MIND ID Kejar Target Hilirisasi Mineral Timah

Foto- Web -

Bagikan

JAKARTA, TM.id : Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bidang Pertambangan, MIND ID terus mendorong program hilirisasi nasional.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan, salah satu realisasi program hilirisasi tersebut adalah pembangunan Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace oleh PT Timah Tbk sebagai upaya untuk mendorong hilirisasi mineral timah.

“Kami bersama-sama memetakan dan memikirkan seluruh produksi komoditas tambang ini hingga menjadi produk hilirisasinya, agar benefit dan manfaatnya bisa dimaksimalkan untuk bangsa Indonesia,” ujar Hendi, melansir Antara, Minggu (25/12/2022).

Upaya ini, jelas Hendi, dilakukan agar hilirisasi yang tadinya hanya bisa mengolah konsentrat bijih timah kadar tinggi (>70 persen), nantinya dapat mengolah konsentrat bijih timah dengan kadar rendah mulai dari 40 persen Sn.

Teknologi ini juga mampu menekan biaya produksi sehingga lebih bisa bersaing dengan produk timah internasional, lebih aman serta ramah lingkungan karena dilengkapi dengan Hygiene Sistem dan Wastewater Treatment.

Untuk mendukung pelaksanaan energi hijau, MIND ID melalui PT Inalum (Persero) juga telah menggunakan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sebagai energi primer dalam seluruh pengolahan produksi aluminium.

Saat ini, PT Inalum juga sedang menjalankan studi untuk pengembangan perluasan Brownfield Smelter yang berada di Kuala Tanjung, Sumatera Utara, yang hasilnya diharapkan dapat menduplikasi produksi.

“Dengan konsumsi energi yang sama, teknologi smelter ini dapat menghasilkan double capacity per tahun. Hal ini juga sebagai bentuk keandalan dan ketersediaan kebutuhan aluminium nasional,” katanya.

Berbagai inovasi tersebut, juga menjadi salah satu pemicu MIND ID mendapatkan apresiasi sebagai 30 perusahaan yang mampu mengubah dunia versi majalah Fortune (Fortune Indonesia Change The World 2022).

“Terima kasih untuk semua anggota Grup MIND ID yang telah berkomitmen untuk mempercepat program hilirisasi di Indonesia. Harapannya agar apa yang kita kerjakan sekarang memberi manfaat yang maksimal untuk bangsa Indonesia,” kata Hendi.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
Iduladha 2024
Tentukan Bulan Zulhijah dan Iduladha 2024, Ini Alur Sidang Isbat Kemenag
konser dua lipa
Dua Lipa Bakal Konser di Jakarta pada 9 November 2024
Manfaat Daun Talas
7 Manfaat Konsumsi Daun Talas untuk Kesehatan, Bisa Optimalkan Jantung
korupsi pt timah
Kejagung: Kerugian Korupsi PT Timah Tembus Rp300 Triliun!
all eyes on rafah
Tagar All Eyes on Rafah Kembali Menggema di Media Sosial
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Tagar All Eyes on Rafah Trending, Ini Penyebabnya!

3

bank bjb Umumkan Pemenang bjbpreneur 2024 dalam Momen HUT 63

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Berapa Bayaran Avenged Sevenfold Sekali Manggung?
Headline
Bambang Gatot Ariyono
Mantan Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyanto Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah
Istri Habib Luthfi
Istri Habib Luthfi Meninggal Dunia
serangan di rafah
Pembantaian di Rafah Tak Hentikan AS Kirim Senjata ke Israel
Timnas Putri Kalahkan Singapura
Timnas Putri Kalahkan Singapura 5-1, Satoru Mochizuki: Senang