Sejarah Pembuatan Patung GWK, Ikonnya Kota Bali!

Pembuatan patung GWK
(Media Indonesia)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah ikon terkenal di Bali yang menarik banyak wisatawan. Sejarah pembuatan patung GWK sangat panjang dan kaya akan makna.

Pembuatan patung GWK dilakukan dengan berbagai tujuan, termasuk sebagai simbol Dewa Wisnu dan untuk mengembangkan destinasi wisata baru di Bali.

Latar Belakang Patung GWK

Patung GWK terletak di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Berdiri di atas bukit batu kapur dengan ketinggian 263 meter di atas permukaan laut. Menampilkan Dewa Wisnu yang menunggangi burung Garuda, simbol cinta, tanggung jawab, pengabdian, keberanian, dan misi penyelamatan lingkungan serta dunia.

Pembuatan patung GWK oleh seniman Bali, I Nyoman Nuarta, pada tahun 1989. Pada awalnya, gagasan ini tidak langsung diterima oleh masyarakat dan membutuhkan delapan tahun untuk diperkenalkan. Tujuan dari pembangunan patung ini adalah menciptakan area wisata baru di Bali yang menampilkan nilai budaya bangsa dan menjadi tempat untuk berbagai pertunjukan seni dari Nusantara dan dunia.

Pembangunan dimulai pada tahun 1997 setelah mendapatkan persetujuan dari Presiden Soeharto. Namun, proyek ini sempat terhenti akibat krisis moneter pada tahun 1997-1998. Lalu, lanjut pada tahun 2013 dan akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018. Proses pembangunan patung ini memakan waktu hingga 28 tahun untuk diselesaikan.

Keindahan Struktur

Patung GWK memiliki ketinggian 121 meter dan berat 4.000 ton. Terbuat dari tembaga, baja, dan kuningan. Tinggi patung ini melebihi Patung Liberty di New York, Amerika Serikat, yang memiliki tinggi 93 meter. Bisa terlihat dari radius 20 km, sehingga dapat dilihat dari Kuta dan Nusa Dua.

Patung GWK tidak hanya menampilkan keindahan arsitektur dan pemandangan alam, tetapi juga menyimpan filosofi budaya dan agama Hindu yang dalam. Ini adalah salah satu monumen bersejarah Indonesia yang patut kita kunjungi dan banggakan.

BACA JUGA: Profil I Nyoman Nuarta yang Bakal Desain Patung Soekarno di Bandung Barat

Daya Tarik Bagi Wisatawan

Patung GWK adalah daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Selain menikmati keindahan patung, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah serta berbagai pertunjukan seni dan budaya yang sering ada di kawasan GWK.

Di kawasan GWK, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas seperti berkeliling taman budaya, menikmati pertunjukan tari kecak, dan ikut serta dalam berbagai acara budaya yang ada secara rutin. Kawasan ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti restoran, toko suvenir, dan area rekreasi yang nyaman.

 

(Kaje/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Harashta Haifa Zahra
Ridwan Kamil Kasih Paham Netizen yang Sempat Nyinyir Soal Kemenangan Harastha Haifa Zahra
Pecatu Indah Resort
Kupas Bisnis Properti Keluarga Cendana di Bali, Kemegahan Atau Kontroversi?
Film Sweet Dreams
Film Sweet Dreams Masuk Nominasi Oscar 2024, Ini Sinopsisnya!
gerai matahari
Gerai Matahari Makin Langka, Bisnis Ritel di Indonesia Sekarat
Situ Wanayasa
Menikmati Situ Wanayasa, Indahnya Permata Tersembunyi Purwakarta!
Berita Lainnya

1

Tips Beli Tiket Presale Konser Bruno Mars di Jakarta!

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Salurkan Dana BSPS, bank bjb Tandatangani MOU dengan Kementerian PUPR

4

Kanada Bungkam Venezuela Lewat Adu Penalti 4-3, Tantang Argentina di Semifinal Copa America 2024

5

Dani Olmo, Man of the Match Spanyol vs Jerman Perempat Final Euro 2024
Headline
Jersey Olimpiade Timnas Indonesia Dipuji Prabowo
Jersey Olimpiade Timnas Indonesia Dipuji Prabowo: 'Bagus Sekali'
WNI di Jepang Ternyata Ditangkap Kasus Narkoba
Dikabarkan Hilang, WNI di Jepang Ternyata Ditangkap Kasus Narkoba
justin bieber
Justin Bieber Nyanyi di Pernikahan Crazy Rich Asia, Dibayar Rp160 Miliar
Tops Skor Euro 2024 Cody Gakpo
Cody Gakpo Berpeluang Raih Sepatu Emas Euro 2024