KAI: Ada Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun

Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun
Ilustrasi-Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun (tripadvisor)

Bagikan

JAKARTA,TM.ID: Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, PT Kereta Api Indonesia atau KAI meluncurkan asisten virtual berupa avatar chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) generatif yang hadir dalam medium TV display vertical di sejumlah stasiun. Asisten virtual ini dapat merespons pertanyaan pelanggan secara real time melalui suara ataupun teks.

Lebih lanjut Palapa menjelaskan, Asisten virtual ini memanfaatkan teknologi Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Service Microsoft dengan karakter avatar bernama Nilam. Nilam dapat diaktifkan dengan sentuhan maupun suara dan tersedia di Stasiun Gambir Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, serta Stasiun Surabaya Guben sejak Jumat (22/12/2023).

“Setiap harinya, terdapat lebih dari 200 orang yang datang ke customer service stasiun untuk menanyakan informasi seputar kereta api, seperti ketersediaan tiket, informasi prosedur pembatalan tiket, atau informasi fasilitas yang ada di stasiun,” ujar Palapa seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (23/12/2023)

BACA JUGA: Beraktivitas di Rel Kereta Api Siap-siap Dipidana!

Menurut Palapa, pelanggan biasanya harus mengambil nomor antrean dulu dan menunggu giliran. Padahal, menurut dia, banyak pelanggan yang terburu-buru mengejar jadwal perjalanan. “Itulah sebabnya, kami meluncurkan asisten virtual Nilam yang dapat membantu meningkatkan jumlah layanan terhadap pelanggan di waktu bersamaan,” kata dia.

Ia menjelaskan, aktivasi layanan ini dapat dilakukan sesederhana dengan menyentuh layar atau melalui suara dengan mengucapkan ‘halo nilam’. Pelanggan selanjutnya bisa mengutarakan pertanyaan secara langsung atau mengetikkan teks pertanyaan di layar. Asisten virtual Nilam akan langsung memberikan jawabannya.

“Kami berharap, dengan adanya asisten virtual Nilam, para agen customer service kami bisa fokus melayani kebutuhan pelanggan yang lebih kompleks,” kata Hadis.

Asisten virtual Nilam juga memiliki kapabilitas multi-bahasa dari Azure OpenAI Service. Beberapa bahasa yang dapat digunakan selain Bahasa Indonesia yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, serta bahasa daerah seperti Bahasa Jawa dan Sunda.

Kehadiran asisten virtual Nilam hadir di Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng yang merupakan stasiun-stasiun kereta api terpadat di Indonesia. Ke depannya, asisten virtual ini diharapkan dapat hadir di stasiun-stasiun lainnya, dengan dukungan bahasa yang juga semakin bervariasi.

 

(Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
jamie-vardy-leicester-city-celebrates-966857523-4258622712
Usia Hanya Angka, Jamie Vardy Samai Rekor Cristiano Ronaldo
Lionel Messi
Lionel Messi Dikecam Usai Aksi Kontroversial Terhadap Penggemar Meksiko
Selancar di Pantai Indonesia
6 Pantai di Indonesia dengan Ombak Terbaik untuk Selancar
Kelenteng Welahan Jepara
5 Fakta Menarik Kelenteng Welahan di Jepara
Jenis papan selancar
Pemula Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Papan Selancar Buat Hobi Surfing

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

P2MI: Penembakan WNI di Malaysia Tindakan Berlebihan

3

Kesulitan Akses SATUSEHAT Mobile, Cek Aplikasi Versi Terbaru!

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Agung Yansusan Tegaskan Stop Normalisasi Pakaian Seksi di Tempat Umum
Headline
Foto-Resmi-Riders-Pertamina-Enduro-VR46-Racing-Team
VR46 Ducati Pasang Target Tinggi di MotoGP 2025
ONIC Philippines
ONIC Philippines Raih Juara MLBB World Championship Challenge 2025
Radja Nainggolan Kokain
Pemain Keturunan Indonesia Radja Nainggolan Terjerat Kasus Kokain, Diringkus Polisi Belgia!
034383500_1436196449-Emilia_Contessa
Legenda Musik Indonesia Emilia Contessa Meninggal Dunia di Usia 68 Tahun

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.