai Calon Gubernur Jawa Barat beserta pasangannya pada Selasa 27 Agustus 2024 ke KPUD Provinsi Jawa Barat.

“Kita rencana daftar hari Selasa tanggal 27 Agustus 2024 Jam 16.00 dalam bentuk kegiatan karnaval seni se-Provinsi Jawa Barat,” kata Dedi.

Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) tetap solid mendukung dirinya sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

“Kalau dari KIM sih, sudah clear semuanya ya,” kata Dedi di Jakarta, Jumat (23/8) malam.

 

(Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Aksi Peringatan Darurat
Aliansi Masyarakat Sipil Jawa Barat Sikapi Aksi Peringatan Darurat RUU Pilkada
Partai Gerindra tutup peluang usung Kaesang di Pilkada Jawa Tengah
Gerindra Sebut KIM Tak Usung Kaesang di Pilkada Jawa Tengah
Valentino Rossi
Valentino Rossi Kembali ke Lintasan, Panaskan Sirkuit Misano Minggu Ini
Polisi Tetapkan 19 Demonstran di DPR Jadi Tersangka, Tidak Ditahan!
Polisi Tetapkan 19 Demonstran di DPR Jadi Tersangka, Tidak Ditahan!
Ilkay Gundogan
Makna Dibalik Nomor 19 Ilkay Gundogan di Manchester City
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Federico Chiesa Merapat ke Barcelona, Tinggalkan Juventus

3

Bobby Clark Resmi Dilepas Liverpool ke RB Salzburg

4

Jay Idzes Siap Gagalkan Debut David De Gea Bersama Fiorentina di Serie A Liga Italia

5

Dua Gol Dewa United Membuat Persib Berbenah, Gustavo Franca Singgung Soal Set Piece
Headline
45 Ribu Orang Terdampak Gelombang PHK
45 Ribu Orang Terdampak Gelombang PHK di Tahun 2024
Meski RUU Pilkada Batal, Ridwan Kamil Optimis Dapat Dukngan 12 Partai
Meski RUU Pilkada Batal, Ridwan Kamil Optimis Dapat Dukungan 12 Partai
Prediksi Skor Brighton vs Manchester United
Prediksi Skor Brighton vs Manchester United Premier League 2024/2025
IMG-20240824-WA0021
Link Streaming Brighton vs Manchester United Pekan Kedua Liga Inggris