Mengenal Alat-alat untuk Panjat Tebing

Alat-alat panjat tebing
Alat-alat panjat tebing. (istockphoto)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Sebelum memulai panjat tebing, Anda harus menyiapkan alat-alat ini terlebih dahulu, untuk meminimalisir terjadinya bahaya yang tidak Anda inginkan.

Sebelumnya, panjat tebing merupakan olahraga ekstrim dengan nama lain rock climbing. Untuk melakukan rock climbing ini di alam bebas dengan berbagai alat serta teknik-teknik tertentu.

Alat-alat Panjat Tebing

Berikut adalah daftar sejumlah alat yang harus Anda siapkan sebelum memulai panjat tebing.

1. Harness

Harness adalah alat pengaman yang akan Anda kenakan di pinggang dan paha. Alat ini berfungsi sebagai tempat mengaitkan tali saat memanjat. Pastikan menggunakan harness yang sesuai ukuran tubuh dan nyaman.

2. Tali Panjat (Climbing Rope)

Tali panjat ini harus memenuhi standar keamanan. Biasanya, menggunakan tali yang terbuat dari bahan nylon yang kuat dan elastis. Panjang tali harus menyesuaikan ketinggian tebing yang akan Anda panjat.

3. Sepatu Panjat (Climbing Shoes)

Sepatu panjat memiliki rancangan khusus yaitu untuk memberikan grip yang baik di permukaan tebing. Biasanya, sepatu ini lebih ketat dan memiliki sol karet yang kuat untuk membantu pemanjat mendapatkan pijakan yang baik.

4. Carabiner

Carabiner adalah pengait yang terbuat dari logam ringan namun kuat. Alat ini digunakan untuk menghubungkan tali dengan peralatan lain seperti harness dan quickdraws. Ada beberapa jenis carabiner, seperti carabiner screwgate yang memiliki pengunci untuk mencegah terbukanya pengait secara tidak sengaja.

5. Quickdraws

Quickdraws adalah dua carabiner yang dihubungkan oleh seutas sling pendek. Alat ini untuk mengaitkan tali ke pengaman yang telah terpasang di jalur panjat. Quickdraws membantu menjaga tali tetap lurus dan mengurangi gesekan saat pemanjat bergerak.

6. Helmet

Helmet, alat ini wajib untuk melindungi kepala dari kemungkinan jatuhnya batu atau benda lain dari atas. Pastikan menggunakan helmet yang nyaman dan memiliki standar keselamatan yang baik.

7. Chalk Bag dan Chalk

Chalk, untuk menjaga tangan tetap kering dan meningkatkan grip pada permukaan tebing. Sedangkan, Chalk bag adalah kantong kecil untuk menyimpan chalk dan biasanya diikatkan di pinggang pemanjat.

8. Belay Device

Belay device adalah alat untuk mengendalikan dan mengamankan tali saat pemanjat bergerak naik atau turun. Ada beberapa jenis belay device, seperti ATC dan gri-gri, yang masing-masing memiliki cara kerja yang berbeda.

9. Anchor

Anchor adalah titik pengaman yang dipasang di tebing untuk mengamankan tali. Alat ini bisa berupa bolt yang dipasang permanen di tebing atau berupa alat lain seperti cams dan nuts yang dapat dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan.

10. Cams dan Nuts

Cams dan nuts adalah alat pengaman yang dimasukkan ke celah-celah di tebing untuk membuat anchor sementara. Alat ini sangat berguna pada jalur-jalur panjat tradisional yang tidak memiliki pengaman permanen.

BACA JUGA: Memahami 5 Teknik dan Aturan Panjat Tebing

Sebelum melakukan panjat tebing, Anda harus memastikan alat-alat yang akan Anda pakai aman dan kuat. Siapkan mental dan fisik Anda untuk melakukan aktivitas yang menantang ini!

 

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Yuni Shara Awet Muda
Rahasia Awet Muda Yuni Shara Terbongkar!
rumah dinas bapak
Sinopsis Rumah Dinas Bapak, Diangkat dari Kisah Nyata!
Nyi Roro Kidul Kerajaan
Hubungan Antara Nyi Roro Kidul dengan Kerajaan Mataram
Nyi Roro Kidul Penguasa Laut
Legenda Nyi Roro Kidul Penguasa Laut Selatan yang Misterius
Jurusan Kedokteran SNBP
Kuliah Kedokteran Lewat SNBP Tahun 2025, Siapkan 3 Matkul Ini!
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Pembangunan Telan Biaya Rp 3,9 T Wisma Atlet Kemayoran akan Diubah Jadi Rusun ASN

3

1.883 Bal Pakaian Bekas Impor Berhasil Disita Bareskrim Polri

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Sejarah Manhwa: Dari Politik Manga ke Romansa
Headline
Ronaldo Kwateh Main di Thailand
Gabung Muangthong United, Ronaldo Kwateh Main di Thailand
Target Liga 1 Indonesia Naik Kelas di Asia
Target Liga 1 Indonesia, Naik Kelas di Asia
Hilirisasi Nikel
Warisan Hilirisasi Nikel di Akhir Kepemimpinan Jokowi
Wisma Atlet Kemayoran akan Diubah Jadi Rusun ASN
Pembangunan Telan Biaya Rp 3,9 T Wisma Atlet Kemayoran akan Diubah Jadi Rusun ASN