Hapuskan Kemiskinan Ekstrem, Bupati Indramayu Kukuhkan Pekerja Sosial Masyarakat

Bupati Indramayu Nina Agustina
Bupati Indramayu Nina Agustina (Dok. Diskominfo Kab Indramayu)

Bagikan

INDRAMAYU, TEROPONGMEDIA.ID — Bertujuan menghapuskan kemiskinan ekstrem, Bupati Indramayu Nina Agustina mengukuhkan kepengurusan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Periode 2024-2029.

Selain pengukuhan, kegiatan tersebut sekaligus diisi dengan Peningkatan Kemampuan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kabupaten Indramayu, yang berlangsung di Aula Nyi Endang Dharma Ayu Convention Hall, Universitas Wiralodra, Rabu (24/7/2024).

Sebagaimana diketahui, permasalahan kesejahteraan sosial cukup kompleks dan luas, sehingga diperlukan sinergi yang baik antara Pemerintah Kabupaten dengan masyarakat.

Bertema “Melayani dengan Hati, Menuju Indramayu Bermartabat”, PSM menjadi salah satu dari relawan sosial mitra pemerintah yang berkedudukan di Desa dan Kelurahan.

Bupati Indramayu Nina Agustina dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pengukuhan anggota IPSM serta mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya karena telah membantu Pemkab dalam melayani masyarakat dan menjalankan tugas dengan sukarela.

Menurutnya, PSM harus hati-hati dalam pencatatan, harus tepat sasaran dalam memberikan bantuan sosial, tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Wujudkan Desa Siap Siaga, Bupati Indramayu Dianugerahi BNPT Award

Kemudian, Bupati Nina berharap segenap PSM semakin mudah koordinasi, tukar pikiran dan menyemangati satu sama lain, serta kinerjanya lebih optimal dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

PSM juga diharapkan mampu proaktif dan mampu menyatukan pilar sosial lainnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat miskin dan rentan miskin.

Bupati Indramayu juga akan memberikan bantuan hibah untuk mendukung organisasi PSM. Dikarenakan PSM telah turun langsung dan melihat bagaimana kondisi masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial. Termasuk pencatatan, konsolidasi internal, pemetaan, dan dukungan operasional.

“Mari kerja baik kerja nyata, kita satu gerbong untuk membangun Indramayu menjadi lebih baik lagi. Harus kompak, solid, kita hapuskan kemiskinan ekstrem di Indramayu,” tambah Bupati Nina.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu, Sri Wulaningsih, dalam laporannya menyampaikan pengukuhan IPSM tersebut hasil dari musyawarah pada 25 Juli 2024.

Dengan jumlah 317 orang PSM se-Kabupaten Indramayu, dananya bersumber dari APBD Indramayu.

Kemudian, kata Sri, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan PSM, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya, dan selalu bisa berkoordinasi dengan unsur terkait lainnya dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Adanya IPSM ini diharapkan jadi wadah dan media koordinasi PSM dalam menjalankan tugasnya di wilayah Desa/Kelurahan masing-masing. Mari bersama dukung Indramayu Bermartabat,” ujarnya.

(Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Warga Kalbar Kirim 4 Truk Sampah ke Kantor DPRD da-Cover
Warga Kalbar Kirim 4 Truk Sampah ke Kantor DPRD dan Bupati Sintang, Mirip Aksi di Prancis
Kabupaten Indramayu menerima BNPT Award atas program Desa Siaga
Wujudkan Desa Siap Siaga, Bupati Indramayu Dianugerahi BNPT Award
Makanan Penghancur Batu Ginjal
7 Makanan Penghancur Batu Ginjal
Permintaan Putranya Anji
Anji Siap Penuhi Permintaan Putranya dengan Vasektomi?
Minuman Penyebab Batu Ginjal
Awas, 4 Minuman Ini Penyebab Batu Ginjal!
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Bangun SSB Terbesar di Indonesia Cristian Gonzales Jual Rumah

3

Kukuhkan Pengurus PPM Kota Bandung 2023-2028, Robby Gumelar: Bersatu untuk Bangun Bandung Lebih Baik

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

DLH Malut Gelar Kegiatan Seminar Pengelolaan Lingkungan dan Ekonomi Lingkar Tambang
Headline
Penggeledahan
Penggeledahan Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara, soal Kasus Gubernur Malut
Kasasi ditolak, Mahkamah Agung RI menyatakan menolak kasasi KPK terkait mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun
MA Perintahkan KPK Kembalikan Harta Istri Rafael Alun
Persib Bandung Dalam Kondisi Pincang Saat Hadapi Persis Solo
Persib Bandung Dalam Kondisi Pincang Saat Hadapi Persis Solo, Bojan Hodak Lirik Opsi Rotasi Pemain
Spanyol Susah Kalahkan Uzbekistan Laga Sepak Bola Olimpiade
Spanyol Susah Payah Kalahkan Uzbekistan di Laga Sepak Bola Olimpiade