Cara Atasi Sensor Fingerprint Tidak Berfungsi pada HP Android

Fingerprint tidak berfungsi
Fingerprint tidak berfungsi. (pinterest)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Beberapa handphone android saat ini telah dilengkapi fingerprint, sebagai fitur keamanan. Namun, tidak jarang juga fingerprint ini seringkali mengalami masalah, seperti tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab dari tidak berfungsinya fingerprint tersebut  cukup bervariasi, mulai dari chache yang menumpuk di perangkat Handphone sampai karena ada masalah pada sensor itu sendiri.

Cara Atasi Fingerprint Tidak Berfungsi

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah sensor fingerprint yang tidak bekerja di HP Android:

1. Restart HP

Langkah pertama yang paling umum dilakukan ketika menghadapi berbagai masalah pada smartphone adalah dengan me-restart perangkat. Mematikan dan menyalakan kembali HP sering kali dapat memperbaiki masalah sementara yang terjadi pada perangkat, termasuk masalah pada sensor fingerprint.

2. Reset Pengaturan

Jika restart tidak berhasil, Anda bisa mencoba untuk melakukan reset pengaturan. Caranya adalah dengan masuk ke menu “Pengaturan” atau “Settings”, kemudian pilih opsi “Manajemen Umum”, dan selanjutnya pilih “Reset semua pengaturan”. Langkah ini akan mengembalikan pengaturan perangkat ke kondisi default tanpa menghapus data pribadi Anda.

3. Mengatur Ulang Pemindaian Sidik Jari

Jika masalah masih berlanjut, cobalah untuk mengatur ulang pemindaian sidik jari Anda. Caranya, masuk ke “Pengaturan”, pilih “Keamanan dan Privasi”, lalu pilih “Kunci Layar”, dan klik pada opsi “Sidik Jari”. Hapus sidik jari yang sudah terdaftar dan lakukan pemindaian ulang untuk memastikan sensor dapat mengenali sidik jari Anda dengan benar.

4. Membersihkan Sensor Fingerprint

Kadang-kadang, sensor fingerprint tidak berfungsi dengan baik karena kotoran atau minyak yang menempel pada permukaannya. Sebelum melakukan pemindaian, pastikan Anda membersihkan sensor fingerprint menggunakan tisu atau kain bersih agar sensor dapat membaca sidik jari dengan optimal.

5. Menghapus Cache

Cache yang menumpuk di perangkat bisa menyebabkan beberapa fitur tidak berfungsi dengan baik, termasuk sensor fingerprint. Cobalah untuk menghapus cache dari semua aplikasi yang terinstal di HP Anda sebelum melakukan pemindaian ulang sidik jari.

6. Reset HP

Jika semua cara di atas belum berhasil, opsi terakhir adalah melakukan reset pabrik pada HP Anda. Langkah ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal, yang mungkin dapat memperbaiki masalah pada sensor fingerprint. Namun, perlu diingat bahwa reset pabrik akan menghapus semua data di perangkat Anda, jadi pastikan untuk mem-backup data penting sebelum melakukan langkah ini.

BACA JUGA: 3 Cara Kunci Galeri di iPhone, Biar Makin Aman!

Semoga sejumlah cara di atas, dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah sensor fingerprint yang tidak berfungsi. Namun, jika dengan cara-cara di atas, sensor fingerprint pada perangkat Anda belum berfungsi dengan baik, baiknya handphone Anda langsung di bawa ke service center, agar dapat digunakan kembali.

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Pakaian ketat saat masa kehamilan
4 Alasan Larangan Menggunakan Pakaian Ketat Saat Masa Kehamilan
Traveling sumber penghasilan
Traveling Hobi Mahal Bisa Jadi Sumber Penghasilan
LCD HP Vivo y12
Harga LCD HP Vivo Y12 Agustus 2024, Ini Kisarannya!
Edward Akbar Bersikeras Rujuk
Edward Akbar Bersikeras Rujuk dengan Kimberly Ryder, Sebut Ada Intervensi Pihak Lain
TC Tim U17 Persib
Kiprah Nazriel Alvaro, Pemain Akademi Persib yang Mengikuti TC Tim U17 Indonesia
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Biar Tak Monoton Cobain Ide Desain Lomba Sepeda Hias 17 Agustus

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

PT GMG Gunakan Sistem TransTRACK sebagai Monitoring Driver Dump Truck pada Aktivitas Pertambangan

5

Fungsi Penting Baterai CMOS di Komputer, IT Harus Tahu!
Headline
Arak-arakan medali emas Olimpiade Paris 2024
Besok, Presiden Jokowi dan Atlet Olimpiade Paris Arak-arakan Medali Emas
larangan hijab paskibraka
MUI Buka Suara Soal Larangan Paskibraka Pakai Jilbab!
Kylian Mbappe
Mbappe Siap Jadi Starter Laga UEFA Super Cup 2024 Melawan Atalanta
Dolar Rupiah
Dolar AS Turun Rp15.720, Ramalan Bos BI Terbukti!