Jadi Calon Tunggal Ketum Golkar, Bahlil Bakal Menang Aklamasi?

bahlil ketum golkar-1
(antara)

Bagikan

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia dipastikan jadi calon tunggal ketua umum Partai Golkar untuk dibawa ke Musyawarah Nasional (Munas) XI Golkar.

Bahlil adalah satu-satunya calon ketua umum yang memenuhi syarat pencalonan, sedangkan kandidat lainnya yakni Ridwan Hisjam tidak memenuhi syarat.

“Berdasarkan hasil verifikasi berkas dan persyaratan bakal calon, komite pemilihan menyatakan, berkas pendaftaran bakal calon atas nama Ridwan Hisjam dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum partai Golkar pada Munas XI partai Golkar tahun 2024,” kata Ketua Steering Committee Rapimnas dan Munas Golkar, Adies Kadir, di DPP Golkar, Jakarta Barat, Senin (19/8/2024).

Alasan Bahlil Maju

Bahlil menyatakan, ia memilih maju jadi calon ketua umum karena ingin mengabdi untuk Partai Golkar. Menurut Bahlil, pengabdian itu merupakan bentuk balasan karena ia dilahirkan dari rahim Partai Golkar.

“Saya pikir sudah saatnya sebagai anak yang lahir dari kandungan Golkar, ingin mengabdi kembali kepada ibu yang melahirkan anak itu,” kata Bahlil.

Dia menegaskan bahwa ia berhak mencalonkan diri sebagai ketum Partai Golkar karena pernah jadi pengurus DPD Golkar Papua. Salah satu syarat yang harus dipenuhi calon ketua umum adalah pernah menjadi pengurus Partai Golkar.

“Saya pernah jadi pengurus DPD Golkar Papua 2009-2014 dan SK-nya ditandatangani oleh Aburizal Bakrie dan Idrus Marham, dan sudah saya berikan ke mereka,” kata Bahlil.

Ia mengeklaim bahwa tidak pernah gabung ke partai lain selain Golkar. Dia juga mengeklaim membawa dukungan 469 dari total 558 suara. “Artinya sudah melebihi dari 80 persen,” ujar mantan Menteri Investasi itu.

Menang aklamasi?

Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu Golkar Idrus Marham menjagokan Bahlil akan terpilih secara aklamasi dalam Munas XI Golkar.

“Tanpa mendahului takdir Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, bahwa InsyaAllah pada munas yang akan dilakukan tanggal 20 besok, dipastikan saudara Bahlil Lahadalia terpilih secara aklamasi,” kata Idrus dalam konferensi pers di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Senin kemarin.

BACA JUGA: Bahlil Ngaku Tidak Tahu Kondisi Golkar Setelah Airlangga Mundur

Idrus mengklaim, dukungan internal Partai Golkar terhadap Bahlil sudah sangat luar biasa hampir mendekati paripurna. Menurutnya seluruh pemilik suara yang ada di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sudah memberikan dukungan secara tertulis atas pencalonan Bahlil Lahadalia sebagai Ketum DPP Partai Golkar periode 2024-2029.

Idrus membantah berbagai sorotan yang menyebut bahwa aklamasi merusak tatanan demokrasi di Partai Golkar.  Dia menjelaskan, sistem demokrasi memiliki ciri kekeluargaan, kegotong royongan dan juga ada kemufakatan.

Idrus menyebut, keputusan secara musyawarah mufakat harus didahulukan, sedangkan pemilihan atau voting digelar ketika tidak ada kata mufakat.

Sinyal dukungan juga dilontarkan Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita. Pada acara pelantikan Bahlil sebagai Menteri ESDM, Agus menyebut Bahlil sebagai ketua umum Partai Golkar berikutnya.

 

(Kaje/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Alat-alat masak camping
Peralatan Masak yang Wajib Dibawa Saat Camping
Wendy Walters
Wendy Walters Berhasil Move On, Akui Memiliki Pasangan Baru
Jenis Tenda Camping
5 Jenis Tenda Camping yang Nyaman
Jenis Gamelan
7 Ragam Jenis Gamelan, dari Gedhe hingga Senggani
Jenis alkohol
Apa Saja Jenis Alkohol yang Sering Ditemui?
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan Paslon Pilgub Pertama yang Mendaftar ke KPU Jabar

3

BPJS Ketenagakerjaan Aktivasi Booth di West Java Festival Tahun 2024

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Gerindra Berikan B1KWK ke Haru Suandharu dan R.Dhani Wirianata Maju Pilwalkot Bandung
Headline
DSC06636 (1) (1) (1) (1)
Persib Luncurkan Jersey Khusus AFC Champions League 2
Paslon Pilgub Jabar
Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan Paslon Pilgub Pertama yang Mendaftar ke KPU Jabar
airin ade pilgub banten
Golkar Balik Arah Usung Airin - Ade di Pilgub Banten!
Partai Demokrat dukung Dedi Mulyadi Erwan Setiawan AHY
Demokrat Resmi Dukung Dedi Mulyadi - Erwan di Pilgub Jabar, AHY Punya Harapan Khusus Kepada Bobotoh