Inovasi Mahasiswa UMM, Membuat Sirup Temulawak Pencegah Asam Urat

Temulawak obat asam urat
Temulawak (Dok. Kemenkes RI)

Bagikan

MALANG, TEROPONGMEDIA.ID — Asam urat merupakan salah satu penyakit yang kerap diderita terutama bagi mereka yang sudah menginjak lansia. Kondisi ini memicu semangat sekelompok mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berhasil berinovasi menemukan ekstrak tumbuhan herbal temulawak (Curcuma xanthorrhiza) untuk mencegah penyakit asam urat.

Inovasi ramuan temulawak yang dibuat dalam bentuk sirup tersebut dibuat oleh kelompok 32 Gelombang 3 mahasiswa Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) UMM di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ketua Kelompok 32 Gelombang 3 PMM UMM, Vienzy Justicia Desta Prastya mengatakan, asam urat merupakan salah suatu kondisi yang menyebabkan nyeri sendi akibat penumpukan kristal asam urat.

“Dan kami mencoba memanfaatkan sifat terapeutik temulawak dengan mengembangkannya dalam bentuk sirup,” kata Vienzy Justicia, seperti dilansir Antara, Minggu (18/8/2024).

Temulawak merupakan tanaman herbal tradisional lndonesia dengan sejuta manfaat dan sejak zaman dahulu dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Salah satu manfaat utama tanaman yang mudah tumbuh dan ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia ini adalah sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala asam urat.

Dengan sifat terapeutik yang ada dalam kandungan temulawak, kata Vienzy, sirup tersebut menjadi solusi alternatif untuk pencegahan dan pengelolaan asam urat pada lansia.

Inovasi tersebut dibuat para mahasiswa guna meningkatkan kualitas hidup lansia, utamanya di wilayah dilaksanakannya program PPM di Dusun Turi, Desa Kepuharjo, Kabupaten Malang.

BACA JUGA: Mahasiswa Asal Palestina Raih IPK Sempurna di Unair dan Terbitkan 8 Jurnal

Berdasarkan hasil penelitian yang ia lakukan sebelumnya, di daerah tersebut banyak lansia yang menderita keluhan asam urat. Desa Kepuharjo merupakan salah satu daerah dengan prevalensi tinggi kasus asam urat di kalangan lansia.

Para mahasiswa memulai proyek ini dengan memproduksi sirup temulawak secara lokal menggunakan bahan-bahan alami berkualitas.

“Bentuknya sirup, diharapkan mudah untuk dikonsumsi,” katanya.

Vienzy mengatakan sirup hasil inovasi kelompoknya tersebut mengandung kurkumin, senyawa utama dalam temulawak, yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan.

Dengan mengonsumsi sirup ini secara rutin, lanjutnya, lansia dapat merasakan manfaat dalam mengurangi peradangan dan nyeri yang disebabkan oleh asam urat.

Vienzy dan rekan-rekannya juga mengajak masyarakat setempat untuk mendistribusikan sirup temulawak yang mereka produksi. Selain itu, mereka juga memberikan edukasi lebih mendalam terkait berbagai penyakit dan pencegahannya kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, respons masyarakat sangat positif. Dengan adanya inovasi ini, diharapkan terjadi penurunan kasus asam urat di kalangan lansia dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan penanganan penyakit melalui pendekatan berbasis herbal,” ujarnya.

Dengan pendekatan berbasis komunitas dan edukasi, inovasi ini diharapkan tidak hanya memberikan solusi kesehatan yang efektif, tetapi juga memperkuat keterlibatan masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan lansia, katanya.

 

(Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Marc Marquez MotoGP Austria
Tampil Garang di MotoGP Austria 2024, Marc Marquez Bangkit dari Posisi 13 Finis di Empat Besar
Brentford
Hasil Pertandingan: Brentford vs Crystal Palace Berakhir 2-1
BMW CE 02
BMW CE 02 Siap Mengaspal, Punya Fitur Unik Mirip Mobil!
Kuliner Malam Jombang
6 Rekomendasi Tempat Kuliner Malam di Jombang
Candi Rimbi Jombang
Lokasi, Jam Buka dan Tiket Masuk Candi Rimbi Jombang
Berita Lainnya

1

Lengkap, Kelebihan dan Kekurangan Kijang Super

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Ciri-ciri Kucing Pemburu Tikus yang Baik

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!
Headline
Dewa United Bidik Poin Sempurna Kontra Persib
Dewa United Bidik Poin Sempurna Kontra Persib
Mohamed Salah Gol Liverpool
300 Kontribusi Gol untuk Liverpool Ditorehkan Mohamed Salah
Timnas Voli Putra Indonesia
Raih Dua Kemenangan Timnas Voli Putra Indonesia Tempati Posisi Klasemen Rawan
Real Mallorca
Prediksi Skor Real Mallorca vs Real Madrid di Pekan ke-1 La Liga 2024/2025