Bahaya! Ini Efek jika Radiator Mobil Pakai Air Biasa Terus Menerus

radiator mobil
Ilustrasi. (mobil88)

Bagikan

JAKARTA,TM.ID: Ketika berbicara tentang perawatan mobil bekas, satu hal yang sering kali diabaikan adalah sistem pendingin mesin, terutama penggunaan coolant atau air radiator yang tepat.

Meskipun saat ini banyak merek coolant yang tersedia di pasaran, masih banyak pemilik mobil yang menggunakan air biasa atau air keran sebagai pengganti coolant. Hal ini bisa berdampak serius pada kesehatan mesin mobil dalam jangka panjang.

Menjaga suhu mesin tetap stabil adalah kunci penting dalam perawatan kendaraan. Untuk itu, penggunaan coolant dalam sistem pendingin merupakan langkah yang sangat dianjurkan.

Suparna, Service Manager bengkel Auto2000 di Cilandak, Jakarta Selatan, mengungkapkan bahwa penggunaan air biasa dalam sistem pendingin bisa memiliki dampak buruk dalam jangka panjang.

“Sistem pendingin mobil terdiri dari berbagai unsur besi dan aluminium di mana risiko karat sangat mungkin terjadi. Air biasa, atau air keran, mengandung mineral dan bahan lain yang sebenarnya tidak diperlukan dalam sistem pendingin,” ungkap Suparna.

BACA JUGA: 6 Rahasia Mitsubishi Xforce Terungkap, Pembeli Wajib Tahu!

Air biasa yang mengandung mineral dan zat-zat yang tidak diperlukan ini dapat menyebabkan terbentuknya karat dalam sistem pendingin.

Ketika karat semakin banyak terbentuk, dapat mengakibatkan penyumbatan dalam sistem dan mengganggu aliran pendingin. Ini bahkan bisa berdampak pada kerusakan pada komponen penting seperti water pump.

“Mobil yang menggunakan air biasa cenderung lebih rentan mengalami kerusakan, terutama pada water pump. Karat yang terbentuk akibat penggunaan air biasa dapat menyebabkan masalah serius dalam sistem pendingin,” kata Novarian Praputranda, Aftermarket Marketing Section Head dari produsen air radiator Seiken, melansir Gridoto.

Maka dari itu, penting untuk menghindari penggunaan air biasa sebagai pengganti coolant atau air radiator yang sebenarnya.
Jika terpaksa dalam situasi darurat, penggunaan air biasa sementara dapat diterima, namun perlu diingat untuk segera menuju bengkel untuk membersihkan dan mengganti cairan pendingin yang tepat.

Penggunaan coolant tidak hanya membantu menjaga suhu mesin tetap stabil, tetapi juga mencegah korosi dan karat yang dapat merusak sistem pendingin. Dalam jangka panjang, penggunaan coolant akan lebih menguntungkan dan melindungi kesehatan mesin mobil bekas Anda.

(Dist)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
vespa primavera batik
Vespa Primavera Batik Sentuhan Ekslusif, Rilis Mendekati 17 Agustus
Persebaya Surabaya Slavko Damjanovic
Persebaya Surabaya Diperkuat Bek Tengah Asal Montenegro
Smelter zink
Pemberdayaan Lahan untuk Smelter Zinc PT KPC Kalteng Harus Dapatkan Status PSN
insentif mobil hybrid
Insentif Mobil Hybrid Harus di Bawah Mobil Listrik agar Realistis?
Striker Brasil Danilo Alves resmi gabung ke PSS Sleman
2 Striker Brasil Resmi Perkuat PSS Sleman
Berita Lainnya

1

Tips Beli Tiket Presale Konser Bruno Mars di Jakarta!

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Dikabarkan Hilang, WNI di Jepang Ternyata Ditangkap Kasus Narkoba

4

Jersey Olimpiade Timnas Indonesia Dipuji Prabowo: 'Bagus Sekali'

5

Salurkan Dana BSPS, bank bjb Tandatangani MOU dengan Kementerian PUPR
Headline
Francesco Bagnaia juara MotoGP
Bagnaia Menangkan MotoGP Jerman, Calon Setimya Musim Depan Tempati Posisi Kedua
1 MUHARRAM 1446 H
NU Tetapkan 1 Muharram 1446 H, Hasil Rukhyatul Hilal
penyesalan terbesar manusia
5 Penyesalan Terbesar Manusia Menjelang Ajal
Jersey Olimpiade Timnas Indonesia Dipuji Prabowo
Jersey Olimpiade Timnas Indonesia Dipuji Prabowo: 'Bagus Sekali'