Dorong Dekarbonisasi, Pupuk Kaltim Tanam 12.000 Pohon

Foto - Antara -

Bagikan

JAKARTA,TM.ID : Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan, saat ini pihaknya menargetkan penanaman 12.000 pohon di area perusahaan melalui gagasan Employee Volunteering Initiation Program dalam rangka mendorong karbonisasi.

Menurut Rahmad, InFormAction merupakan wadah bagi karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim untuk turut berkontribusi dalam mendukung pelestarian lingkungan, terutama program Community Forest yang digagas Pupuk Kaltim dalam mendorong dekarbonisasi guna mencapai target net zero emission pada tahun 2060 melalui Nationally Determined Contribution (NDC).

“Melalui kegiatan Investing in Farming and Forest for Climate Action (InFormAction), seluruh karyawan didorong berperan aktif dalam mendukung perluasan community forest yang digiatkan perusahaan dengan turun langsung dalam upaya pelestarian lingkungan melalui penanaman hingga kesinambungan perawatan pertumbuhan berbagai jenis bibit yang ditanam,” ujar Rahmad dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (28/12).

Dalam rangka meningkatkan komitmen dalam mendorong dekarbonisasi, Pupuk Kaltim melalui gagasan Employee Volunteering Initiation Program dengan menanam 500 bibit pohon sekaligus pembukaan kebun buah di atas lahan seluas 1,5 hektare di area BTN Pupuk Kaltim.

Community forest merupakan wujud implementasi prinsip environment, social, and governance (ESG) yang diusung Pupuk Kaltim dalam meningkatkan kinerja keberlanjutan dengan target penanaman 10 juta pohon pada tahun 2030.

Sebanyak enam juta di antaranya fokus pada tanaman mangrove untuk merehabilitasi kawasan pesisir, serta empat juta lainnya melalui penanaman bibit pohon berbagai jenis buah-buahan.

Khusus untuk kawasan sekitar perusahaan, community forest yang diimplementasikan melalui InFormAction selama 2023, pihaknya menargetkan menanam 12.000 pohon yang terdiri atas berbagai jenis buah-buahan hingga tanaman langka kehutanan untuk meningkatkan upaya pelestarian keanekaragaman hayati.

“Program ini menjadi salah satu komitmen Pupuk Kaltim dalam mendukung program pemerintah untuk penurunan emisi karbon dan menjaga keberlanjutan lingkungan melalui pendekatan integratif, sekaligus upaya menekan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 26 persen,” kata Rahmad.

Kegiatan InFormAction ini dihadiri jajaran Direksi dan Dewan Komisaris Pupuk Kaltim serta Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi yang sekaligus melakukan penanaman perdana bibit bersama ratusan karyawan Pupuk Kaltim, Selasa (27/12).

BACA JUGA: Hadapi Isu Resesi Ekonomi Dunia, Sulbar Masifkan Komoditas Jagung dan Kedelai

Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi mengapresiasi gagasan community forest sebagai perwujudan prinsip ESG yang diusung perusahaan dalam mendorong keberlanjutan.

Budi menyebut hal itu sejalan arah pembangunan ke depan, yang ditekankan kepada green economy dengan mendorong berbagai potensi untuk perbaikan lingkungan dan penurunan emisi karbon.

“Dari program ini, potensi pertanian Indonesia juga dapat dikembangkan dengan mengoptimalkan lahan kritis maupun lahan tidur yang ada untuk kembali produktif. Hal ini mengingat pertanian merupakan salah satu sektor andalan yang harus kita tingkatkan dalam mendorong pembangunan secara berkelanjutan,” ujar Budi.

Diharapkan pula bahwa community forest dapat diadopsi dan diikuti oleh perusahaan lain di Indonesia, dalam hal ini prinsip ESG yang diimplementasikan Pupuk Kaltim dalam aktivitas bisnis merupakan wujud keberlanjutan yang menjadi keharusan untuk terus dikedepankan, sebagai tolok ukur kontribusi dunia industri terhadap lingkungan dan sosial.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Nobody 2
Keren, Timo Tjahjanto Debut Jadi Sutradara Film 'Nobody 2'
VOLKSWAGEN CHATGPT (1) (1)
Mobil Volkswagen Adopsi Kecerdasan ChatGPT, Manfaat Bagi Pengemudi
Julian Assange Pengungkap Kejahatan Perang Irak, B-Cover
Julian Assange Pengungkap Kejahatan Perang Irak, Bebas dari Penjara Inggris
Link streaming selain yalla shoot
Jangan Yalla Shoot, Ini Link Streaming Belanda Vs Australia Group D Euro 2024
JAM HONDA PCX 160 (2)
Setting Jam Honda PCX 160 Cara Simpel, Waktu Tetap Akurat
Berita Lainnya

1

Kalahkan Italia 1-0 Spanyol Lolos Babak Knockout Euro 2024

2

Travis Scott Ditangkap Lantaran Mabuk Berat dan Masuk Tanpa Izin

3

Resesi Seks China Makin Parah, Pemuda Rela Bayar AI Demi Dapat Pasangan

4

Fakta Baru Kematian Scott Weiland Diungkap Mantan Istri, Bukan Overdosis!

5

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Bromo
Headline
Tamayo Perry Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas
Tamayo Perry, Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas Diserang Hiu di Hawaii
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota bandung
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota Bandung Jadi Tersangka Korupsi Dana Bos Rp664 Juta
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate, Tolak Pemberlakuan Tarif Murah
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024 Imbas Cristiano Ronaldo Diserbu Fans Cilik