Menang Tipis Atas Uruguay 0-1 Kolombia Tantang Argentina di Final di Copa America 2024

Uruguay 0-1 Kolombia Tantang Argentina
Pemain Kolombia saat merayakan kemenangan (Intasgram @copaamerica)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Kolombia menantang Argentina di laga final Copa America 2024 setelah berhasil mengalahkan Uruguay 1-0 di partai semifinal di Stadion Bank of America, Charlotte, Amerika Serikat, Kamis (11/7/2024).

Satu-satunya gol yang jadi penentu pada pertandingan tersebut dicetak Jefferson Lerma.

Babak Pertama

Kolombia harus bermain 10 orang setelah Daniel Munoz diusir wasit usai mendapat kartu merah karena melanggar keras pemain Uruguay di menit akhir babak pertama.

Pertandingan dimulai, Kolombia langsung bermain terbuka dan mencoba mencari celah ke pertahanan lawannya lewat umpan-umpan jauh ke pemain sayap. Situasi ini membuat pemain Uruguay harus bertahan sambil mencoba balik menekan lewat serangan balik.

Peluang pertama datang untuk Kolombia pada menit kelima. Menerima umpan di depan kotak penalti, tendangan Jhon Arias masih melambung di atas mistar gawang Uruguay.

Kolombia masih mendominasi permainan lewat serangan-serangan cepat. Namun upaya Jhon Cordoba maupun James Rodriguez masih menemui jalan buntu.

Lagi, Kolombia hampir mencetak gol pada menit 14. Luis Diaz yang menggiring bola dari sisi kanan melepas umpan ke kotak penalti Uruguay. Bola yang mengarah pada Daniel Munoz langsung disundul, tapi arahnya masih melebar tipis.

Namun, dua menit kemudian gawang Kolombia hampir kebobolan. Gimenez menyodorkan bola pada Darwin Nunez yang lolos dari kawalan. Tapi, tembakan bintang Uruguay ini, menyamping tipis di sisi kanan.

Nunez kembali membuang peluang membuka keungguan untuk Uruguay pada menit 17. Mendapat bola didalam kotak penalti dan meneruskannya dengan tendangan keras, arahnya masih belum tepat ke dalam gawang Kolombia.

Peluang Nunez mencetak gol lagi-lagi gagal pada menit 27. Dalam posisi yang sangat leluasa untuk menendang, bola sepakannya masih saja ke luar lapangan.

Setelah cukup lama menahan gempuran lawannya, Kolombia akhirnya berhasil mencetak gol pada menit 39. Berawal dari tendangan sudut Rodriguez, bola lambung disundul Jefferson Lerma dan masuk ke gawang Uruguay.

Babak Kedua

Sengitnya pertarungan kedua tim di babak kedua, membuat permainan berubah sedikit keras. Beberapa kali wasit menghentikan pertandingan setelah pemain Uruguay dan Kolombia melakukan pelanggaran keras.

Peluang emas didapat Uruguay pada menit 70 lewat skema serangan cepat. Luis Suarez yang baru masuk di babak kedua melepaskan tendangan, tapi bola masih membentur gawang Kolombia.

Lima menit kemudian gawang Kolombia hampir kebobolan lewat tembakan Valverde. Beruntung bola yang ditendangnya melebar tipis di sisi gawang.

Memasuki sepuluh menit akhir babak kedua, Uruguay semakin gencar menekan pertahanan Kolombia. Namun, penyelesaian akhir yang kurang rapi membuat mereka sulit menciptakan peluang dan mencetak gol.

BACA JUGA: Melaju ke Final Copa America 2024, Argentina Bungkam Kanada 2-0

Sebaliknya, pemain Kolombia berusaha matian-matian mempertahankan keunggulan. Skuad asuhan Nestor Lorenzo memilih berkumpul di lini belakang menjaga agar gawang mereka tak kebobolan.

Kolombia sebenarnya menambah keunggulan jelang pertandingan berakhir, Memanfaatkan kesalahan bek Uruguay, tembakan Mateus Uribe terlalu lemah. Sampai pertandingan usai tak ada lagi gol tercipta. Kolombia pun berhak lolos ke final.

(Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Pembakaran rumah wartawan
Kronologi Pembakaran Rumah Wartawan Karo, Tiga Orang Jadi Tersangka
Fenomena-Aphelion-2
Pesan Berantai Fenomena Aphelion Menyesatkan Masyarakat!
Penjelasan Yusril Ihza Mahendra tentang Perubahan Nama dan Kedudukan dari Watimpres Menjadi DPA
Penjelasan Yusril tentang Perubahan Nama dan Kedudukan dari Wantimpres Menjadi DPA
Budaya Bersih di Jawa Barat
Bey Dorong Transformasi Budaya Bersih di Jawa Barat
Jadwal Timnas U19 Indonesia di Piala AFF U19 2024
Daftar Lengkap 23 Pemain Timnas Indonesia U-19, Kiper Muda Persib Masuk Line Up
Berita Lainnya

1

Kominfo Ajak Anak Muda Garut Tingkatkan Rasa Toleransi dan Produktivitas

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Kalahkan Djokovic di Laga Final, Carlos Alcaraz Juara Wimbledon 2024

4

5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel, PBNU: Tak Paham Geopolitik!

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Ilustrasi. (Freepik)
Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Wargi Bandung!
Arsan Latif penjara
Kejati Jabar Penjarakan Eks PJ Bupati Bandung Barat Arsan Latif
Banjir dan Longsor Gorontalo
Banjir dan Longsor Gorontalo: Ribuan Warga Terdampak, 28 Tewas, Puluhan Masih Hilang!
kaesang
Soal Kaesang di Pilkada Jateng, Aria Bima Sarankan Ikuti Jejak Jokowi dan Gibran