Sebarkan Informasi Kepemiluan, KPU Kolaborasi dengan TikTok

Penulis: Aak

(Ilustrasi: Eraspace).
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

JAKARTA,TM.ID: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan pengelola aplikasi media sosial TikTok jalin kerjasama untuk penyebaran informasi seputar Pemilu 2024, yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU).

KPU RI ternyata telah mengetahui data bahwa lebih dari 50 persen pemilih Pemilu 2024 merupakan pemilih muda. Dapat diasumsikan bahwa gaya komunikasi dan pilihan media yang digunakan para pemilih muda ini merupakan pengguna aktif media sosial, termasuk TikTok yang di dalamnya banyak memuat berbagai macam informasi.

“Dalam riset-riset yang kami baca, di antaranya yang populer diakses itu adalah TikTok. Oleh karena itu, menjadi sesuatu yang strategis ketika KPU bekerja sama dengan TikTok untuk menyebarluaskan perkembangan informasi kepemiluan,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari  di Kantor KPU RI, Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (15/11/2023).

Berpijak pada MoU tersebut, Hasyim berharap TikTok menyiapkan strategi kebijakan internalnya untuk mencegah penyebaran disinformasi, hoaks, atau fitnah, khususnya mengenai konten-konten kepemiluan.

Diharapkan, kata Hasyim, TikTok menjadi penyaring sekaligus penerang apabila ada informasi miring. Dengan begitu, para pengguna tidak terombang-ambing atau bingung dengan konten yang menyesatkan tersebut.

“Kalau ada informasi yang miring-miring, enggak benar, itu TikTok menjadi bagian yang memublikasikan, menginformasikan tentang ‘Informasi yang benar itu si ini, bukan yang itu’ sehingga orang tidak terombang-ambing, tidak bingung,” harap Hasyim.

BACA JUGA: Jourdan Louise Populerkan Cara Kreatif Berdonasi untuk Palestina Lewat TikTok

Dikatakan, KPU mendapat mandat untuk menyampaikan perkembangan informasi positif mengenai penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat.

Informasi positif tersebut yang bisa mendorong keyakinan masyarakat bahwa pemilu dilaksanakan dengan berkualitas, berintegritas, dan demokratis.

“Oleh karena itu, tentu pilihan metode, pilihan media, menjadi sesuatu yang strategis, untuk menyampaikan pesan-pesan kepemiluan ke publik,” tambahnya.

Faris Mufid , selaku Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia menegaskan, TikTok secepatnya akan meluncurkan informasi pemilu dari KPU.  Informasi tersebut akan dipublikasikan selama tiga bulan masa kampanye sampai Februari 2024.

“Nah, itu yang jadi wadah bagi penggunapengguna kami untuk mengakses info-info kepemiluan,” ujar Faris.

 

(Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Kemenhub Kaji Reaktivasi Husein
Dilema Bandara, Kemenhub Kaji Reaktivasi Husein, Bandung Desak Akses Udara Dipulihkan
Film Jalan Pulang
Daftar Pemain Film Jalan Pulang yang Kini Tembus 1 Juta Penonton
Juventus vs Manchester City
Prediksi Skor Juventus vs Manchester City Piala Dunia Antarklub 2025
Jenazah Pendaki Brasil Juliana Marins Akan Diautopsi di Bali
Ungkap Penyebab Kematian, Jenazah Pendaki Brasil Juliana Marins Akan Diautopsi di Bali
Wamendagri Bima Arya Minta Ormas Terlibat Kriminal Dibubarkan
Wamendagri Bima Arya Minta Ormas Terlibat Kriminal Dibubarkan!
Berita Lainnya

1

Ida Fauziyah: PKB Lahir dari Rahimnya NU

2

SPMB SD di Bandung Diatur Ketat, Sekolah Pastikan Tidak Ada Biaya Tambahan

3

Gugat Balik Rp105 Miliar, Ridwan Kamil Tempuh Jalur Hukum Lawan Lisa Mariana

4

Bandara Husein Belum Tutup! Tetap Aktif Layani Penerbangan Reguler, Militer, dan Siap Sambut Rute Baru

5

Satgas PASTI Daerah Jawa Barat Imbau Masyarakat Waspadai Modus Penipuan dan Penawaran Investasi Tanpa Izin
Headline
Farhan Desak Reaktivasi Bandara Husein untuk Segera Dibuka!
Farhan Desak Reaktivasi Bandara Husein untuk Segera Dibuka!
evakuasi wni dari iran
Kemenlu Masih Belum Berhasil Evakuasi Ratusan WNI dari Iran
Farhan Wajibkan ASN Bandung Kerja Penuh dari Kantor
Work From Didieu! Farhan Wajibkan ASN Bandung Kerja Penuh dari Kantor
longsor cisewu garut
Longsor di Cisewu Garut, Satu Keluarga Tewas Tertimbun Tanah

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.