Perbedaan Galaxy Z Flip 6 dan Flip 5, Cek Dulu!

Galaxy Z Flip 6
(Blibli)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Samsung Galaxy Z Flip 6 telah resmi meluncur dengan membawa banyak upgrade dari segi spesifikasi hingga desain.

Apa saja pembaruan yang diusung Galaxy Z Flip 6 jika dibandingkan dengan Galaxy Z Flip 5? Artikel ini akan mengulas perbandingan mendalam antara kedua ponsel ini, mencakup desain, RAM, baterai, kamera, vapor chamber, dan harga.

Desain Flat

Samsung Galaxy Z Flip 5 memang tidak hadir dengan desain yang sepenuhnya curved, tapi keempat sisinya terbuat sedikit melengkung. Berbeda dengan Galaxy Z Flip 6 yang sisi-sisinya dibuat flat alias datar yang membuat desainnya terlihat lebih kotak dan mengingatkan kepada Galaxy S24 series.

Galaxy Z Flip 6 juga hadir dengan struktur dual rail hinge dan folding edge yang diperkuat sehingga bisa mendistribusikan dampak benturan eksternal secara lebih baik. Lipatan di layar utamanya juga sedikit berkurang daripada Galaxy Z Flip 5.

RAM Lebih Besar

Galaxy Z Flip 5 lengkap dengan RAM 8GB, spesifikasi yang tidak pernah berubah sejak Galaxy Z Flip generasi pertama. Akhirnya setelah hampir lima tahun, Samsung menambah kapasitas RAM Flip 6 menjadi 12GB.

Kapasitas memori internal masih sama seperti generasi sebelumnya yaitu 256GB dan 512GB. RAM dan memori internal itu dipadukan dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy yang membawa peningkatan dari Snapdragon 8 Gen 2 di generasi sebelumnya.

Baterai Lebih Besar

Salah satu hal yang sering dikeluhkan pengguna Galaxy Z Flip adalah kapasitas baterai yang kurang besar dari ponsel tradisional. Kabar baiknya, Samsung mendongkrak kapasitas baterai Galaxy Z Flip 6 secara signifikan.

Flip 6 kini lengkap dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan pengisian cepat 25W. Dibandingkan dengan baterai 3.400 mAh di Galaxy Z Flip 5 dengan pengisian cepat yang sama.

Baterai yang lebih besar membuat Flip 6 terlihat memiliki bodi lebih tebal, tapi dimensinya masih sama seperti generasi sebelumnya yaitu 6,9 mm dalam keadaan terbuka. Dalam keadaan tertutup Galaxy Z Flip 6 justru memiliki bodi yang lebih tipis dengan ketebalan 14,9 mm daripada 15,1 mm di Galaxy Z Flip 5.

Kamera

Upgrade besar lainnya yang dibawa Galaxy Z Flip 6 adalah dari segi kamera. Setelah bertahun-tahun mengusung kamera utama dengan resolusi 12 MP, Galaxy Z Flip 6 akhirnya naik kelas setelah dibekali kamera 50 MP.

Resolusi kameranya menyamai Galaxy S24 dan Galaxy S24+ serta saudaranya Galaxy Z Fold 6. Berkat peningkatan ini, Galaxy Z Flip 6 akhirnya meninggalkan kamera 12 MP yang sudah digunakan sejak Galaxy Z Flip generasi pertama hingga Flip 5.

Vapor Chamber

Ini dia fitur Flip 6 yang tidak pernah ada di lini Galaxy Z Flip sebelumnya. Untuk pertama kalinya Samsung menghadirkan vapor chamber di Galaxy Z Flip 6.

Samsung mengklaim ukuran vapor chamber di Galaxy Z Flip 6 1,5 kali lebih besar daripada yang ada di Galaxy S23 Ultra. Sebagai perbandingan, vapor chamber Galaxy S24 Ultra berukuran 1,9 kali lebih besar daripada Galaxy S23 Ultra.

BACA JUGA: Samsung Galaxy Z Flip 6: Spesifikasi, Harga, dan Promo Pre-order

Harga

Saat meluncur di Indonesia pertengahan tahun yang lalu, Galaxy Z Flip 5 dibanderol dengan harga Rp 15.999.000 untuk varian 8/256GB dan Rp 17.999.000 untuk varian 8/512GB.

Tahun ini harga Flip 6 mengalami kenaikan sekitar 9% menjadi Rp 17.499.000 untuk varian 12/256GB dan Rp 19.499.000 untuk 12/512GB. Samsung beralasan kenaikan harga ini berdasarkan nilai tukar dolar dan upgrade signifikan yang dibawa Galaxy Z Flip 6.

 

(Kaje/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Galactic Glow
Galactic Glow Pameran Luar Angkasa yang Lagi Hits di PVJ
Suzuki Fronx
Suzuki Fronx Kepergok Nangkring di Cikarang, Bakal Rilis Segera?
Arti Hoarding Disorder
Arti Hoarding Disorder, Kolektor Sampah Seperti Diidap Penghuni Kos di Jakarta
Awkarin ojol
Awkarin Diancam Oknum Ojol, Setelah Viral Sang Driver Lakukan Ini
Profil Firman Yuris, Wisudawan Terbaik Unissula Semarang
Berita Lainnya

1

Kominfo Ajak Anak Muda Garut Tingkatkan Rasa Toleransi dan Produktivitas

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Penjelasan Yusril tentang Perubahan Nama dan Kedudukan dari Wantimpres Menjadi DPA

4

Kalahkan Djokovic di Laga Final, Carlos Alcaraz Juara Wimbledon 2024

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
wna prostitusi online
Imigrasi Ungkap Kasus Prostitusi WNA Online, 1 Mucikari 5 Wanita
Link-Live-Streaming-Perkenalan-Mbappe-di-Santiago-Bernabeu
Link Live Streaming Perkenalan Mbappe di Real Madrid
Ilustrasi. (Freepik)
Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Wargi Bandung!
Arsan Latif penjara
Kejati Jabar Penjarakan Eks PJ Bupati Bandung Barat Arsan Latif