Akibat Cuaca Ekstrem Sejumlah Fasilitas PLN Mataram Rusak, 185.498 Pelanggan Terdampak

Foto - Web -

Bagikan

MATARAM,TM.id : Cuaca ekstrim yang melanda Pulau Lombok sejak Jumat (23/12/2022) hingga Sabtu (24/12/2022), mengakibatkan sejumlah fasilitas milik PLN Mataram rusak. Tercatat sebanyak 666 gardu distribusi dan 22 tiang listrik miring dan roboh yang dakibatkan oleh cuaca ekstrem.

“Kerusakan infrastruktur tersebut menyebabkan sebanyak 185.498 pelanggan di Pulau Lombok terdampak,” kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Mataram, Wiedhyarno Arief melalui keterangan resmi di Mataram, NTB, Sabtu (24/12/2022).

Ia mengatakan hujan disertai angin kencang yang terjadi di sebagian besar wilayah Pulau Lombok sejak Jumat (23/12) hingga Sabtu, mengakibatkan banyak pohon tumbang yang menimpa tiang listrik PLN.

Hal itu menyebabkan sejumlah daerah mengalami pemadaman listrik, di antaranya sebagian Kota Mataram, seperti Kelurahan Pagutan, dan Monjok.

Selain itu, sebagian wilayah Kabupaten Lombok Barat, yakni Kecamatan Gunung Sari, Labuapi, Gerung dan sebagian daerah di Kabupaten Lombok Tengah yaitu Selong Belanak, Montong Gamang, Aik Bukak, Pododol.

“Mohon maaf bagi pelanggan yang terdampak padam. Lokasi terdampak cuaca sangat luas. Seluruh tim hingga Sabtu pagi sedang berada di lapangan untuk melakukan perbaikan,” ujar Wiedhy.

Foto – Web –

Ia menyebutkan sebanyak 231 personel gabungan diterjunkan untuk mempercepat proses penormalan. Untuk mempercepat penormalan, suplai listrik juga dialihkan dari jalur yang lain atau dimanuver.

“Kondisi di lapangan yang masih hujan angin, menjadi salah satu kendala dalam proses perbaikan. Namun, kami akan berusaha semaksimal mungkin. Apabila diperlukan, kami akan kerahkan lebih banyak lagi supaya perbaikan bisa segera teratasi,” ucapnya.

Wiedhy mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada, utamanya apabila melintas di daerah yang rawan longsor, terlebih pada saat kondisi cuaca hujan angin.

“Mohon kerja sama dari masyarakat, apabila menemukan kondisi jaringan yang sekiranya berpotensi bahaya untuk dapat segera melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile untuk dapat segera kami tindaklanjuti,” katanya.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
baic indonesia (3) (1)
BAIC Ungkap Perkiraan Harga 2 Mobil Baru di Indonesia, Termasuk Murah?
port charger iPhone
Cara Mengatasi Port Charger iPhone Original yang Kena Debu!
kia ev6 facelift (2)
Kia Luncurkan EV6 Facelift 2025, Penyegaran Desain dan Kapasitas Baterai Besar
double cabin lokal
Menperin Ingin Double Cabin Produksi Lokal, Mitsubishi Triton Siap?
Fuchsia warna apa
Dibalik Kerudung Warna Fuchsia untuk Berbagai Acara
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Tips Mengobati Gigitan Tomcat, Jangan Salah Kaprah!

3

PT Tekindo Buka Fakta Terkait Putusan MA Soal Lahan di Maluku Utara

4

Makna Lagu 'Tak Cukup Satu Kata' Single Terbaru Rizwan Fadilah

5

Sejarah Manhwa: Dari Politik Manga ke Romansa
Headline
Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia
Timnas Indonesia Bisa Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Asal?
Teror Bobotoh Terus Bayangi Bali United
Teror Bobotoh Terus Bayangi Bali United, Teco Tak Peduli
Skuat Jerman Euro 2024
Jerman Rilis 30 Nama Skuat Euro 2024, Pemain Veteran Jadi Tumpuan
David Copperfield
Pesulap David Copperfield Dituduh Lakukan Pelecehan Terhadap 16 Wanita