Dianggap Gelap dan Mistis, Desainer Istana Garuda IKN, Nyoman Nuarta Beri Penjelasan

Desainer Istana Garuda IKN Nyoman Nuarta Beri Penjelasan
Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Pena jam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) (antara)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Baru-baru ini beredar tanggapan miring dari netizen yang menganggap bangunan garuda di IKN gelap dan juga benuansa mistis.

Menyikapi hal tersebt, Desainer atau perancang Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN) Nyoman Nuarta, memberikan penjelasan mengenai warna bangunan ikon tersebut, yang selama ini dianggap gelap dan beraura mistis.

Nyoman mengungkapkan bahwa warna kuningan di bagian muka Istana Garuda akan mengalami perubahan seiring waktu. Warna tersebut akan secara perlahan berubah menjadi hijau kebiruan karena proses alami yang disebut Patina.

“Warna kuningan di bagian depan akan berubah menjadi hijau, tergantung kondisi alam. Proses oksidasi secara perlahan akan mengubahnya menjadi biru toska,” kata Nyoman seperti Teropongmedia utip dari Antara, Minggu (11/8/2024).

Ia mengatakan bahwa hal itu serupa dengan proses perubahan warna yang terjadi pada Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali, yang juga merupakan karyanya.

Selain itu, struktur bilah pada Istana Garuda terbuat dari baja tahan cuaca yang awalnya berwarna kemerahan. Namun, seiring berjalannya waktu dan terpapar cuaca, warnanya akan berubah menjadi lebih gelap dalam kurun waktu satu hingga dua tahun.

“Struktur bilahnya pertama berwarna kemerahan, tapi setelah terkena hujan dan cuaca, warnanya akan semakin gelap,” katanya pula.
Baca juga: Desain Istana di IKN berbeda tanda berwibawa, bukan mistis

Dia mencontohkan, misalnya jembatan-jembatan di Amerika Serikat terutama yang di New York. Seringkali memiliki warna yang serupa dengan yang digunakan terhadap warna Istana Garuda IKN dan di Patung GWK Bali.

Rangka di belakang bilah tersebut dibuat dari material perforated, yaitu pelat baja berlubang yang juga tahan terhadap cuaca. Nyoman menegaskan bahwa material ini memiliki daya tahan hingga ratusan tahun.

Nyoman juga menjelaskan bahwa pilihan warna gelap pada Istana Garuda bukan tanpa alasan. Ia menghindari warna-warna mencolok seperti emas yang biasa digunakan pada bangunan mewah.

“Banyak orang terbiasa melihat warna-warna menyala seperti emas, tapi saya tidak ingin menggunakan warna seperti itu untuk Istana Garuda,” kata Nyoman.

Ia juga menambahkan bahwa rangka dalam Istana Garuda dibuat dengan sangat teliti dan cantik, menggunakan baja yang dibeli dari Krakatau Steel. Seluruh rangka dibuat khusus, bukan produk yang dibeli di pasaran.

“Rangka di dalam istana dibuat sendiri, tidak dibeli di toko. Kami menggunakan baja dari Krakatau Steel, dan semuanya dibuat secara khusus,” ujarnya pula.

Nyoman juga menekankan pentingnya penggunaan produk lokal dalam proyek ini, sesuai dengan peraturan tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Ia memastikan bahwa semua material yang digunakan memenuhi persyaratan TKDN, sebagai bentuk komitmen terhadap industri lokal.

“Kami mematuhi peraturan TKDN dengan menggunakan produk lokal dalam pembuatan Istana Garuda. Ini bukan proyek sembarangan, semuanya dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti,” kata Nyoman menegaskan.

Dengan segala perhatian terhadap detail dan pemilihan material yang tahan lama, Nyoman berharap Istana Garuda IKN tidak hanya menjadi bangunan yang indah secara estetika, tetapi juga memiliki daya tahan dan makna yang mendalam sebagai simbol nasional.

BACA JUGA: Jika Tidak Autonomous Pemerintah Akan Kembalikan Kereta Otonom IKN ke Cina

Selain itu, dia mengungkapkan dirinya memilih representasi Garuda sebagai bentuk bangunan agar tidak ada kecemburuan dari berbagai daerah di Indonesia. Pasalnya Indonesia memiliki kurang lebih 1.300 suku.

Sementara itu, terkait bentuk Garuda yang nampak memeluk, dia menjelaskan bahwa hal itu mengandung filosofi untuk melindungi bangsa Indonesia.

 

 

(Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
wasit indonesia olimpiade paris
Boy Pohan, Satu-satunya Wasit Asia Tenggara di Semifinal Olimpiade Paris 2024
Tepatilah-Janji
KPU Bersama Garin Nugroho Rilis Film Komedi "Tepatilah Janji"
erina gudono 7 bulanan
Erina Gudono dan Kaesang Gelar 7 Bulanan di Istana Kepresidenan Bogor
Vedriq Leonardo FPTI Olimpiade Paris bonus atlet olimpiade paris
Raih Medali Emas Olimpiade Paris, Bonus Veddriq dan Rizki Tembus Rp6 Miliar!
PDIP Usung Edy Rahmayadi Maju jadi Bakal Calon Gubernur Sumut
Lawan Mantu Jokowi, PDIP Usung Edy Rahmayadi Maju jadi Bakal Calon Gubernur Sumut
Berita Lainnya

1

Meme "Istana Garuda" di IKN Viral, "Oggy and The Cockroaches" Jadi Backsound!

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Biar Tak Monoton Cobain Ide Desain Lomba Sepeda Hias 17 Agustus

4

Link Streaming Manchester United vs Man City Community Shield 2024, Selain Yalla Shoot

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Airlangga Hartarto mundur dari ketua umum golkar
Airlangga Hartarto Mundur dari Ketua Umum Golkar!
Lowongan Kerja Bank Indonesia Terbaru 2024, Ini Syaratnya
Kemlu RI Kecam Serangan Brutal Israel
Kemlu RI Kecam Serangan Brutal Israel pada Sekolah di Gaza
Hari Ini BMKG Prakirakan Mayoritas Kota Besar Indonesia
Hari Ini BMKG Prakirakan Mayoritas Kota Besar Indonesia Berawan–Hujan