BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Manor Lord, game pembangun kota abad pertengahan, telah mencapai pencapaian luar biasa dengan mencatatkan 2 juta penjualan dalam kurun waktu kurang dari tiga minggu sejak perilisan.
Data terbaru berasal dari penerbit Hooded Horse, yang mengeluarkan pujian untuk game akses awal ini karena berhasil membuat “debut sensasional” di berbagai platform seperti Steam, GOG, Epic Games Store, dan Microsoft Store.
Manor Lord dikembangkan oleh Slavic Magic dan berhasil mencuri perhatian sejak awal. Game ini menjadi sorotan setelah berhasil mengumpulkan lebih dari 3,2 juta daftar keinginan di Steam, memecahkan rekor platform tersebut. Bahkan, dalam waktu 24 jam setelah perilisan akses awal, Manor Lords telah mencapai 1 juta penjualan.
Tim Bender, salah satu pendiri dan CEO Hooded Horse, menyatakan kekagumannya terhadap kesuksesan yang diraih Manor Lords. “Sangat luar biasa melihat begitu banyak pemain yang tertarik dengan Manor Lords,” ujarnya. “Kami memiliki harapan yang cukup optimis, bahkan sedikit berlebihan, namun mencapai dua juta kopi Manor Lords dengan begitu cepat melebihi harapan kami.”
Kesuksesan Manor Lords dalam acara Steam Next Fest juga menjadi sorotan. Dalam wawancara dengan Game Developer, Bender menjelaskan bahwa Hooded Horse mulai memperkirakan kesuksesan Manor Lords setelah demo Steam Next Fest menerima sekitar 500.000 daftar keinginan selama acara berlangsung. Namun, jumlah daftar keinginan tersebut meningkat menjadi 800.000 dalam dua minggu menjelang peluncuran akses awal, berkat liputan media dan influencer yang semakin meningkat. Meskipun demikian, Bender menegaskan bahwa mereka tetap realistis dalam menghadapi situasi.
“Pada awalnya, kami tidak mengharapkan kesuksesan sebesar ini. Manor Lords mencapai puncak peluncuran yang lebih tinggi dibandingkan Total War: Warhammer III dan Civilization VI. Mengharapkan hal tersebut tentu terlalu berlebihan,” tambahnya.
Pada tanggal 11 Mei, Manor Lords mencatat tingkat konversi daftar keinginan seumur hidup sebesar 26 persen, sebuah metrik yang menunjukkan kesuksesan besar game ini. Meskipun demikian, Bender menekankan bahwa tujuan mereka adalah untuk membangun komunitas yang kuat dan berkelanjutan.
BACA JUGA:Ojol The Game: Simulasi Seru Menjadi Ojek Online
Bagi Bender, penting untuk membina komunitas yang berkualitas daripada sekadar mencari keuntungan jangka pendek. “Kami tidak keberatan jika para pemain menunggu diskon di masa depan. Yang terpenting adalah memastikan mereka merasa puas dengan pengalaman bermain Manor Lords,” katanya.
(Mahendra/Budis)