Sebarkan Informasi Kepemiluan, KPU Kolaborasi dengan TikTok

(Ilustrasi: Eraspace).

Bagikan

JAKARTA,TM.ID: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan pengelola aplikasi media sosial TikTok jalin kerjasama untuk penyebaran informasi seputar Pemilu 2024, yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU).

KPU RI ternyata telah mengetahui data bahwa lebih dari 50 persen pemilih Pemilu 2024 merupakan pemilih muda. Dapat diasumsikan bahwa gaya komunikasi dan pilihan media yang digunakan para pemilih muda ini merupakan pengguna aktif media sosial, termasuk TikTok yang di dalamnya banyak memuat berbagai macam informasi.

“Dalam riset-riset yang kami baca, di antaranya yang populer diakses itu adalah TikTok. Oleh karena itu, menjadi sesuatu yang strategis ketika KPU bekerja sama dengan TikTok untuk menyebarluaskan perkembangan informasi kepemiluan,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari  di Kantor KPU RI, Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (15/11/2023).

Berpijak pada MoU tersebut, Hasyim berharap TikTok menyiapkan strategi kebijakan internalnya untuk mencegah penyebaran disinformasi, hoaks, atau fitnah, khususnya mengenai konten-konten kepemiluan.

Diharapkan, kata Hasyim, TikTok menjadi penyaring sekaligus penerang apabila ada informasi miring. Dengan begitu, para pengguna tidak terombang-ambing atau bingung dengan konten yang menyesatkan tersebut.

“Kalau ada informasi yang miring-miring, enggak benar, itu TikTok menjadi bagian yang memublikasikan, menginformasikan tentang ‘Informasi yang benar itu si ini, bukan yang itu’ sehingga orang tidak terombang-ambing, tidak bingung,” harap Hasyim.

BACA JUGA: Jourdan Louise Populerkan Cara Kreatif Berdonasi untuk Palestina Lewat TikTok

Dikatakan, KPU mendapat mandat untuk menyampaikan perkembangan informasi positif mengenai penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat.

Informasi positif tersebut yang bisa mendorong keyakinan masyarakat bahwa pemilu dilaksanakan dengan berkualitas, berintegritas, dan demokratis.

“Oleh karena itu, tentu pilihan metode, pilihan media, menjadi sesuatu yang strategis, untuk menyampaikan pesan-pesan kepemiluan ke publik,” tambahnya.

Faris Mufid , selaku Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia menegaskan, TikTok secepatnya akan meluncurkan informasi pemilu dari KPU.  Informasi tersebut akan dipublikasikan selama tiga bulan masa kampanye sampai Februari 2024.

“Nah, itu yang jadi wadah bagi penggunapengguna kami untuk mengakses info-info kepemiluan,” ujar Faris.

 

(Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Aplikasi CapCut
Cara Edit Video Menggunakan Aplikasi CapCut
Komisi XI DPR RI Ingatkan Pemerintah Minimalkan Kebocoran Anggaran Negara
Rawan di Korupsi, Komisi XI DPR RI Ingatkan Pemerintah Minimalkan Kebocoran Anggaran Negara
Harga pangan
Cek! Harga Pangan Kamis, Telur Ayam Rp32.380/kg, Bawang Merah Rp38.050/kg
Penetapan Tersangka Hasto
Soal Penetapan Tersangka Hasto, Jokowi Memilih Tersenyum 'Saya sudah Purnatugas, Pensiunan Biasa'
KPK Cegah Yasonna dan Hasto ke Luar Negeri
Terkait Kasus Dugaan Suap PAW, KPK Cegah Yasonna dan Hasto ke Luar Negeri
Berita Lainnya

1

Anggota Komisi 2 DPRD Jabar Imbau Masyarakat Aware Terhadap Konsumsi Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Aktivitas Kawah Sileri Gunung Dieng Meningkat, Masyarakat dan Wisatawan Tidak Masuki Wilayah Radius 500 Meter

4

Gunung Mas Group (GMG) dan LKP Bina Ilmu Gelar Pelatihan Operator Dump Truck ke-2 yang Didukung Disnakertrans Malut

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Saluran Induk Pipa Air PDAM Bocor
Saluran Induk Pipa Air PDAM Bocor, Ini Kata PDAM
Legislator Minta Perusahaan Penumpah Zat Kimia di Padalarang Diberi Sanksi Berat
Legislator Minta Perusahaan Penumpah Zat Kimia di Padalarang Diberi Sanksi Berat!
Gabriel Martinelli Bisa Jadi Opsi Arsenal Ganti Bukayo Saka
Gabriel Martinelli Bisa Jadi Opsi Arsenal Ganti Bukayo Saka
Manchester United Siapkan Pengganti Rashford
Manchester United Siapkan Pengganti Rashford

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.