Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Pasar Rembiga Kota Mataram Dioptimalkan Jadi Pasar Malam

Foto - Web -

Bagikan

MATARAM,TM.id : Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Uun Pujianto mengatakan keberadaan Pasar Rembiga akan dioptimalkan menjadi pasar malam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kota itu mulai Januari 2023 mendatang.

“Berbagai persiapan seperti pembuatan los, lapak, dan gerobak untuk pedagang sudah selesai kami siapkan dengan anggaran sekitar Rp190 juta,” katanya di Mataram, Jumat (23/12/2022).

Dikatakannya, pedagang di pasar malam ini selain menjual kuliner juga menjual berbagai kebutuhan pokok masyarakat seperti pasar tradisional pada umumnya yang menjual sembako dan lainnya.

Hanya saja, Pasar Rembiga ini dibuka sampai malam sebagai alternatif dan memudahkan masyarakat mencari kebutuhan pokok saat malam.

“Jika ibu-ibu pagi tidak bisa ke pasar karena harus bekerja, pasar malam Rembiga bisa jadi solusi untuk berbelanja berbagai kebutuhan,” katanya.

Terkait dengan itu, lanjutnya, Kepala Pasar Rembiga sedang melakukan seleksi terhadap pedagang yang ingin berjualan di lapak yang telah disiapkan, dengan ketentuan mereka harus aktif berjualan. “Jika tidak aktif, lapak bisa kami pindah ke pedagang lain yang mau berjualan di pasar malam,” katanya.

Menurutnya, apabila pasar malam ini bisa berjalan dengan baik, tidak menutup kemungkinan Pasar Rembiga akan dibuka 24 jam seperti di daerah-daerah Pulau Jawa, sehingga dapat mengoptimalkan aset yang ada serta pendapatan daerah. “Tidak seperti sekarang ini pukul 10.00 Wita atau 11.00 Wita pasar sudah sepi,” katanya.

Ia menambahkan, Pasar Rembiga merupakan salah satu dari 19 pasar tradisional di Kota Mataram, hanya saja keberadaannya kurang efektif karena berada di belakang rumah toko (ruko).

Bahkan jumlah pedagang di Pasar Rembiga saat pagi hanya 29 orang sehingga retribusi yang dapat dalam sehari hanya sekitar Rp120 ribu.

Terkait dengan itu, lanjut Uun, konsep Pasar Rembiga menjadi pasar malam diharapkan bisa mengoptimalkan fungsi Pasar Rembiga sebagai pusat transaksi masyarakat.

Potensi Pasar Rembiga ada pada sore hari terutama pada bagian depan utara. Pada waktu sore lapak Pasar Rembiga dipenuhi pedagang makanan, seperti sate, urap, dan jajanan tradisional lainnya.

“Potensi itulah yang ingin kami kembangkan agar Pasar Rembiga tetap ramai dari sore hingga malam. Pasar Rembiga akan jadi pasar malam kuliner dan sembako,” katanya.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
Ketika orang meninggal
6 Jenis Bunga Lambang Kematian di Berbagai Negara
Desa Wisata Cemaga Tengah
Bangga, Desa Wisata Cemaga Tengah Kepri Lolos 50 Besar ADWI!
Auto Liker TikTok
Auto Liker TikTok, Jurus Tingkatkan Jumlah Likes Gratis
bp tapera
Gaji ASN dan Swasta Dipotong 3% untuk BP Tapera, Apa Manfaatnya?
Rembug Bedas, program prioritas bupati bandung
Bupati Bandung Paparkan 13 Program Prioritas, di Antaranya BPJS Kesehatan
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Berapa Bayaran Avenged Sevenfold Sekali Manggung?

3

Tagar All Eyes on Rafah Trending, Ini Penyebabnya!

4

bank bjb Umumkan Pemenang bjbpreneur 2024 dalam Momen HUT 63

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
nembak SIM (1)
Bakal Tak Ada Celah Nembak SIM Lagi, Ini Strategi dari Polisi
SIM C1
Polri Resmi Terbitkan SIM C1 untuk Pengendara Motor 250-500cc
Tolak RUU Penyiaran
Ratusan Jurnalis Bandung Demo di DPRD Jabar, Tolak RUU Penyiaran
UKT PTN 2024
Kenaikan UKT Dibatalkan! PTN Harus Kembalikan Kelebihan Pembayaran