10 Mobil Hyper Car Terbuas di Dunia, Mana yang Terkencang?

hyper car
(Dok.Koenisegg)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Meskipun dari sekian banyak produsen otomotif merilis berbagai segmen dan jenis mobil, hanya beberapa merek yang menghasilkan mobil dengan performa luar biasa dan ekslusif, yang disebut dengan hyper car.

Dalam garapan hyper car ini, beberapa produsen otomotif berlomba untuk merancang mobil tercepat di dunia dan harganya pun pastinya tidak murah.

Penasaran mobil apa saja yang berkategori hyper car ini? Melansir berbagai sumber, berikut deretan mobil hyper car yang ada di dunia:

mobil hyper car
(Dok.Hennesey)

1. SSC Tuatara

SSC Tuatara merupakan salah satu mobil tercepat di dunia. Hyper car yang dirancang oleh Jason Castriota ini dari tuner Shelby Super Car (SSC) di Amerika Utara. Mobil tersebut rilis pada Februari 2020 lalu  dengan harga US$2 juta atau setara dengan Rp30 miliar.

BACA JUGA: Volkswagen Hadirkan Golf GTI Clubsport Terbaru, Rasa Mobil Balap!

SSC Tuatara mampu berlari hingga kecepatan maksimal 295 mph atau setara dengan 474,45 km/jam. Mobil ini memiliki jantung pacu mesin V8 berkapasitas 5.900 cc.

2. Bugatti Chiron Super Sport 300+

Mobil asal Perancis ini menjadi mobil tercepat untuk saat ini. Kecepatan maksimal dari Chiron Super Sport 300+ mencapai 304,77 mph atau setara dengan 490,47 km/jam. Chiron Super Sport merupakan pembaruan dari Bugatti Chiron dengan body yang desain baru dan lebih aerodinamis.

Chiron Super Sport pertama kali rilis pada Agustus 2019. Mobil yang tercipta dari Achim Anscheidt ini memiliki harga sebesar US$3,9 juta atau setara dengan Rp56 miliar. Meskipun demikian, mobil ini hanya terbatas sebanyak 30 unit saja.

3. Hennessey Venom F5

Venom F5 merupakan hyper car yang dari Hennessey Special Vehicles. Hennessey sendiri merupakan salah satu manufaktur kendaraan di Amerika Serikat. Nama F5 sendiri teradaptasi dari nama tornado terkuat di skala Fujita, yaitu tornado F5.

Mobil ini mampu meraih kecepatan maksimal 310,7 mph, atau setara dengan 500 km/jam.

4. Koenigsegg Agera RS

Agera RS pertama kali melantai di Geneva Motor Show 2015.  Meluncur pada tahun 2015 hingga 2018, mobil ini menggunakan bahan bakar utama hayati. Agera RS hanya terdapat 25 unit dengan harga US$4,1 juta atau setara dengan Rp58,5 miliar.

Melihat dari tampilan eksterior, mobil ini identik dengan pendahulunya, yaitu Agera R. Perbedaan utama terletak dari penggunaan bodi yang lebih ringan. Menggendong dengan mesin V8 Turbo berkapasitas 5.000 cc, tenaga yang tersalurkan cukup besar, yaitu 1.341 hp. Koenigsegg Agera RS mampu meraih kecepatan maksimal 277,8 mph atau setara dengan 447,19 km/jam.

5. Bugatti Veyron Super Sport

Veyron merupakan pendahulu dari Bugatti Chiron yang saat ini beredar. Nama Veyron dari jenamaan Prancis ini merupakan bentuk penghormatan kepada Pierre Veyron, insinyur pengembang Bugatti yang memenangkan balapan 24 Hours of Le Mans pada 1939. Meskipun sudah tersuntik mati, Bugatti Veyron Super Sport merupakan salah satu mobil tercepat yang pernah ada.

Memiliki tampang khas milik Bugatti, Veyron Super Sport melengkapi dengan mesin 8.000 cc dengan quad turbo. Dengan bentuk yang aerodinamis dan mesin buas, mobil ini mampu menyentuh kecepatan 267 mph atau setara dengan 429,69 km/jam.

Mobil ini tersedia dengan limit hanya 30 unit dengan harga US$2,4 juta atau setara dengan Rp36 miliar.

6. Koenigsegg Agera R

Generasi sebelum Koenigsegg Agera RS ini menjadi salah satu mobil tercepat. Agera R mampu berlari dengan kecepatan maksimal 273 mph atau setara dengan 439,35 km/jam. Dapur pacunya dengan mesin V8 berkapasitas 5.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.124 hp.

Koenigsegg Agera R pertama kali meluncur pada Geneva Motor Show Maret 2011 silam. Mobil ini punya pembaharuan pada tahun 2012 dengan ubahan pada roda serat karbon, mesin, serta peningkatan aerodinamika.

7. Bugatti Chiron

Selain Veyron Super Sport, Bugatti juga memiliki mobil yang masuk ke dalam daftar mobil tercepat di dunia, yaitu Bugatti Chiron. Versi standar dari Chiron Super Sport ini memiliki mesin 16 silinder berkapasitas 8.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 1.479 hp. Mobil ini mampu menempuh kecepatan maksimal 261 mph, atau setara dengan 420 km/jam.

Bugatti Chiron sendiri pertama kali terbit pada tahun 2018. Mobil yang menggantikan eksistensi Veyron ini memiliki banderol harga US$3 juta atau setara dengan Rp42 miliar.

8. Koenigsegg CCR

Sebelum hadirnya Bugatti Veyron, Koenigsegg pernah meluncurkan mobil tercepat, yaitu Koenigsegg CCR. Mobil hypercar buatan Koenigsegg ini memiliki mesin V8 berkapasitas 4.700 cc twin supercharger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 807 hp dengan torsi 920 Nm. Koenigsegg CCR sanggup berlari dengan kecepatan maksimum 388 km/jam.

9. Hennessey Venom GT

Venom GT merupakan mobil buatan Hennessey Performance Engineering dengan sentuhan John Hennessey dan Don Goldman. Meskipun belum diketahui banyak orang, mobil ini merupakan salah satu mobil tercepat yang pernah diproduksi. Hennessey Venom GT hanya tersedia 13 unit dan dijual dengan harga US$1,25 juta atau setara dengan Rp18,6 miliar.

Mobil hypercar asal Texas, Amerika Serikat ini memiliki mesin berkapasitas 7.000 cc twin turbo yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 1.244 hp. Mobil ini mampu berlari hingga kecepatan 270,49 mph atau setara dengan 435,31 km/jam.

Dengan mesin yang kencang, mobil ini mampu meraih 0-300 km/jam hanya dalam waktu 13,63 detik.

10. Jesko

Satu lagi mobil Koenigsegg yang termasuk ke dalam mobil tercepat, yaitu Koenigsegg Jesko. Hypercar asal Swedia ini pertama kali diluncurkan pada Geneva Motor Show 2019. Mesin V8 yang disematkan pada Jesko mampu mengeluarkan tenaga sebesar 1.600 hp jika menggunakan biofuel E85, atau 1.280 hp jika menggunakan mesin biasa.

Dengan mesin V8 yang dirancang memiliki poros engkol teringan di dunia, mobil ini mampu berlari dengan kecepatan tertinggi 300 mph, atau setara dengan 482,8 km/jam.

 

(Saepul/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
PIN Polio 2024
Apa Syarat Vaksin PIN Polio 2024 ? Cek Dulu!
Politikus Demokrat Adi Arief Dikabarkan jadi Komisaris PLN
Politikus Demokrat Adi Arief Dikabarkan jadi Komisaris PLN
Kena Hujat Wanda Hara
Gegara Wanda Hara, "Circle" Mamah Gigi Dirujak Netizen
haval jolion hev
Haval Jolion HEV Dijual di GIIAS 2024, Harga Masuk Akal dari Corolla Cross
eksploitasi seksual anak
Bareskrim Ungkap Cara Pelaku Jajakan Korban Kasus Eksploitasi Seksual Anak
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Link Nonton Film Bad Boys: Ride or Die Sub Indo Anti Ngantri!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Singapura Menjadi Destinasi Ramah Muslim Terbaik di Antara Negara Non-OKI

5

Link Streaming Indonesia U19 Vs Timor Leste Piala AFF U19 2024, Selain Yalla Shoot
Headline
anies baswedan ahok
Media Asing Soroti 'Pertarungan' Anies vs Ahok di Pilkada DKI
roti okko
Roti Okko Ditarik dari Pasar, Imbas Temuan Natrium Dehidroaseta
Hamzah Haz meninggal dunia
BREAKING NEWS: Mantan Wapres Hamzah Haz Meninggal Dunia
layanan pajak NIK
NIK Resmi Ganti NPWP, Ini 28 Layanan Pajak yang Bisa Diakses Masyarakat