Kendaraan Jokowi saat HUT KE-79 di IKN, Sudah Mobil Listrik?

kendaraan jokowi hut ri
(Youtube/Setpres)

Bagikan

JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil dalam upacara kemerdekaan Indonesia yang ke-79, yang menunggangi mobil Mercedes-Benz S600 Guard di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kendaraan tersebut, bukan tenaga dari listrik melainkan masih mesin konvensional atau bensin. Seperti diketahui, khusus wilayah IKN nantinya kendaraan yang boleh berlalu-lalang di sana hanya bermesin listrik.

Kendaraan Jokowi saat Proklamasi 17 Agustus di IKN

Mercedes-Benz S600 Guard Jokowi adalah mesin V12-nya yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 530 daya kuda. Mesin ini memungkinkan kendaraan untuk mencapai kecepatan maksimum hingga 210 km/jam, sebuah kemampuan yang sangat berguna dalam situasi darurat.

BACA JUGA: Jokowi Ajak Cak Imin Hingga Hatta Rajasa Keliling IKN Sebelum Upacara

Kendaraan ini khusus untuk melarikan diri dari situasi berbahaya dengan cepat dan efisien, memberikan perlindungan maksimal bagi penumpangnya.

Mercedes-Benz S600 Guard sudah memiliki armoring kelas B6/B7 yang tahan terhadap proyektil senjata kecil standar militer serta pecahan granat tangan dan bahan peledak lainnya.

Kaca kendaraan ini jauh lebih tebal dari mobil-mobil biasa, dengan berat yang memerlukan perangkat hidrolik untuk membuka dan menutupnya.

Selain itu, kendaraan ini juga memiliki aksebilitas khusus, seperti sistem udara yang mampu menyediakan oksigen mandiri saat terjadi ancaman gas berbahaya di sekeliling mobil.

Tidak hanya dari segi perlindungan fisik, mobil tersebut juga memiliki dengan berbagai fitur keselamatan tambahan. Beberapa di antaranya termasuk run-flat tyre, yang memungkinkan kendaraan tetap bisa berjalan meskipun dalam kondisi ban bocor, serta tangki bahan bakar self-sealing yang mencegah kebocoran dalam situasi kritis.

Sistem pemadam kebakaran otomatis juga menjadi salah satu fitur penting  sebagai alat antisipasi yang menambah keamanan kendaraan ini.

Kemudian, teknologi canggih lainnya yang tersemat pada Mercedes-Benz S600 Guard adalah DISTRONIC PLUS with Stop&Go Pilot.

Fitur ini memungkinkan kendaraan untuk berakselerasi dan mengerem secara otomatis, mengikuti arus lalu lintas tanpa perlu tindakan yang terlalu sering dari pengemudi. Hal ini sangat membantu terutama dalam perjalanan di kota besar yang padat.

Selain itu, kendaraan ini juga melengkapi perangkat keamanan lain, seperti Active Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist, dan PRE-SAFE Brake yang mampu mendeteksi pejalan kaki serta memberikan peringatan dan pengereman otomatis.

Fitur Night View Assist Plus juga memungkinkan pengemudi untuk melihat objek yang berada dalam kegelapan dengan lebih jelas, meningkatkan keselamatan saat berkendara di malam hari.

Balutan Kemewahan di Bagian Interior

Interior dari Mercedes-Benz S600 Guard juga mentereng dari material berkualitas tinggi, memastikan kenyamanan maksimal bagi Jokowi selama perjalanan.

Jok kulit yang mewah, sistem infotainment yang canggih, serta ruang kabin yang luas menjadikan perjalanan dengan kendaraan ini sebuah pengalaman yang nyaman dan aman.

Sebagai salah satu kendaraan dinas untuk kepala negara, Mercedes-Benz S600 Guard tidak hanya menawarkan keamanan dan kenyamanan, tetapi juga memancarkan wibawa dan prestise.

Dengan segala fitur dan teknologi canggih yang tersaji, kendaraan ini menjadi simbol dari kekuatan dan kepercayaan diri negara dalam melindungi pemimpinnya.

 

(Saepul/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Marc Marquez MotoGP Austria
Tampil Garang di MotoGP Austria 2024, Marc Marquez Bangkit dari Posisi 13 Finis di Empat Besar
Brentford
Hasil Pertandingan: Brentford vs Crystal Palace Berakhir 2-1
BMW CE 02
BMW CE 02 Siap Mengaspal, Punya Fitur Unik Mirip Mobil!
Kuliner Malam Jombang
6 Rekomendasi Tempat Kuliner Malam di Jombang
Candi Rimbi Jombang
Lokasi, Jam Buka dan Tiket Masuk Candi Rimbi Jombang
Berita Lainnya

1

Lengkap, Kelebihan dan Kekurangan Kijang Super

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Ciri-ciri Kucing Pemburu Tikus yang Baik

5

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!
Headline
Timnas Voli Putra Indonesia
Raih Dua Kemenangan Timnas Voli Putra Indonesia Tempati Posisi Klasemen Rawan
Real Mallorca
Prediksi Skor Real Mallorca vs Real Madrid di Pekan ke-1 La Liga 2024/2025
Japan Open 2024
Jadwal dan Daftar Skuad Indonesia di Japan Open 2024
Pep Guardiola
Pep Guardiola Tak Pasang Target Juara di Premier League 2024/25