Spesifikasi Helikopter Bell 505 yang Jatuh di Bali

Spesifikasi Helikopter Bell 505 yang Jatuh di Bali
Helikopter PK-WSP tipe Bell 505 milik PT Whitesky Aviation jatuh akibat terlilit tali layangan di Bali, Jumat (19/7/2024). (Akun X/Rekaman amatir warga)

Bagikan

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Ironis penyebab kecelakaan heli mewah di Bali diduga karena baling-baling helikopter tersangkut tali layangan.  Diketahui sebuah helikopter bernasib naas setelah mengalami kecelakaan di Suluban, Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali, Jumat, (19/7/2024).

Spesifikasi dan sejarah helikopter Bell 505 yang mengalami kecelakaan di Bali itu? Dikutip dari Bellfight.com, helikopter bernomor lambung PK-WSP ini milik operator PT Whitesky Aviation.

Helikopter Bell 505 dikembangkan oleh perusahaan asal Kanada, Bell Textron. Peresmian proyek ini dilakukan di Paris Air Show 2013.

Prototipe Bell 505 itu kemudian diperkenalkan dan terbang pertama kali pada 10 November 2014. Setahun kemudian, Bell 505 mendapatkan sertifikasi secara resmi dari Transport Canada pada Desember 2016.

Pada Juni 2017, Bell 505 mendapatkan sertifikat dari FAA, administrasi penerbangan Amerika Serikat. Bell 505 saat itu mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari operator sipil, bahkan hingga militer.

Helikopter Bell 505 ini menggunakan mesin turboshaft Safran Arrius 2R. Mesin ini memiliki tenaga 505 shp (377 kW) yang dapat dioperasikan secara digital, mengandalkan dual channel FAEDC.

Bell 5050 mampu mencapai kecepatan maksimum 232 km/jam. Helikopter ini juga mampu terbang dengan ketinggian maksimum 5.670 meter (m) dan memiliki daya jelajah sejauh 617 kilometer.

Bell 505 panjangnya 12,93 m dengan tinggi 3,25 m, dan diameter rotor utama 11,28 m. Helikopter ini mampu mengangkut empat penumpang dan satu orang pilot dengan beban hingga 680 kilogram (kg).

Heli dengan berat lepas landas maksimum (MTOW) 1.669 kg ini juga dikenal helikopter serbaguna. Bell 505 juga memiliki julukan Jet Ranger X.

Helikopter ringan ini dibuat untuk berbagai keperluan pengangkutan cargo yang digantung di bagian bawah helikopter. Dan keperluan pariwisata, disewakan secara khusus (charter), hingga keperluan militer.

BACA JUGA: Penyebab Pesawat Jatuh di BSD Serpong, Basarnas: Cuaca Lagi Hujan Lebat

Khusus untuk keperluan pariwisata seperti yang dilakukan oleh PT Whitesky Aviation, Bell 505 memiliki fitur panoramic visibility. Penumpang bisa leluasa melihat pemandangan di sekitar.

Fitur ini akan memberikan pengalaman baru bagi seluruh penumpang. Tentunya, hal ini membuat Bell 505 menjadi transportasi mewah untuk pariwisata.

Helikopter Bell 505 terkenal canggih karena menggunakan sistem avionik terbaru. Selain digunakan oleh PT Whitesky Aviation, helikopter ini juga digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

 

(Usk)

 

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Muhammad Dimas Drajad akhirnya buka suara terkait keputusan meninggalkan Persikabo 1973
Ini Alasan Dimas Drajad Tolak Banyak Tawaran Demi Bergabung Persib
Polisi Selidiki Helikopter Jatuh di Badung Bali
Helikopter Jatuh di Badung Bali, Polisi Terjun Langsung Lakukan Penyelidikan di TK
Harga dan Detail Jersey Persib Bandung
Harga dan Detail Jersey Persib Bandung di Piala Presiden 2024
Pocari Sweat Run 2024
Pocari Sweat Run 2024, Adalah Event Paling Ditunggu
Semua Penumpang Helikopter Jatuh di Badung Selamat
Basarnas: Semua Penumpang Helikopter Jatuh di Badung Selamat
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

favehotel Hyper Square Rayakan Ulang Tahun ke-10 Dengan 2 Kegiatan

3

Spesifikasi Helikopter Bell 505 yang Jatuh di Bali

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Prediksi Skor Borneo Fc vs Persis Solo Piala Presiden 2024
Headline
Nyanyian Kontroversi Gibraltar
UEFA Selidiki Nyanyian Kontroversi Gibraltar Pemain Spanyol di Perayaan Uero 2024
Jakarta BIN Berambisi Juara Perdana di Proliga 2024
Seru Laga Puncak! Jakarta BIN Berambisi Juara Perdana di Proliga 2024
Jokowi Sebut Piala Presiden Beri Manfaat
Jokowi Sebut Piala Presiden Beri Manfaat Untuk Peningkatan Mutu Sepakbola Indonesia
Grup A Piala Presiden 2024.
Persib Bungkam PSM 2-0 Grup A Piala Presiden 2024