Peran Penting Musik di Balik Semangat Membara Tim Persib Bandung

bobotoh persib bandung
Ratusan Bobotoh dari berbagai Komunitas Memberi Dukungan Kepada Persib. (RF/Teroongmedia.id)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Lantunan nada provokatif yang dilengkapi suara lantang dan bertemu indahnya tarian pesepakbola di atas lapangan merupakan dua eleman saling berkaitan. Sepakbola dan musik merupakan sarana hiburan untuk masyarakat di banyak daerah demi melepas penat di benak mereka.

Musik sendiri memiliki banyak arti saat berada di tempat yang semestinya. Seperti halnya musik di sepakbola, dimana ini memiliki segudang arti dalam menyuarakan perlawanan demi menjadi pelecut akan semangat yang tak pernah padam, baik untuk suporter maupun para aktor lapangan hijau.

Sepakbola sejatinya diprakarsai oleh golongan kelas pekerja hingga pelajar. Setelah diprakarsai oleh kelas pekerja, sepakbola seakan menjadi media bagi mereka dalam menyampaikan aspirasi, seperti dukungan hingga bentuk solidaritas sosial.

Di Indonesia, khususnya di Bandung, kini identik dengan suara perlawanan dan semangat juang dari band street punk, Drunken Troopers 09 alias DT09. Mereka bersemayam di tribun utara homebase Persib Bandung dan kini suara tersebut mengiringi tim Maung Bandung hingga meraih gelar juara Liga 1 2023/2024.

Lagu berjudul ‘Kebanggaan Bandung’ menjadi satu dari sederet bentuk aspirasi akan kecintaan Bobotoh terhadap tim Persib Bandung. Dengan lagu tersebut, mengantarkan mereka pada perubahan yang mereka yakini. Salah satunya mengubah semangat Persib di setiap pertandingan.

Lagu dengan potongan lirik ‘Terima Kasih Tuhan, Bandung Tempat Kelahiranku’ menjadi awal dimulainya pertarungan demi menjaga harga diri dan gengsi dari sebuah daerah. Hingga akhirnya lagu itu secara rutin diputar di laga kandang Persib dan dinyanyikan langsung sebagai chants Bobotoh.

Kebanggaan Bandung’ Jadi Tanda Perlawanan

Rupanya lagu tersebut langsung menyentuh semangat para pemain untuk terus berkobar. Seperti yang disampaikan bek Persib Bandung, Henhen Herdiana mengatakan lagu ‘Kabanggaan Bandung’ menjadi lagu yang mampu memantik semangat timnya di setiap pertandingan.

“Sangat mempengaruhi atmosfer dan tenaga. Ada satu lagu yang Henhen ingat yaitu lagu berjudul ‘Kebanggaan Bandung’. DT09 ini berkarya lewat musik, Kebanggaan Bandung itu kena sampai hati,” ungkap Henhen.

Ya, musik dan sepakbola akan selalu berjalan berdampingan dan secara tidak langsung berevolusi menjadi penyatu dari segala perbedaan. Perbedaan pemahaman bukanlah penghalang untuk menikmati keduanya dan para suporter sangat yakin bahwa dua elemen ini memiliki makna universal.

Tak hanya semangat bagi suporter dan pemain, musik yang disuarakan DT09 juga mampu menggabungkan semua semangat dari banyak pihak. Sehingga kehadiran lagu tersebut langsung menambah energi bagi para pemain untuk memberikan penampilan terbaik.

“DT09 dan Persib menyatukan semua, karena kecintaan mereka terhadap Persib menciptakan atmosfer besar, menimbulkan energi bagi para pemain. Lagu mereka lah yang benar-benar menambah energi,” tambah Henhen.

Sepakbola san Musik Menyatukan Banyak Latar Belakang

Tio yang merupakan drumer DT09 menjelaskan bahwa band tersebut memang lahir dari akar rumput yang sama-sama sudah mencintai Persib sejak kecil. Kecintaan mereka dituangkan dalam sebuah karya untuk bisa dinikmati banyak pihak, termasuk skuat Persib.

“Persib yang kuatkan kami. Buat lirik dan lagu ada saya, Marday, Syami, buatnya diawali dengerin apa dulu, buat bahan inspirasi, dan bareng-bareng. Kalau ditanya kenapa bola, ya kami terlahir atas kecintaan terhadap Persib. Akhirnya back to roots, hidup di Bandung, cinta ke Persib, ya kami hanya bisa berikan lewat karya,” kata Tio mengakhiri.

(RF/Dist)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
depo BRT
Pemkot Bandung Akui Butuh Lokasi Strategis untuk Depo BRT
rekening uang
Marak Jual Beli Rekening untuk Judi Online, Polisi Imbau Masyarakat Tak Tergiur
Muhammad Mokaev Dipecat dari UFC, Dana White Saran-Cover (1)
Muhammad Mokaev Dipecat UFC, Dana White Anjurkan Pindah ke PFL
logo-j-trust-bank-43
Kuartal II tahun 2024, J Trust Bank Catatkan Laba Bersih Rp86,49 Miliar
Link Streaming Persija Jakarta vs Borneo FC
Link Streaming Persija Jakarta vs Borneo FC Samarinda Semifinal Piala Presiden 2024
Berita Lainnya

1

Link Streaming Indonesia vs Thailand Final Piala AFF U19 2024

2

Streaming Indonesia U19 vs Malaysia U19 Semifinal Piala AFF U19 2024 Selain Yalla Shoot

3

Bekantor di IKN, Jokowi Gelar Sejumlah Rapat dengan Forkopimda

4

TUK LSP, ATAKI Malut dan LSP K3 Gelar Asesmen Tenaga Kerja K3 Konstruksi

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
banjir Halmahera
Ribuan Warga Mengungsi Akibat Banjir di Halmahera Tengah, Proses Evakuasi Terus Dilakukan
Muhammad Mokaev
Muhammad Mokaev Dipecat dari UFC, Dana White Sarankan Pindah ke PFL
Final Piala AFF U19 2024 Indonesia U19 v Thailand U19
Gol Tunggal Jens Raven Bawa Indonesia Juara Piala AFF U19 2024
Kerangka Mayat Ibu dan Anak Bikin Geger Warga Bandung Barat
Update, Kerangka Mayat Ibu dan Anak Bikin Geger Warga Bandung Barat