Yamaha Garap Perpindahan Gigi Cerdas Y-AMT, Mirip Teknologi Honda?

yamaha Y-AMT
(Dok.Yamaha)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Belum lama ini Yamaha memperkenalkan teknologi transmisi yakni Yamaha-Automated Manual Transmission (Y-AMT), dalam tayangan teaser Youtube Yamaha Europe.

Sistem ini membawa revolusi dalam pengalaman berkendara dengan menggabungkan kemudahan penggunaan transmisi otomatis dengan fleksibilitas perpindahan gigi manual.

 Sistem Yamaha Y-AMT

 

yamaha Y-AMT
(Dok.Yamaha)

BACA JUGA: Kenalan dengan E-Clutch Honda, Bisa Dipasang di Motor Lain

Model Y-AMT tidak lagi mengandalkan tuas persneling konvensiona. Hal ini memungkinkan pengendara untuk fokus sepenuhnya pada posisi badan dan pengendalian sepeda motor, terutama dalam manuver tikungan yang membutuhkan distribusi beban yang tepat.

Sistem Y-AMT memungkinkan pengendara untuk memilih antara dua mode utama, yaitu mode perpindahan gigi manual (MT) dan mode perpindahan gigi otomatis (AT).

Dalam mode MT, pengendara dapat melakukan pergantian gigi dengan cepat dan presisi hanya dengan menggunakan tombol-tombol yang terletak di dekat pegangan. Mode ini memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan karakteristik pergantian gigi sesuai dengan preferensi pribadi dan kondisi jalan saat itu.

Pada mode MT, terobosan transmisi dari Yamaha tersebut menggunakan dua tuas tipe rocker mirip dengan sistem shift gear Shimano Deore M5120 pada sepeda gunung.

Tuas ini memungkinkan pengendara untuk mengontrol pergantian gigi tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling. Penggerak kopling yang progresif memaksimalkan karakteristik tenaga mesin dan meningkatkan sensasi sporty dalam berkendara.

Dalam mode AT, pengendara dapat memilih antara dua program: mode “D+” untuk pengalaman berkendara sporty dengan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin yang tinggi, dan mode “D” untuk pengalaman berkendara harian yang lebih mulus dengan mempertahankan kecepatan mesin rendah. Pengendara dapat dengan mudah beralih di antara kedua mode ini hanya dengan menekan tombol yang tersedia di panel kendali.

Teknologi Serupa Honda

Y-AMT merupakan evolusi dari sistem YCC-S (Yamaha Microprocessor Controlled Shift) yang pernah teraplikasi pada model FJR1300 Sport Tourer hampir dua dekade lalu. Berbeda dengan pendahulunya, Y-AMT tidak hanya memudahkan pergantian gigi manual namun juga mengintegrasikan pengalaman pengendara dengan fitur otomatisasi yang lebih maju.

Meskipun konsepnya mirip dengan Honda E-Clutch dalam upaya mempermudah pengoperasian transmisi, tetapi masing-masing memiliki perbedaan, baik dari teknis maupun rasa perpindahan. Hal ini membuat sistem ini lebih sesuai untuk pengendara yang mencari kesederhanaan dan efisiensi dalam berkendara sepeda motor.

 

(Saepul/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
DPR RI Naturalisasi
Dukungan Penuh DPR RI Agar Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026
Sahrul Gunawan Ekonomi kreatif
Sahrul Gunawan Bidik Potensi Ekonomi Kreatif di Kabupaten Bandung
Fitur blokir X
Pembaruan Fitur Blok Milik X Picu Kontroversi
Anggur Shine Muscat
Tips Mencuci Anggur Agar Terhindar dari Residu
Kafe bunga
Cantiknya, 3 Kafe di Bandung yang Dikelilingi Taman Bunga
Berita Lainnya

1

Pabrik Tekstil di Katapang Andir Kabupaten Bandung Kebakaran

2

Hampir 2.000 Peserta Meriahkan POSPAY Run 2024 di Bandung

3

Aksi Reuni 411 Menyasar Jokowi dan Fufufafa, Balas Dendam?

4

PP PERSIS Tegaskan Netral di Pilkada Kabupaten Bandung

5

Ditemukan Bakteri, BPOM Desak Penjualan Jajanan Impor Latiao Disetop!
Headline
Polisi selamatkan bocah tenggelam
Dramatis! 2 Anggota Polisi Sikka NTT Selamatkan Bocah Tenggelam: Berikan CPR dan Nafas Buatan
KPU Kota Bandung Siapkan 10 TPS Khusus
KPU Kota Bandung Siapkan 10 TPS Khusus saat Pilwalkot Bandung 2024
Pabrik Tekstil di Katapang Andir Kabupaten Bandung Kebakaran
Pabrik Tekstil di Katapang Andir Kabupaten Bandung Kebakaran
Sirkuit-Barcelona-Catalunya
Seri Final MotoGP 2024 Dipindah ke Sirkuit Catalunya