Apakah Self Love Searti dengan Egois? Simak Penjelasannya dari Psikolog Febria Ini

foto - Web -

Bagikan

JAKARTA, TM.Id : Jangan sampai salah memaknai, self-love atau berbuat baik pada diri sendiri tidaklah sama dengan egois dan narsis.

Psikolog Febria Indra Hastati mengingatkan para ibu agar selalu berbuat baik pada diri sendiri melalui berbagai aktivitas. Hal inilah yang dapat menumbuhkan rasa cinta bagi diri atau self-love.

“Self-love berarti menyayangi dan menghargai diri sendiri, memperhatikan pemenuhan kebutuhan diri dan mendukung aspek fisik, psikologis dan spiritual diri untuk senantiasa berkembang,” kata Febria, seperti dilansir Antara, Sabtu (24/12/2022).

Menurutnya, kegiatan sederhana yang bisa dilakukan para ibu dapat mengisi self-love checklist atau daftar periksa, buat tanda centang pada hal-hal yang dilakukan ibu dalam kurun waktu akhir ini, misalnya dalam sebulan terakhir.

Hal yang perlu diperhatikan, kata Febria, jika masih banyak hal penting dari daftar periksa/checklist itu yang tidak pernah dilakukan para ibu, artinya kurang memberi perhatian pada diri sendiri.

“Dengan kata lain, kadar self-love dinilai kurang tinggi, dan bisa membawa dampak negatif,” jelas dia.

Lalu, bagaimana cara memiliki dan meningkatkan self-love? Febria mengatakan bisa dilakukan dengan teknik “5K”.

Huruf “K” yang pertama adalah untuk “kontrol toxic-self”, dimana para ibu bisa mencoba untuk menghindari self-labeling, self comparing, dan lainnya.

Lebih lanjut, “K” berikutnya adalah “kelola emosi”, “kenali kelebihan dan keterbatasan diri”, “kembangkan potensi diri”, dan “komunikasi ke pasangan dan sekitar.

“Terakhir, kunci kebahagiaan adalah keseimbangan dalam seluruh aspek kehidupan. Sebagai seorang ibu, kita bisa mencapai kebahagiaan jika unsur dasar sudah terpenuhi yaitu self-love,” ujar Febria.

Di sisi lain, kreator konten Ria Ricis mengatakan dirinya sependapat bahwa penting bagi ibu untuk merawat dan menjaga diri sendiri di tengah kesibukannya menjadi ibu di rumah maupun jika ibu juga bekerja.

“Pertama kalinya menjadi seorang ibu, aku merasakan bahwa ternyata sebelum aku membahagiakan anak, suami, maupun keluarga, dibutuhkan juga hati yang bahagia. Sebab, ketika mood aku sedang tidak baik, anak aku Moana dapat juga merasakannya,” kata Ria.

“Karenanya, aku berusaha untuk memahami diri aku terlebih dahulu, aku buat diri aku senang, nyaman, jadi Moana bisa menangkap banyak energi kebaikan dari diri aku dan membuatnya tumbuh lebih baik dan optimal,” imbuhnya.

Sementara itu, Mothercare Indonesia baru-baru ini menyelenggarakan kegiatan olahraga bersama para ibu dengan yoga pagi hari di Mall Senayan City untuk merayakan Hari Ibu.

“Ibu yang bahagia, akan lebih mudah menjalankan seluruh kegiatan setiap harinya, lebih tenang menghadapi tugasnya, serta merawat anak dan keluarga di rumah dengan tenang,” kata Senior Vice President for Baby, Kids, & Toy Brands Kanmo Group Vasudev Kataria.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
Ketika orang meninggal
6 Jenis Bunga Lambang Kematian di Berbagai Negara
Desa Wisata Cemaga Tengah
Bangga, Desa Wisata Cemaga Tengah Kepri Lolos 50 Besar ADWI!
Auto Liker TikTok
Auto Liker TikTok, Jurus Tingkatkan Jumlah Likes Gratis
bp tapera
Gaji ASN dan Swasta Dipotong 3% untuk BP Tapera, Apa Manfaatnya?
Rembug Bedas, program prioritas bupati bandung
Bupati Bandung Paparkan 13 Program Prioritas, di Antaranya BPJS Kesehatan
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Berapa Bayaran Avenged Sevenfold Sekali Manggung?

3

Tagar All Eyes on Rafah Trending, Ini Penyebabnya!

4

bank bjb Umumkan Pemenang bjbpreneur 2024 dalam Momen HUT 63

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
nembak SIM (1)
Bakal Tak Ada Celah Nembak SIM Lagi, Ini Strategi dari Polisi
SIM C1
Polri Resmi Terbitkan SIM C1 untuk Pengendara Motor 250-500cc
Tolak RUU Penyiaran
Ratusan Jurnalis Bandung Demo di DPRD Jabar, Tolak RUU Penyiaran
UKT PTN 2024
Kenaikan UKT Dibatalkan! PTN Harus Kembalikan Kelebihan Pembayaran