7 Dampak Berbahaya Memaksakan Mengunduh Software Kedaluwarsa

Software
Software kedaluarsa yang membahayakan (foto: dok. pinterest)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Perangkat lunak atau software yang kedaluwarsa tidak lagi menerima dukungan dan pembaruan resmi dari pengembangnya.

Banyak yang tidak menyadari bahwa tidak memperbarui perangkat lunak bukan hanya berarti ketinggalan versi terbaru, tetapi juga berhenti menerima perlindungan, meninggalkan perangkat dalam kerentanan keamanan yang beresiko.

Mengutip dari berbagai sumber, inilah 7 dampak berbahaya jika memaksakan untuk mengunduh software kedaluarsa.

Risiko Internet of Things (IoT)

Perangkat IoT yang terhubung, seperti webcam, sensor medis, perangkat pintar, digital twins, pelacak GPS, robot industri, dan sensor lingkungan, dapat menyebabkan kerusakan besar.

Jika beroperasi pada perangkat lunak yang kedaluwarsa dan terhubung ke jaringan perusahaan. Masalah pada satu perangkat IoT dapat berdampak pada keseluruhan organisasi dan rantai pasokannya yang terhubung, menyebabkan penundaan operasional dan kerugian finansial yang signifikan.

Tidak Didukung oleh Vendor Perangkat Lunak

Kerentanan lain dari software kedaluwarsa adalah mungkin tidak lagi didukung oleh vendor perangkat lunak.

Ini berarti, kerentanan keamanan apa pun yang ditemukan tidak akan ditambal, meninggalkan sistem rentan terhadap serangan.

Selain itu, vendor juga mungkin berhenti memberikan dukungan teknis untuk software yang kedaluwarsa, membuat sulit mendapatkan bantuan jika ada masalah.

Masalah Kompatibilitas

Perangkat lunak yang kedaluwarsa dapat menyebabkan masalah kompatibilitas dengan perangkat lunak dan perangkat keras lain, yang dapat mengakibatkan penurunan kinerja dan kerusakan sistem.

Ini terutama berlaku untuk perangkat lunak yang belum terancang untuk bekerja dengan sistem operasi terbaru, karena mungkin tidak optimal untuk perangkat keras dan teknologi terbaru.

Serangan Malware

Lupa memperbarui perangkat lunak membuat sistem rentan terhadap serangan malware yang dapat menimbulkan konsekuensi serius.

Malware terancang untuk merusak atau menonaktifkan sistem komputer atau mencuri data sensitif. Penjahat dunia maya dapat mengeksploitasi kerentanan yang ada pada perangkat lunak yang kedaluwarsa.

Membuat malware yang menargetkan kerentanan tersebut dan menggunakannya untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem, mencuri data, atau menginstal perangkat lunak berbahaya tambahan.

Ransomware

Jenis serangan lain yang mengeksploitasi perangkat lunak kedaluwarsa adalah ransomware. Ransomware mengenkripsi data korban dan meminta tebusan sebagai imbalan untuk membuka kunci.

Penjahat dunia maya dapat menggunakan kerentanan software kedaluwarsa untuk mendapatkan akses ke sistem, menginstal ransomware, dan mengenkripsi data. Antivirus mungkin tidak mampu melindungi perangkat dari ransomware.

BACA JUGA : Rekomendasi Aplikasi Membantu Mengerjakan PR Untuk Android dan Iphone

Kinerja Sistem yang Lambat

Sistem operasi yang kedaluwarsa dapat menghambat kinerja sistem, menyebabkan waktu booting yang lambat. Waktu peluncuran aplikasi yang lambat, dan kinerja keseluruhan yang melamban.

Perangkat lunak dan perangkat keras yang lebih baru terancang untuk bekerja dengan sistem operasi modern yang optimal untuk kecepatan dan kinerja.

Saat tidak memperbarui perangkat lunak, akses ke peningkatan kinerja terbaru tidak tersedia, menghasilkan pengalaman pengguna yang lambat.

Crash dan Ketidakstabilan

Perangkat lunak yang ketinggalan zaman lebih mungkin mengalami crash, macet, dan ketidakstabilan sistem.

Ini karena perangkat lunak dan perangkat keras baru terancang untuk bekerja dengan sistem operasi modern yang memberikan pembaruan stabilitas dan keamanan.

Sebaliknya, perangkat lunak yang kedaluwarsa mungkin kehilangan pembaruan dan tambalan penting, membuat sistem rentan terhadap ketidakstabilan dan kerusakan.

 

(Hafidah/Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
Iduladha 2024
Tentukan Bulan Zulhijah dan Iduladha 2024, Ini Alur Sidang Isbat Kemenag
konser dua lipa
Dua Lipa Bakal Konser di Jakarta pada 9 November 2024
Manfaat Daun Talas
7 Manfaat Konsumsi Daun Talas untuk Kesehatan, Bisa Optimalkan Jantung
korupsi pt timah
Kejagung: Kerugian Korupsi PT Timah Tembus Rp300 Triliun!
all eyes on rafah
Tagar All Eyes on Rafah Kembali Menggema di Media Sosial
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Tagar All Eyes on Rafah Trending, Ini Penyebabnya!

3

bank bjb Umumkan Pemenang bjbpreneur 2024 dalam Momen HUT 63

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Berapa Bayaran Avenged Sevenfold Sekali Manggung?
Headline
Bambang Gatot Ariyono
Mantan Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyanto Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah
Istri Habib Luthfi
Istri Habib Luthfi Meninggal Dunia
serangan di rafah
Pembantaian di Rafah Tak Hentikan AS Kirim Senjata ke Israel
Timnas Putri Kalahkan Singapura
Timnas Putri Kalahkan Singapura 5-1, Satoru Mochizuki: Senang