Urutan iPhone dari Masa ke Masa, Punyamu yang Mana?

urutan iphone dari masa ke masa
(Wordpress)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID —  iPhone merupakan produk smartphone yang dikembangkan oleh Apple, perusahaan teknologi yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak pada 1979.

Sejak pertama kali meluncur, iPhone mengalami banyak masa pasang surut, hingga kini mereknya menjadi merek smartphone unggulan yang populer di seluruh dunia. Berikut merupakan urutan iPhone dari masa ke masa, simak penjelasannya dalam artikel ini!

iPhone (2007)

iPhone pertama kali rilis pada tahun 2007 dan telah menarik para penggemar teknologi sejak saat itu. Generasi pertamanya membawa sejumlah fitur inovatif dengan layar besar dan kemampuan touchscreen.

Memiliki layar 3,5 inci, prosesor ARM 412 MHz, dan kamera 2MP, Apple membanderol iPhone dengan harga sekitar 399 Dolar AS atau setara dengan Rp6,1 juta.

Meskipun harganya tinggi, iPhone berhasil memikat pembeli berkat bakat menjual Steve Jobs yang khas dengan menyebut produknya kala itu sebagai “komunikator internet”.

iPhone 3G (2008)

Urutan iPhone berikutnya adalah iPhone 3G, membawa fitur andalan dari aspek jaringan dengan mendukung koneksi 3G dan penggunaan GPS.

Fitur-fitur lainnya seperti sistem operasi terbaru, navigasi, hingga App Store juga menarik bagi para penggemarnya. Meskipun tampilannya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, iPhone 3G berhasil terjual lebih dari 3 juta unit dalam sebulan.

iPhone 3GS (2009)

iPhone 3GS hadir dengan peningkatan dari berbagai aspek. Pada versi ini, prosesornya adalah prosesor terbaru ARM A8 600 MHz.

IPhone 3GS juga mampu merekam video 480p serta kontrol suara dasar. Pada sektor penyimpanan, versi ini menawarkan ruang sebesar 32GB.

iPhone 4 (2010)

Urutan iPhone berikutnya adalah iPhone 4 seperti iPhone versi baru karena Steve Jobs melakukan perombakan besar-besaran pada generasi ini. Dengan menghadirkan bodi yang lebih tipis, iPhone 4 tampil dengan resolusi layar yang lebih tajam, yakni 960 x 480 piksel.

Fitur baru pada saat itu adalah tambahan kamera depan yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil selfie dan melakukan panggilan FaceTime.

iPhone 4s (2011)

iPhone 4s memperkenalkan ekosistem iPhone yang lebih matang dengan menghadirkan asisten virtual Siri, iCloud, dan iMessage.

Fitur-fitur ini membuat ponsel terasa lebih personal dan eksklusif karena pengguna iPhone bisa saling berhubungan dan semua data dapat tersinkron dalam satu akun saja.

iPhone 5 (2012)

Meski tanpa Steve Jobs, Apple tetap menghadirkan inovasi terbaru yang selangkah lebih maju daripada merek smartphone lainnya.

Di tahun 2012, iPhone memperkenalkan iPhone 5, ponsel dengan ukuran layar yang lebih besar dan bodi yang lebih tipis dengan dukungan pada konektivitas 4G LTE. iPhone 5 juga memperkenalkan konektor Lightning untuk sektor pengisian dayanya.

iPhone 5c dan 5s (2013)

iPhone 5c adalah urutan iPhone berikutnya dengan pilihan warna yang lebih beragam, namun kurang menarik sehingga produksinya berhenti beberapa tahun kemudian.

 

Sedangkan iPhone 5s adalah versi upgrade dari iPhone 5 dengan fitur keamanan tambahan bernama Touch ID.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus (2014)

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus adalah generasi iPhone yang rilis bersamaan di tahun 2014. Versi ini menghadirkan ukuran layar yang lebih besar, yakni 4,7 inci dengan resolusi 1.334 x 640 piksel, dan kecerahan mencapai 326 ppi.

Sementara itu, 6 Plus tampil dengan layar yang lebih besar lagi dengan luas layar sebesar 5,5 inci, resolusi 1.920 x 1.080 piksel, dan kecerahan hingga 401 ppi.

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus (2015)

Masih dalam lini iPhone 6 series, iPhone 6s dan iPhone 6s plus keluar pada 9 September 2015. Ponsel ini membawa peningkatan resolusi hingga 1.334 x 750 piksel, chip Apple A9, fitur 3D Touch, hingga kamera yang lebih jernih dengan resolusi 12 MP dan perekaman hingga 4K.

iPhone SE (2016)

iPhone SE adalah perangkat yang rilis di tahun 2016 dengan harga yang lebih murah dan lebih kecil dari iPhone 6s. Secara garis besar, ponsel ini menggabungkan elemen iPhone 5s dan 6s untuk memungkinkan pengguna merasakan pengalaman menggunakan ponsel dengan spesifikasi serupa iPhone 6s dengan harga yang lebih terjangkau.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (2016)

Masih di tahun 2016, setelah perilisan iPhone SE, Apple memperkenalkan iPhone 7 dan 7 Plus. Dengan meningkatkan chip-nya ke A10, ponsel ini juga telah mengantongi sertifikasi anti air.

Pada iPhone 7 Plus, Apple mulai memperkenalkan kamera belakang ganda dengan satu kameranya mendukung hingga 2x optical zoom.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus (2017)

Perkembangan iPhone dari masa ke masa paling signifikan secara teknologi ada pada generasi iPhone 8 dan 8 Plus. Kedua seri ponsel pintar tersebut rilis setahun setelah seri 7 rilis, yakni pada 12 September 2017.

Pada seri ini, iPhone bukan hanya meningkatkan chip-nya menjadi A9, sektor pengisian dayanya juga di-upgrade dengan fitur canggih bernama wireless charging, atau pengisian daya tanpa kabel.

iPhone X (2017)

Memperingati 10 tahun peluncuran iPhone, Apple merilis seri iPhone X. Desain varian ini sangat khas karena layarnya dibuat penuh tanpa tombol home, ganti dengan notch atau poni sebagai wadah kamera depan.

Seri X juga hadir dengan fitur keamanan baru bernama Face ID, sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya membuka perangkat hanya dengan memindai wajah.

iPhone Xs dan iPhone Xs Max (2018)

iPhone Xs dan iPhone Xs Max tidak memiliki perubahan besar dari versi tahun sebelumnya, yakni iPhone X. Ponsel ini hanya meningkat dari segi hardware dengan penggunaan chip A12 Bionic dan kapasitas memori internal hingga 512 GB.

iPhone XR (2018)

Urutan iPhone berikutnya adalah iPhone XR yang rilis pada tahun yang sama dengan iPhone Xs dan iPhone Xs Max. Desainnya lebih kecil dan lebih murah dari varian Xs dan Xs Max. Meskipun hanya memiliki satu kamera di punggung belakangnya, XR tersedia dalam 6 pilihan warna bagi penggunanya.

iPhone 11 Series (2019)

Pada 2019, Apple untuk pertama kalinya merilis tiga model iPhone sekaligus dalam lini series iPhone 11, yakni iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max.

Hadir dengan spesifikasi yang mirip, yang membedakan ketiga model ini hanyalah kamera dan ukuran layarnya. iPhone 11 Pro dan Pro Max adalah pionir iPhone dengan tiga lensa dan retina yang paling canggih dari seri Apple lainnya.

iPhone SE Generasi Ke-2 (2020)

Setelah 4 tahun dari generasi iPhone SE pertama, akhirnya iPhone merilis kembali iPhone SE generasi ke-2 di tahun 2020.

Apple membuat iPhone SE 2020 dengan body lebih kecil dari ponsel rilisan sebelumnya, serta mengembalikan tombol home pada tampilannya.

Dengan harga yang lebih murah, generasi ini telah hadir dengan fitur unggulan seperti kamera canggih dan pengisian nirkabel.

iPhone 12 Series (2020)

Di tahun 2020, iPhone merilis iPhone 12 series yang terdiri dari iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max. Selain menghadirkan koneksi 5G, semua seri ini telah lengkap dengan chip A14 Bionic dan bodi yang didesain ulang.

Untuk lini pro, kehadiran LiDAR di dalamnya membuat iPhone 12 Pro mampu mengenali lingkungan sekitar dengan akurat. Pada iPhone 12 Mini, pengguna dapat merasakan menggunakan iPhone dengan harga lebih murah dan lebih kecil dari seri iPhone 12 lainnya.

iPhone 13 Series (2021)

Seri iPhone 13 rilis di tahun 2021 dengan model iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Dengan kehadiran notch atau poni lebih kecil, seri ini tampil lebih minimalis.

Menariknya, iPhone 13 Pro dan Pro Max memiliki ProMotion display dengan kecepatan refresh rate hingga 120 Hz. Tidak hanya itu, lini Pro juga telah hadir dengan sensor LiDAR untuk fitur AR yang lebih unggul.

iPhone SE Generasi Ke-3 (2022)

Menghadirkan inovasi baru, di tahun 2022 Apple kembali merilis iPhone SE generasi ketiga. Tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, iPhone SE 3 tetap tampil dengan harga yang lebih murah.

Namun, perangkat ini telah mendukung konektivitas 5G dengan chip A15 Bionic serta memiliki masa pakai baterai yang lebih panjang.

iPhone 14 Series (2022)

Tidak berselang lama setelah peluncuran iPhone SE generasi ke-3, Apple menghadirkan iPhone 14 series di penghujung tahun 2022. iPhone ini memiliki model iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Pengguna iPhone 14 Pro dan Pro Max dapat merasakan inovasi layar yang baru karena untuk pertama kalinya iPhone menghapus notch. Selain itu juga menggantinya dengan Dynamic Island yang lebih minimalis, fungsional, dan mendukung layar Always-on.

BACA JUGA: Iphone Inter Itu Apakah Original? Simak Penjelasannya!

iPhone 15 Series (2023)

Bulan September 2023, Apple kembali merilis seri iPhone terbarunya dalam model iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan 15 Pro Max. Selain menggunakan USB-C untuk pengisian daya, lini pro menggunakan titanium sebagai bodinya.

Hadirnya tombol Action yang menggantikan tombol mute pada iPhone 15 Pro dan Pro Max memungkinkan pengguna mengakses berbagai fungsi dengan lebih mudah.

Di masa depan, kita bisa berharap untuk melihat inovasi lebih lanjut dari Apple. Jadi itu pembahasan mengenai urutan iPhone dari masa ke masa.

 

(Kaje/Aak))

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
ASN Tak Netral Sanksi Pemecatan
ASN Tak Netral, Siap-siap Dapatkan Sanksi Pemecatan
Dali Wassink Dikremasi
Jenazah Dali Wassink DiKremasi Netizen Penasaran dengan Agamanya
Hari Kejaksaan
Ini Sejarah Peringatan Hari Kejaksaan
Wahana Pasar Malam
Yuk, Nostalgia 5 Wahana Pasar Malam yang Pernah Eksis!
Syahrini Baby Bump
Syahrini Pamer Baby Bump, Netizen Duga Anak Kembar
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Update E-Faktur 4.0 dan Website e-Nofa Resmi Dirilis, Apa Saja yang Baru?

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Jakarta Bhayangkara Presisi Juara Putra Proliga 2024 Setelah Kalahkan LavAni

5

Amankan Demo BEM SI di Kawasan Istana Negara, Polisi Siagakan 1.231 Personel
Headline
bella hadid adidas
Didesak Israel, Adidas Terpaksa Hapus Foto Bella Hadid
simbara luhut ott kampungan
Luncurkan SIMBARA, Luhut Sebut OTT KPK Kampungan!
tiket sheila on 7
Luar Biasa, Tiket Tambahan Konser Sheila On 7 Ludes Terjual!
Yalla Shoot
Link Streaming Persib Bandung vs Borneo FC Piala Presiden 2024, Selain Yalla Shoot