BANDUNG,TM.ID: Debat Capres dan Cawapres yang disiarkan langsung di Gedung KPU pusat, Selasa (12/12/2023) menghadirkan pasangan calon presiden nomor urut 1, 2, dan 3.
Pada saat debat tersebut, yang menjadi sorotan adalah pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Pasangan nomor urut 2 ini selalu mencuri perhatian netizen dan selalu trending di media sosial terutama X Twitter.
Mengutip dari akun X twitter @Sociaremadia, bahwasanya data yang mentions Prabowo Subianto sekitar 71,6 ribu sedangkan Anies Baswedan sebanyak 61,2 dan Ganjar Pranowo mencapai sebanyak 43,7 ribu
Bukan hanya jumlah mention Prabowo juga memimpin jauh dalam jumlah konten yang terlihat dari media sosial. Seperti jumlah data tools Brand24 Prabowo unggul mencapai angka 68,9 ribu media sosial.
Sementara Anies Baswedan hanya 35,1 rebu dan Ganjar Pranowo hanya sekitar 25,3 ribu.
Prabowo tidak hanya mendominasi di media sosial, tapi juga mencatat keunggulan di portal berita.
Dengan menggunakan parameter reach dari Brand24, Prabowo Subianto memimpin dengan angka 7,3 juta, disusul Anies Baswedan (3,9 juta) dan Ganjar Pranowo (3,5 juta).
Ini menunjukkan bahwa tidak hanya netizen, tapi juga pemirsa portal berita tertarik pada Prabowo.
Dominasi di Google Trends
Pantauan terakhir kami melalui 'Google Trends' menunjukan, apabila melihat kurva yang disajikan oleh Google Trends, kurva Prabowo-Gibran kian memimpin sejak berlangsungnya debat, hingga pukul 11.30 pagi ini. pic.twitter.com/DdY3MM4iyU
— Sociare Media (@SociareMedia) December 13, 2023
Pencarian kata kunci melalui Google Trends juga menjadi bagian penting dalam mengukur popularitas calon presiden.
Prabowo-Gibran terlihat konsisten memimpin sejak dimulainya debat hingga pantauan terakhir pada Rabu, 13 Desember 2023, pukul 11.30 WIB.
Data ini menegaskan bahwa Prabowo Subianto adalah calon yang paling tercari di mesin pencarian.
Strategi Konten yang Efektif
Untuk mencapai dominasi ini, strategi konten Prabowo-Gibran patut terapresiasi. Menghadirkan konten yang relevan dan menarik secara konsisten membuatnya mendapat perhatian tidak hanya dari pemilih potensial, tetapi juga dari berbagai media.
Debat Capres
Dalam perhelatan debat Capres, Prabowo tidak hanya memimpin dalam angka mention, tapi juga berhasil menjadi perbincangan utama.
Hal ini memberikan gambaran bahwa performa Prabowo dalam debat memiliki dampak positif terhadap citra dan popularitasnya.
BACA JUGA : Budiman Blak-blakan, Alasan Prabowo Enggan Serang Balik Lawan Debat
Program Bebas Komen ANTV
Selain itu, dukungan dari ANTV dengan program Bebas Komen turut berkontribusi dalam mempertahankan ketertarikan publik terhadap Prabowo.
Program ini tidak hanya memberikan hiburan melalui sketsa lucu, tetapi juga menciptakan interaksi positif terhadap calon presiden.
Sponsorship Le Minerale
Tidak hanya mengandalkan popularitas, Prabowo juga mendapatkan dukungan dari Le Minerale sebagai sponsor.
Kemitraan ini tidak hanya mencakup debat Capres, tetapi juga terlihat dalam program Bebas Komen ANTV.
Strategi ini membuktikan bahwa kolaborasi dengan merek terkenal dapat meningkatkan visibilitas dan citra positif.
(Hafidah/Budis)