BANDUNG,TM.ID: Sparepart atau orderdil atau disebut juga suku cadang mempunyai batas masa pakai secara tertulis maupun tidak tertulis.
Salah satu aspek penting dalam perawatan mobil adalah pemahaman mengenai sparepart dan komponen yang memerlukan penggantian rutin.
Daftar Sparepart Mobil Harus Diganti Rutin
BACA JUGA: Pemula Wajib Tahu Komponen Instrument Panel HINO FM 260 JD Ini!
Melansir beberapa sumber, berikut adalah daftar sparepart mobil beserta fungsinya, serta komponen yang sebaiknya rutin diganti untuk menjaga performa kendaraan:
1. Sistem Mesin
a. Silinder Block
- Fungsi: Komponen utama pada mesin yang terbuat dari besi tuang atau aluminium.
b. Busi
- Fungsi: Meloncatkan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di akhir langkah kompresi.
c. Katup
- Fungsi: Membuka dan menutup ruang bakar sesuai proses yang terjadi di dalam silinder.
2. Sistem Kelistrikan
a. Baterai/Aki
- Fungsi: Sumber listrik dengan arus searah DC (Direct Current).
b. Relay
- Fungsi: Memutus dan menghubungkan arus secara elektrik.
c. Sekring
- Fungsi: Membatasi beban arus yang berlebihan dan mencegah kerusakan pada rangkaian.
3. Sistem Suspensi
a. Pegas
- Fungsi: Menyerap kejutan atau guncangan dan sebagai peredam roda agar tidak diteruskan ke bodi kendaraan.
b. Shock Absorber
- Fungsi: Meredam osilasi untuk kenyamanan berkendara.
c. Stabilizer Bar
- Fungsi: Mengurangi efek rolling bodi kendaraan dan memperbaiki sifat jalan belok.
4. Sistem Bahan Bakar
a. Pompa Bahan Bakar
- Fungsi: Mengisap dan menyalurkan bahan bakar ke bagian-bagian mesin.
b. Fuel Filter
- Fungsi: Menjaga kebersihan bahan bakar dan mencegah kerusakan.
5. Sistem Pengereman
a. Pedal Rem
- Fungsi: Digunakan oleh pengemudi untuk melakukan pengereman.
b. Rem Cakram
- Fungsi: Memberikan gaya pengereman pada roda depan.
c. Tuas Rem Tangan
- Fungsi: Mengerem roda belakang secara mekanis saat parkir.
6. Sistem Pengapian
a. Kunci Kontak
- Fungsi: Menghubungkan dan memutus arus/tegangan pada sistem pengapian.
b. Ignition Coil
- Fungsi: Mengubah tegangan rendah menjadi tegangan tinggi untuk loncatan bunga api.
c. Distributor
- Fungsi: Menghubungkan dan memutuskan arus pada rangkaian primer pengapian.
7. Sistem Pelumasan
a. Pompa Oli
- Fungsi: Mengisap dan menyalurkan oli ke bagian-bagian mesin yang bergerak.
b. Saringan Oli
- Fungsi: Menjaga kebersihan oli dan mencegah kerusakan pada mesin.
c. Sistem Pengaturan Tekanan
- Fungsi: Mengatur tekanan oli untuk menjaga tekanan konstan.
8. Sistem Pendinginan
a. Kantong Air
- Fungsi: Tempat bersirkulasinya air pendingin di dalam mesin.
b. Radiator
- Fungsi: Mendinginkan cairan pendingin setelah melalui saluran water jacket.
c. Reservoir
- Fungsi: Persediaan air dan menyeimbangkan volume air pendingin.
d. Kipas Pendingin
- Fungsi: Menambah pendinginan pada radiator
Dengan memahami fungsi dan jadwal penggantian sparepart mobil, pemilik dapat menjaga performa kendaraan dan meningkatkan umur pakai komponen. Perawatan rutin adalah kunci untuk menjaga mobilitas dan keamanan saat berkendara.
(Saepul/Usk)