BANDUNG,TM.ID: Toyota merencanakan langkah ambisius dengan memproduksi Avanza Hybrid. Menjadi mobil sejuta umat, Avanza telah mampu bersaing dengan rivalnya seperti Honda Brio dan Mitsubishi Xpander.
Dengan menghadirkan versi Avanza hybrid, Toyota berharap mampu merangsang adopsi teknologi ramah lingkungan di pasar otomotif Tanah Air.
Saat ini, Toyota Indonesia telah memasarkan beberapa varian kendaraan hibrida, termasuk Yaris Cross Hybrid dan Kijang Innova Zenix Hybrid, yang diproduksi secara lokal. Keputusan untuk menghadirkan Avanza versi hybrid akan memperkaya lineup mobil hibrida di Indonesia.
BACA JUGA: Daftar Harga Mobil Bekas Rp80 Jutaan, Avanza hingga Innova!
“Kami mulai dari Kijang Innova, booming. Dan kemudian B SUV (Yaris Cross). Nanti kami akan model mobil sejuta umat itu lah yang akan kami lakukan (menjadi hybrid). Jadi kita kan ingin semakin banyak orang berperan,” kata Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto dalam acara Indonesia Sustainability Forum (ISF), Jakarta dikutip Selasa (12/9/2023).
Toyota telah mengalami kesuksesan dengan penjualan Yaris Cross Hybrid yang mencapai lebih dari 1.000 unit hanya dalam dua minggu setelah diluncurkan. Mobil ini juga telah mendominasi pasar mobil hibrida di Indonesia dengan memegang hampir 80% porsi pasar.
Langkah serupa terlihat pada Kijang Innova Zenix Hybrid yang berhasil mencatatkan penjualan tertinggi di kategori mobil hibrida selama semester pertama tahun 2023, dengan angka penjualan mencapai 9.262 unit.
Yaris Cross Hybrid dan Kijang Innova Zenix Hybrid menggunakan mesin hybrid dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder. Kedua mesin ini dilengkapi dengan mode EV dan transmisi CVT yang membuatnya efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.
“Kami akan terus kembangkan model hybrid lainnya, sehingga sebagian besar masyarakat terlibat dalam kegiatan yang hijau ini,” ucap Nandi.
Keputusan Toyota untuk menghadirkan Avanza versi hybrid diharapkan dapat merangsang minat konsumen dalam mobil ramah lingkungan dan memperkuat posisi Toyota di pasar Indonesia. Dengan langkah ini, Toyota semakin menegaskan komitmennya untuk mengembangkan teknologi hijau dan memajukan industri otomotif Indonesia menuju masa depan yang berkelanjutan.
(Dist)