BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Belum lama ini Yamaha memperkenalkan teknologi transmisi yakni Yamaha-Automated Manual Transmission (Y-AMT), dalam tayangan teaser Youtube Yamaha Europe.
Sistem ini membawa revolusi dalam pengalaman berkendara dengan menggabungkan kemudahan penggunaan transmisi otomatis dengan fleksibilitas perpindahan gigi manual.
Sistem Yamaha Y-AMT
BACA JUGA: Kenalan dengan E-Clutch Honda, Bisa Dipasang di Motor Lain
Model Y-AMT tidak lagi mengandalkan tuas persneling konvensiona. Hal ini memungkinkan pengendara untuk fokus sepenuhnya pada posisi badan dan pengendalian sepeda motor, terutama dalam manuver tikungan yang membutuhkan distribusi beban yang tepat.
Sistem Y-AMT memungkinkan pengendara untuk memilih antara dua mode utama, yaitu mode perpindahan gigi manual (MT) dan mode perpindahan gigi otomatis (AT).
Dalam mode MT, pengendara dapat melakukan pergantian gigi dengan cepat dan presisi hanya dengan menggunakan tombol-tombol yang terletak di dekat pegangan. Mode ini memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan karakteristik pergantian gigi sesuai dengan preferensi pribadi dan kondisi jalan saat itu.
Pada mode MT, terobosan transmisi dari Yamaha tersebut menggunakan dua tuas tipe rocker mirip dengan sistem shift gear Shimano Deore M5120 pada sepeda gunung.
Tuas ini memungkinkan pengendara untuk mengontrol pergantian gigi tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling. Penggerak kopling yang progresif memaksimalkan karakteristik tenaga mesin dan meningkatkan sensasi sporty dalam berkendara.
Dalam mode AT, pengendara dapat memilih antara dua program: mode “D+” untuk pengalaman berkendara sporty dengan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin yang tinggi, dan mode “D” untuk pengalaman berkendara harian yang lebih mulus dengan mempertahankan kecepatan mesin rendah. Pengendara dapat dengan mudah beralih di antara kedua mode ini hanya dengan menekan tombol yang tersedia di panel kendali.
Teknologi Serupa Honda
Y-AMT merupakan evolusi dari sistem YCC-S (Yamaha Microprocessor Controlled Shift) yang pernah teraplikasi pada model FJR1300 Sport Tourer hampir dua dekade lalu. Berbeda dengan pendahulunya, Y-AMT tidak hanya memudahkan pergantian gigi manual namun juga mengintegrasikan pengalaman pengendara dengan fitur otomatisasi yang lebih maju.
Meskipun konsepnya mirip dengan Honda E-Clutch dalam upaya mempermudah pengoperasian transmisi, tetapi masing-masing memiliki perbedaan, baik dari teknis maupun rasa perpindahan. Hal ini membuat sistem ini lebih sesuai untuk pengendara yang mencari kesederhanaan dan efisiensi dalam berkendara sepeda motor.
(Saepul/Budis)