JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Peluncuran Yamaha Nmax Turbo, yang digadang akan mengadopsi teknologi turbo, mengejutkan banyak orang karena tidak ada komponen turbo yang tersemat pada mesin berkapasitas 155 cc-nya.
Justru, Yamaha memilih untuk mengandalkan sistem kerja CVT yang tidak lagi menggunakan gaya sentrifugal roller di puli untuk mengatur keluarnya tenaga mesin ke roda.
Sebaliknya, Yamaha menggunakan sistem mekanis yang dapat diatur menggunakan sensor khusus.
Maksud Turbo pada Nmax Turbo
Bentuk sistem kerja mekanis CVT pada Yamaha Nmax Turbo sangat berbeda dengan sistem CVT yang saat ini banyak digunakan.
Menurut pabrikan dengan logo garpu tala ini, teknologi ini adalah yang paling pas untuk memberikan sensasi komponen turbo pada mesin berkapasitas kecil. Dengan demikian, meski kapasitas mesin tetap sama, pencapaian tenaga terasa lebih cepat.
BACA JUGA: Skema Kredit Terendah Honda BeAT 2024, Cicilan Ringan!
“Yamaha sejak awal melahirkan produk-produknya di Indonesia, selalu identik dengan motor yang punya performa terbaik. Konsen Kami untuk memberikan sensasi lebih baik meski menggunakan kapasitas mesin yang kecil melahirkan inovasi terkini seperti yang ada di Nmax Turbo ini. Dan ini adalah produk motor matik pertama yang menggunakan teknologi ini di sistem penggerak rodanya,” ujar Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dionisius Beti dalam peluncurannya di Double Tree Hotel, Jakarta, Rabu (12/6/2024).
Mengandalkan Mesin 155CC
Keunggulan utama yang menjadi daya tarik dari motor ini adalah penggunaan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang telah teruji andal, kuat, dan memiliki torsi merata di setiap putaran mesin sehingga mampu mendukung berbagai macam kebutuhan mobilitas.
Dengan sentuhan pembaruan di sektor jantung pacu, motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW pada 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 Rpm.
Yamaha Nmax Turbo hadir dengan desain yang elegan dan ergonomis, memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara. Posisi duduk yang nyaman dan ruang kaki yang luas membuat perjalanan jarak jauh tidak melelahkan.
Desain bodi yang aerodinamis juga membantu dalam mengurangi hambatan angin, meningkatkan efisiensi bahan bakar dan stabilitas saat berkendara.
Motor ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang membuat pengalaman berkendara lebih menyenangkan dan aman. Beberapa fitur unggulan yang disematkan pada Yamaha Nmax Turbo antara lain:
- Panel Instrumen Digital: Menampilkan informasi penting seperti kecepatan, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, dan lainnya dengan jelas dan mudah dibaca.
- Sistem Pengereman ABS: Meningkatkan keamanan dengan mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak.
- Lampu LED: Penerangan maksimal dengan konsumsi daya yang lebih efisien.
- Smart Key System: Memudahkan pengendara dalam menghidupkan mesin tanpa harus menggunakan kunci konvensional.
Sistem kerja CVT baru pada Yamaha Nmax Turbo memberikan efisiensi dan performa yang tinggi. Dengan menggunakan sistem mekanis yang dapat diatur oleh sensor khusus, motor ini mampu mengoptimalkan tenaga mesin secara lebih efektif.
Hasilnya adalah akselerasi yang lebih responsif dan tenaga yang lebih besar dirasakan pada putaran mesin yang lebih rendah.
Inovasi pada sistem CVT ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan nyaman. Transisi antar gigi menjadi lebih lancar, mengurangi getaran dan suara bising yang biasanya muncul pada sistem CVT konvensional.
Hal ini membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan, baik untuk perjalanan sehari-hari maupun perjalanan jarak jauh.
(Saepul/Aak)