KAI: Ada Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun

[info_penulis_custom]
Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun
Ilustrasi-Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun (tripadvisor)
[galeri_foto] [youtube_embed]

Bagikan

JAKARTA,TM.ID: Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, PT Kereta Api Indonesia atau KAI meluncurkan asisten virtual berupa avatar chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) generatif yang hadir dalam medium TV display vertical di sejumlah stasiun. Asisten virtual ini dapat merespons pertanyaan pelanggan secara real time melalui suara ataupun teks.

Lebih lanjut Palapa menjelaskan, Asisten virtual ini memanfaatkan teknologi Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Service Microsoft dengan karakter avatar bernama Nilam. Nilam dapat diaktifkan dengan sentuhan maupun suara dan tersedia di Stasiun Gambir Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, serta Stasiun Surabaya Guben sejak Jumat (22/12/2023).

“Setiap harinya, terdapat lebih dari 200 orang yang datang ke customer service stasiun untuk menanyakan informasi seputar kereta api, seperti ketersediaan tiket, informasi prosedur pembatalan tiket, atau informasi fasilitas yang ada di stasiun,” ujar Palapa seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (23/12/2023)

BACA JUGA: Beraktivitas di Rel Kereta Api Siap-siap Dipidana!

Menurut Palapa, pelanggan biasanya harus mengambil nomor antrean dulu dan menunggu giliran. Padahal, menurut dia, banyak pelanggan yang terburu-buru mengejar jadwal perjalanan. “Itulah sebabnya, kami meluncurkan asisten virtual Nilam yang dapat membantu meningkatkan jumlah layanan terhadap pelanggan di waktu bersamaan,” kata dia.

Ia menjelaskan, aktivasi layanan ini dapat dilakukan sesederhana dengan menyentuh layar atau melalui suara dengan mengucapkan ‘halo nilam’. Pelanggan selanjutnya bisa mengutarakan pertanyaan secara langsung atau mengetikkan teks pertanyaan di layar. Asisten virtual Nilam akan langsung memberikan jawabannya.

“Kami berharap, dengan adanya asisten virtual Nilam, para agen customer service kami bisa fokus melayani kebutuhan pelanggan yang lebih kompleks,” kata Hadis.

Asisten virtual Nilam juga memiliki kapabilitas multi-bahasa dari Azure OpenAI Service. Beberapa bahasa yang dapat digunakan selain Bahasa Indonesia yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, serta bahasa daerah seperti Bahasa Jawa dan Sunda.

Kehadiran asisten virtual Nilam hadir di Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng yang merupakan stasiun-stasiun kereta api terpadat di Indonesia. Ke depannya, asisten virtual ini diharapkan dapat hadir di stasiun-stasiun lainnya, dengan dukungan bahasa yang juga semakin bervariasi.

 

(Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Cara Daftar Barak Militer
Pendaftaran Program Barak Militer Dedi Mulyadi di Depok Resmi Dibuka
mini jcw
Mini Luncurkan 5 Model Mobil Seri JCW di Inbdonesia, Paling Murah Berapa?
Fetty Anggraenidini
Fetty Anggraenidini Gelar Sesi Tanya Jawab Kilat Bersama Siswa SMA Cahaya Rancamaya
Hak Cipta Lesti Kejora
Pihak Lesti Kejora Buka Suara soal Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta
hq720 (7)
Google Luncurkan Veo 3 dan Imagen 4 di Google I/O 2025, Revolusi AI Pembuatan Visual Sinematik
Berita Lainnya

1

Ini Syarat dan Cara Daftarkan Anak ke Barak Militer

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Telkom University Purwokerto Gelar Pameran Poster Internasional Bertajuk “Posthuman Exhibition 2025"

4

Kunci Jawaban Perbedaan Gambar di Event Naruto x MLBB

5

Ida Fauziyah: PKB Lahir dari Rahimnya NU
Headline
Screenshot (186)
BREAKING NEWS! Jembatan Cijeruk Baleendah Ambruk Saat Ramai Dilintasi
Seorang Warga di Cikahuripan Lembang Diduga Terseret Longsor, Masih Dalam Pencarian
Seorang Warga di Cikahuripan Lembang Diduga Terseret Longsor, Masih Dalam Pencarian
Inter Milan
Link Live Streaming Como vs Inter Milan Penentuan Scudetto Selain Yalla Shoot
harimau sumatera pt wilmar
Merinding! Harimau Sumatera Mejeng di Areal PT Wilmar Dumai

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.