Ketum PBNU Bongkar 5 Nahdliyin yang Diduga Terafiliasi LSM Antek Israel

Zainul Maarif alias Zen Maarif Nahdliyin yang temui Presiden Israel
Zainul Maarif alias Zen Maarif, nahdliyin yang temui Presiden Israel (Tangkap layar Instagram @undercover.id)

Bagikan

JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya membongkar keterlibatan lima nahdliyin kader NU yang terafiliasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) antek Israel.

Sejak pekan lalu, Indonesia dihebohkan dengan kunjungan lima orang lima nahdliyin yang menemui langsung Presiden Israel Isaac Herzog. Bahkan mereka berfoto bersama di istana Sang Presiden Herzog, yang kemudian foto ini viral di berbagai platform media.

Gus Yahya pun telah meminta kelima orang Nahdliyin itu untuk menghadap guna dimintai penjelasan. Ia juga menegaskan bahwa kelima orang ini merapat ke Presiden Israel bukan atas utusan PBNU, seraya meminta maaf kepada publik Indonesia.

Gus Yahya menegaskan, kadrnya yang menemui Herzog atas nama sebuah NGO (Non Govermental Organization) atau LSM yang bergerak di bidang hukum.

NGO ini menurutnya terafiliasi dengan Israel untuk melancarkan kepentingan politik Israel. LSM ini juga tersebar di berbagai negara.

“Setelah saya tanya, memang dari satu chanel NGO yang merupakan advokat dari Israel,” kata Gus Yahya dalam konferensi pers di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024).

Gus Yahya menjelaskan, LSM ini bertugas menjaga citra serta melobi kepentingan Israel. Menurutnya, hal serupa banyak juga terjadi di negara-negara lain termasuk di Irak.

Kelima kader NU tersebut, lanjut dia, telah dikonsolidasikan, didekati satu per satu untuk kemudian diajak berangkat ke Israel.

Di Israel, kegiatan yang dilakukan di antaranya pertemuan, dialog dengan berbagai pihak. Namun pertemuan dengan Presiden Isaac Herzog tak direncanakan sebelumnya.

“Itu mendadak diadakan di sana,” kata Gus Yahya.

Gus Yahya menilai orang-orang Nahdliyin itu teledor. Menemui Presiden Israel Isaac Herzog di tengah kekejaman dan kebrutalan Israel yang menewaskan puluhan ribu rakyat Palestina sejak 7 Oktober 2023.

BACA JUGA: 5 Kadernya Temui Presiden Israel, PBNU Dirujak Netizen: ‘Netanyahu United’ Trending di X

Zen Maarif

Sementara itu, Zainul Maarif alias Zen Maarif, satu dari lima kader NU itu berkilah bahwa dirinya berangkat ke Israel untuk berdiskusi dan menyampaikan gagasan.

“Saya bukan seorang demonstran, melainkan seorang filsuf-agamawan. Alih-alih demonstrasi di jalanan dan melakukan pemboikotan, saya lebih suka berdiskusi dan mengungkapkan gagasan,” demikian kilah Zen Maarif dalam postingan akun Instagramnya, @zenmaarif, yang dicapture akun Instagram @undercover.id, Selasa (16/7/2024).

Dalam postingannya, Zen Maarif menampilkan foto bareng 5 kader NU bersama Presiden Israel Isaac Herzog. Bahkan postingan fotonya dijuduli “BERBINCANG LANGSUNG DENGAN PRESIDEN ISRAEL”, dengan penjelasan dalam narasi tulisan.

Buntut dari kejadian tersebut, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menegaskan bahwa pihaknya akan memanggil pimpinan badan otonom (banom), serta lembaga tempat kelima orang tersebut mengabdi.

Gus Ipul pun mengancam mereka akan mencoret statusnya sebagai pengurus lembaga atau banom, apabila terbukti ditemukan unsur pelanggaran organisasi.

“Ketua Umum juga akan memanggil pimpinan banom dan lembaga yang menjadi pengabdian yang bersangkutan,” ujarnya.

Gus Ipul menyayangkan kunjungan lima orang tersebut yang mengatasnamakan pemuda NU ke Israel dan bertemu Isaac Herzog, yang sejatinyadi luar izin PBNU.

 

(Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Kerja di Kanada
Ingin Kerja di Kanada Seperti Tengku Firmansyah? Ini Syarat, Lowongan, dan Gajinya
Pidato Bullying
3 Pidato Menentang Bullying untuk Lomba di Sekolah
Fenomena Aphelion
Fenomena Aphelion Jadi Perbincangan di X, Apa Itu?
vinfast pabrik mobil listrik subang
Vinfast Bangun Pabrik Mobil Listrik di Subang, Buka Peluang Lapangan Kerja
menjalankan puasa Asyura tanpa puasa Tasua
Bagaimana Hukum Menjalankan Puasa Asyura Tanpa Puasa Tasua?
Berita Lainnya

1

Kominfo Ajak Anak Muda Garut Tingkatkan Rasa Toleransi dan Produktivitas

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Kalahkan Djokovic di Laga Final, Carlos Alcaraz Juara Wimbledon 2024

4

Penjelasan Yusril tentang Perubahan Nama dan Kedudukan dari Wantimpres Menjadi DPA

5

5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel, PBNU: Tak Paham Geopolitik!
Headline
wna prostitusi online
Imigrasi Ungkap Kasus Prostitusi WNA Online, 1 Mucikari 5 Wanita
Link-Live-Streaming-Perkenalan-Mbappe-di-Santiago-Bernabeu
Link Live Streaming Perkenalan Mbappe di Real Madrid
Ilustrasi. (Freepik)
Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Wargi Bandung!
Arsan Latif penjara
Kejati Jabar Penjarakan Eks PJ Bupati Bandung Barat Arsan Latif