KAI: Ada Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun

Penulis: usamah

Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun
Ilustrasi-Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun (tripadvisor)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

JAKARTA,TM.ID: Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, PT Kereta Api Indonesia atau KAI meluncurkan asisten virtual berupa avatar chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) generatif yang hadir dalam medium TV display vertical di sejumlah stasiun. Asisten virtual ini dapat merespons pertanyaan pelanggan secara real time melalui suara ataupun teks.

Lebih lanjut Palapa menjelaskan, Asisten virtual ini memanfaatkan teknologi Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Service Microsoft dengan karakter avatar bernama Nilam. Nilam dapat diaktifkan dengan sentuhan maupun suara dan tersedia di Stasiun Gambir Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, serta Stasiun Surabaya Guben sejak Jumat (22/12/2023).

“Setiap harinya, terdapat lebih dari 200 orang yang datang ke customer service stasiun untuk menanyakan informasi seputar kereta api, seperti ketersediaan tiket, informasi prosedur pembatalan tiket, atau informasi fasilitas yang ada di stasiun,” ujar Palapa seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (23/12/2023)

BACA JUGA: Beraktivitas di Rel Kereta Api Siap-siap Dipidana!

Menurut Palapa, pelanggan biasanya harus mengambil nomor antrean dulu dan menunggu giliran. Padahal, menurut dia, banyak pelanggan yang terburu-buru mengejar jadwal perjalanan. “Itulah sebabnya, kami meluncurkan asisten virtual Nilam yang dapat membantu meningkatkan jumlah layanan terhadap pelanggan di waktu bersamaan,” kata dia.

Ia menjelaskan, aktivasi layanan ini dapat dilakukan sesederhana dengan menyentuh layar atau melalui suara dengan mengucapkan ‘halo nilam’. Pelanggan selanjutnya bisa mengutarakan pertanyaan secara langsung atau mengetikkan teks pertanyaan di layar. Asisten virtual Nilam akan langsung memberikan jawabannya.

“Kami berharap, dengan adanya asisten virtual Nilam, para agen customer service kami bisa fokus melayani kebutuhan pelanggan yang lebih kompleks,” kata Hadis.

Asisten virtual Nilam juga memiliki kapabilitas multi-bahasa dari Azure OpenAI Service. Beberapa bahasa yang dapat digunakan selain Bahasa Indonesia yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, serta bahasa daerah seperti Bahasa Jawa dan Sunda.

Kehadiran asisten virtual Nilam hadir di Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng yang merupakan stasiun-stasiun kereta api terpadat di Indonesia. Ke depannya, asisten virtual ini diharapkan dapat hadir di stasiun-stasiun lainnya, dengan dukungan bahasa yang juga semakin bervariasi.

 

(Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
xiaomi mobil listrik
Mobil Listrik Xiaomi Belum Dijual Luas, Mungkinkah Masuk Indonesia 2027?
ferrari amalfi
Ferrari Amalfi Resmi Debut, Super Car Termurah Pabrikan Kuda Jingkrak!
UNIBI
UNIBI Gelar Kunjungan dan Kuliah Umum Internasional: From Hand to AI: Exploring the Evolution of Media Communication - From Tacit Knowledge to Explicit Knowledge
Amanda Manopo
Amanda Manopo Alami Pelecehan Saat Dikerubungi Fans
My Chemical Romance
My Chemical Romance Bakal Guncang Jakarta Mei 2026, Tiket Siap Diburu!
Berita Lainnya

1

Klarifikasi PT LIB Terkait Batalnya Keterlibatan Malut United dan Persebaya di ACC Cup 

2

Pelatih Persib Luapkan Isi Hatinya Yang Kurang Sreg Main di Piala Presiden

3

PSG Tantang Real Madrid di Semifinal Piala Dunia Antarklub 2025

4

The Klan Unity, Puncak Acara 37th Bikers Brotherhood 1%MC Indonesia

5

Dukung Akses Pendidikan Tinggi Bagi Putra-Putri Daerah Terbaik, PT Pertamina Hulu Indonesia Kembali Gulirkan Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan
Headline
Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi
Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Jadwal Penerbangan Kupang-Maumere Terdampak
Gempa Guncang Kabupaten Pangandaran Magnitudo 5,1 Tak Berpotensi Tsunami
Gempa Guncang Kabupaten Pangandaran Magnitudo 5,1 Tak Berpotensi Tsunami
Bangunan Enam Lantai di KBU Disegel, Diduga Langgar Izin dan Aturan Tata Ruang
Bangunan Enam Lantai di KBU Disegel, Diduga Langgar Izin dan Aturan Tata Ruang
Teras Cihampelas Dibongkar? DPRD Minta Kajian Menyeluruh dan Solusi Pengganti
Teras Cihampelas Dibongkar? DPRD Minta Kajian Menyeluruh dan Solusi Pengganti

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.