Penampakan Seragam RI Karya Didit Hediprasetyo untuk Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Olimpiade Paris 2024-1
(Dok. Davy Linggar)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Tim olahraga Indonesia sudah mempersiapkan seragam khusus untuk defile seremoni pembukaan Olimpiade Paris 2024. Desainer Didit Hediprasetyo putra dari presiden terpilih Prabowo Subianto sekali lagi campur tangan.

Setelah jersey Merah Putih rancangan Didit diperkenalkan terlebih dulu kepada publik awal Juli lalu, kini giliran seragam tim Indonesia yang akan dipakai saat upacara pembukaan Olimpiade 2024, Jumat (26/7/2024).

Sehari menjelang acara yang diprediksi akan disaksikan oleh miliaran pasang mata di seluruh dunia itu, penampakannya muncul di unggahan terbaru @timindonesiaofficial, akun Instagram resmi tim Indonesia untuk ajang olahraga internasional.

Detail Seragam Parade

Foto hasil jepretan fotografer Davy Linggar yang diunggah menampilkan atlet dan figur publik berpose dalam balutan seragam tersebut. Model dalam pemotretan ini antara lain dua atlet renang RI yang akan bertanding di Olimpiade, Joe Aditya dan Zahra Permatahani, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Anindya Bakrie, serta dua seniman peran, yakni aktor Nicholas Saputra dan Marissa Anita.

Mereka memeragakan andalan kreasi Didit yang kali ini mengangkat siluet pakaian Nusantara yang dikemas dalam garis desain khasnya yang minimalis elegan.

Seragam buatan desainer haute couture yang berbasis di Paris ini terdiri dari baju bergaya beskap untuk pria dan atasan model kebaya kebaya kutu untuk wanita. Keduanya sama-sama menggunakan celana panjang putih.

Material yang menyerupai denim untuk beskap memberikan kesan modern, ditambah lagi dengan kehadiran garis merah-putih sebagai aksentuasi asimetris di lengan kanan. Tidak ketinggalan aksesori tambahan berupa blangkon kulit hitam dan selop senada yang menciptakan kesan edgy pada penampilan para pria.

Wanita memiliki dua versi atasan, salah satunya berbahan beludru (velvet) yang memancarkan aura yang elegan dan mewah. Berbeda dari pria, celana dibuat dalam potongan wide-leg pants yang chic. Para wanita yang ambil bagian di defile ini juga akan berjalan dengan kaki yang tampak lebih jenjang berkait bagian pinggang celana yang high-waist. Selop juga menjadi alas kaki mereka.

Inspirasi Desain Seragam Parade

Dalam keterangan di Instagram, disebutkan Didit terinspirasi Raden Saleh, pelukis asal Jawa dari abad ke-19 yang namanya tersohor hingga ke benua biru.

Bakat Raden Saleh sebagai pelukis beraliran Romantisme yang membawanya sampai ke istana-istana Eropa mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional. Karya-karyanya kini menghiasi dinding Rijksmuseum di Amsterdam, Belanda, dan Louvre Paris.

“Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia,” tutur Didit Hediprasetyo.

BACA JUGA: Olimpiade Paris 2024, Panahan Putri Indonesia Lolos 16 Besar

Di arak-arakan pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang bakal diramaikan dengan penampilan Celine Dion, karya Didit ini nantinya akan bersandingan dengan seragam para atlet dunia yang juga dirancang oleh para desainer terbaik dari negaranya masing-masing.

Tim olahraga Amerika Serikat muncul dengan kreasi Ralph Lauren, tim Italia bersolek dalam balutan busana Emporio Armani, dan tim Prancis sebagai tuan rumah dengan desain Berluti.

 

(Kaje/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Olimpiade Paris 2024-4
Prabowo Hadiri Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024
Pengaliran Gas Bumi Pertama di Kawasan Industri Terpadu Batang
Menteri ESDM Resmikan Pengaliran Gas Bumi Pertama di Kawasan Industri Terpadu Batang
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
Pengungkapan Kasus Curanmor di Polres Metro Jakarta Utara
Menjajal Kekuatan NMAX TURBO
Menjajal Kekuatan NMAX TURBO saat Touring Jarak jauh NTBT di Jalanan Jawa Barat
Perumda Tirtawening Tandatangani Nota Kesepahaman dengan DPC IKADIN
Perumda Tirtawening Tandatangani Nota Kesepahaman dengan DPC IKADIN Bandung
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Buah Batu Corps Dukung Kang Arfi Rafnialdi Maju Pilwalkot Bandung 2024

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Prospek Bisnis PWB Sebagai Perusahaan Jasa Pengangkut Pertambangan di Indonesia Tahun 2024

5

PT. Tekindo Energi dan Holding Grup PT. GMG Kembali Menyalurkan Bantuan di Lukulamo
Headline
Potensi Kebakaran di Musim Kemarau Meningkat
Potensi Kebakaran di Musim Kemarau Meningkat
Si Jago Merah Kembali Melahap Dua Bangunan
Si Jago Merah Kembali Melahap Dua Bangunan di Kota Bandung
kebakaran pasar caringin
BREAKING NEWS! Pasar Caringin Kota Bandung Kebakaran
Mailson Lima Sudah Tiba di Indonesia
Mailson Lima Sudah Tiba di Indonesia, Persib Bandung Dikabarkan Jadi Tujuan