KAI: Ada Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun

Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun
Ilustrasi-Asisten Virtual Berbasis AI di Sejumlah Stasiun (tripadvisor)

Bagikan

JAKARTA,TM.ID: Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa mengatakan, PT Kereta Api Indonesia atau KAI meluncurkan asisten virtual berupa avatar chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) generatif yang hadir dalam medium TV display vertical di sejumlah stasiun. Asisten virtual ini dapat merespons pertanyaan pelanggan secara real time melalui suara ataupun teks.

Lebih lanjut Palapa menjelaskan, Asisten virtual ini memanfaatkan teknologi Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Service Microsoft dengan karakter avatar bernama Nilam. Nilam dapat diaktifkan dengan sentuhan maupun suara dan tersedia di Stasiun Gambir Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, serta Stasiun Surabaya Guben sejak Jumat (22/12/2023).

“Setiap harinya, terdapat lebih dari 200 orang yang datang ke customer service stasiun untuk menanyakan informasi seputar kereta api, seperti ketersediaan tiket, informasi prosedur pembatalan tiket, atau informasi fasilitas yang ada di stasiun,” ujar Palapa seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (23/12/2023)

BACA JUGA: Beraktivitas di Rel Kereta Api Siap-siap Dipidana!

Menurut Palapa, pelanggan biasanya harus mengambil nomor antrean dulu dan menunggu giliran. Padahal, menurut dia, banyak pelanggan yang terburu-buru mengejar jadwal perjalanan. “Itulah sebabnya, kami meluncurkan asisten virtual Nilam yang dapat membantu meningkatkan jumlah layanan terhadap pelanggan di waktu bersamaan,” kata dia.

Ia menjelaskan, aktivasi layanan ini dapat dilakukan sesederhana dengan menyentuh layar atau melalui suara dengan mengucapkan ‘halo nilam’. Pelanggan selanjutnya bisa mengutarakan pertanyaan secara langsung atau mengetikkan teks pertanyaan di layar. Asisten virtual Nilam akan langsung memberikan jawabannya.

“Kami berharap, dengan adanya asisten virtual Nilam, para agen customer service kami bisa fokus melayani kebutuhan pelanggan yang lebih kompleks,” kata Hadis.

Asisten virtual Nilam juga memiliki kapabilitas multi-bahasa dari Azure OpenAI Service. Beberapa bahasa yang dapat digunakan selain Bahasa Indonesia yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, serta bahasa daerah seperti Bahasa Jawa dan Sunda.

Kehadiran asisten virtual Nilam hadir di Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Gubeng yang merupakan stasiun-stasiun kereta api terpadat di Indonesia. Ke depannya, asisten virtual ini diharapkan dapat hadir di stasiun-stasiun lainnya, dengan dukungan bahasa yang juga semakin bervariasi.

 

(Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Gondol kotak amal
Lawak! Niat Gondol Kotak Amal, 2 Pencuri di Sirnagalih Tasikmalaya Tinggalkan Motor Yamaha Aerox
Ancaman Pembunuhan Dedi Mulyadi
Dedi Mulyadi: Sekolah Barak Militer Buat Siswa Nakal Dimulai 2 Mei 2025!
motor murah
Daftar Motor Murah 2025, Masih Ada Harga Rp14 Jutaan!
Jaringan-10G-China-1874960934-696x464
Revolusi Internet Global, China Luncurkan Jaringan 10G Pertama di Dunia
mobil pajak
Daftar Mobil Pajak Tahunan Murah, Ada yang Cuma Rp 300 Ribuan!
Berita Lainnya

1

Link Live Streaming Barcelona vs Real Madrid Selain Yalla Shoot di Final Copa del Rey 2025

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Bupati Cirebon Luncurkan Program 'DAKOCAN'

5

Link Live Streaming Bournemouth vs Manchester United di Liga Inggris, Selain Yalla Shoot
Headline
Manchester United
Link Live Streaming Bournemouth vs Manchester United di Liga Inggris, Selain Yalla Shoot
Tim SAR Gabungan Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Wilayah Cianjur
Tim SAR Gabungan Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Wilayah Cianjur
Manchester City
Link Live Streaming Nottingham Forest vs Manchester City Selain Yalla Shoot
Gunung Semeru Kembali Erupsi, Kolom Abu Teramati 500 Meter dari Puncak
Gunung Semeru Kembali Erupsi, Kolom Abu Teramati 500 Meter dari Puncak

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.