Profil Rosan Roeslani, 87 Orang Terkaya di Indonesia yang Dipercaya Jokowi Jadi Menteri Investasi

Profil Menteri Investasi Rosan Roeslani
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Rosan Roeslani bersama Menteri BUMN Erick Thohir. (Instagram Erick Thohir)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Simak profil, latar belakang, dan jejak rekam Rosan Roeslani, sehingga ia diberi kepercayaan untuk menjabat Menteri Investasi merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada agenda reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rosan Roeslani secara resmi dilantik menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM pada 19 Agustus 2024, menggantikan Bahlil Lahadalia.

Sesaat setelah dilantik, Rosan Roeslani langsung mendapat ucapan selamat dari Menteri BUMN Erick Thohir, seperti diposting dalam akun remi Instagramnya, Senin (19/8).

“Selamat sahabat saya Pak @rosanroeslani yang diberi kepercayaan oleh Bapak Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM,” demikian tulis @erickthohir.

Erick Thohir yang juga Ketua PSSI itu berharap, Rosan akan menjadi bagian dari perangkat Negara yang siap bekerja keras untuk membangun investasi.

“Tentu ini kerja keras bersama untuk memastikan nilai investasi terus meningkat. Untuk itu Kementerian BUMN siap mendukung dan bersinergi. Bismillah,” tegas Ercik Thohir.

Profil Rosan Roeslani

Rosan Perkasa Roeslani merupakan pria kelahiran 31 Desember 1968, yang tak lain adalah seorang pengusaha asal Indonesia, pendiri dan mengelola perusahaan investasi bernama Recapital Advisors (1997).

Rosan Roeslani sempat masuk jajaran 87 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2021 dengan nilai kekayaan USD 450 juta.

Rosan Roeslani dan Recapital Advisors berhasil melakukan transformasi perusahaan konvensional menjadi perusahaan yang memenuhi standar investasi dan Good Corporate Governance (GCG), dengan menghasilkan sejumlah nama perusahaan besar seperti:

  1. Kaltim Prima Coal (Bumi Resources Group)
  2. Berau Coal (Sinarmas Group)
  3. Pizza Hut (Sriboga Group)
  4. BTPN (Sumitomo Mitsui Group)
  5. Bank Pundi (Banten Global Group)
  6. SeaBank (Shopee Group)
  7. Siloam (Lippo Group)
  8. Acuatico (Salim Group)
  9. Akuisisi Klub Sepak Bola Italia bernama Inter Milan.

Jabatan:

  1. Ketua Umum KADIN periode 2015 – 2020
  2. Ketua Satgas Omnibus Law (2019)
  3. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin (2018–2019)
  4. Chief de Mission (CDM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2020 Tokyo
  5. Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (2021–2023)
  6. Wakil Menteri BUMN (2023)
  7. Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming (2023–2024)
  8. Menerima penghargaan Commander in the Order of Leopold of Belgium dari pemerintah Belgia (2017)

Kini, Rosan Perkasa Roeslani sedang ditugaskan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka untuk mendirikan organisasi bernama Gerakan Solidaritas Nasional (GSN).

BACA JUGA: Profil Supratman Andi Agtas, Menkumham Baru Pilihan Jokowi

Pendidikan, Karier, dan Politik

Rosan Perkasa Roeslani merupakan lulusan Oklahoma State University, Amerika Serikat pada 1992. Lulus dari Amerika Serikat, ia memutuskan untuk merantau ke Belgia dan meraih gelar master di bidang adminsitrasi bisnis dari Antwerpen European University di Belgia pada 1995.

Selesai menempuh pendidikan master, Rosan Perkasa Roeslani pulang ke Indonesia untuk mendirikan perusahaan konsultasi keuangan bernama PT Republik Indonesia Funding dengan merek dagang Finance Indonesia bersama sahabatnya Sandiaga Uno dan Elvyn Ramli pada 1997 untuk mengambil peluang dalam krisis moneter Asia Tenggara 1997 – 1998.

Finance Indonesia berkantor seluas 70 meter persegi di Gedung Tifa, Setiabudi, Jakarta. Gedung ini dimiliki oleh pengusaha Hashim Djojohadikusumo, setelah Mayora Group, Catur Sentosa Adiprana, dan Dwi Satrya Utama melepas seluruh sahamnya di Tifa Mayora Sentosa (TMS Bank) kepada Hashim Djojohadikusumo.

Pada tahun yang sama (2019), Rosan Perkasa Roeslani juga diamanatkan menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi – Maruf di Pilpres 2019.

Pada tahun 2020, Rosan Perkasa Roeslani yang masih menjabat sebagai Ketua Umum KADIN, juga ditunjuk sebagai Chief de Mission untuk Kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Pengalamannya mengelola DC United dan Inter Milan, serta jabatannya sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) sejak 2015 (sampai sekarang), menjadi alasan penunjukkan tersebut.

Pengalaman di Pemerintahan

Periode 2015 – 2020 menjadi tahun-tahun dimana Rosan Perkasa Roeslani mulai bertransformasi dari pebisnis hingga mulai merambah sejumlah jabatan organisasi bisnis, organisasi yang berhubungan dengan pemerintahan dan perpolitikan, meski hingga saat ini ia bukanlah figur yang dapat diklasifikasikan sebagai figur politik.

Sebab, Rosan Perkasa Roeslani hingga saat ini belum meminati terjun langsung ke dalam partai politik. Namun ia cukup mendapat kepercayaan dari pemerintahan Jokowi periode 2014 – 2024.

Usai menjabat Ketua Umum KADIN, Rosan Perkasa Roeslani dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menjalankan tugas sebagai Duta Besar ke-21 Republik Indonesia untuk Amerika Serikat periode 2021 – 2023.

Menguatnya hubungan kerjasama Indonesia dan Amerika Serikat sejak Presiden Joe Biden dilantik pada Januari 2021, menjadi haluan utama yang diamanatkan kepada Duta Besar Rosan Perkasa Roeslani, yakni untuk memperkuat dan meningkatkan kerjasama Bilateral Ekonomi dan Bilateral Pertahanan Keamanan antara Indonesia dan Amerika Seriikat.

Semasa masih menjabat Duta Besar untuk Amerika Serikat, Presiden Jokowi juga sempat memberikan rangkap jabatan kepada Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN.

Namun kemudian, jabatan Duta Besar dan Wakil Menteri BUMN dilepas, bersamaan Presiden Jokowi dan Calon Presiden Prabowo Subianto memercayakan Rosan Perkasa Roeslani sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo – Gibran untuk Pilpres 2024.

Usai Pilpres 2024 yang berakhir dengan kemenangan gemilang Prabowo – Gibran sebagai Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih untuk pemerintahan Indonesia 2024 – 2029, Prabowo Subianto pun mendaulat Rosan Perkasa Roeslani menyiapkan organisasi baru bernama Gerakan Solidaritas Nasional (GSN).

GSN bertugas menjembatani berbagai kepentingan dari lintas sektoral, lintas organisasi politik, lintas budaya, lintas agama, lintas etnis, dan sebagainya. Dengan kata lain, Rosan Perkasa Roeslani dipercaya untuk menjalankan organisasi GSN yang mengedepankan pluralitas antar seluruh pemangku kepentingan nasional.

 

(Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!

5

Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke