Penyebab Rusak, ini Tanda Motor Kemasukan Air!

motor kemasukan air
(Ilustrasi.Astra Motor)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Simak, mengapa motor kemasukan air dapat mengganggu fungsi hingga menjadi penyebab kerusakan.

Air dapat masuk ke dalam sistem kelistrikan, sistem pembakaran, hingga tangki bahan bakar, yang bisa berakibat fatal bagi  sepeda motor.

Jika zat ini masuk ke dalam salah satu sistem tersebut, hampir bisa dipastikan kendaraan roda dua anda akan mengalami kerusakan yang serius.

Mengapa Motor Rentan Kemasukan Air?

Tangki bahan bakar merupakan salah satu komponen motor yang paling rentan terkena air, terutama pada motor jenis naked, touring, atau sport.

BACA JUGA: Motor Listrik Sunra Pamer Eksperimen Ekstrem Pakai Air Panas dan Hujan

Posisi tangki yang berada di luar dan terpapar langsung oleh lingkungan membuatnya lebih mudah kemasukan air ketimbang dengan motor matic atau bebek yang tangkinya tertutup oleh jok.

Air bisa masuk ke dalam tangki bahan bakar melalui lubang kecil atau seal penutup yang sudah aus. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai masalah pada motor.

Lantas, bagaimana indikasi tangki motor jika terpapar air? Melansir berbagai sumber, berikut tanda-tanda motor kemasukan air:

1. Lebih Boros

Salah satu ciri tangki motor kemasukan air adalah konsumsi bahan bakar yang lebih boros dari biasanya. Air yang masuk ke ruang bakar akan mengganggu proses pembakaran, membuatnya tidak sempurna, sehingga motor membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk beroperasi.

2. Kehilangan Tenaga

Air yang bercampur dengan bahan bakar akan membuat proses pembakaran menjadi tidak efisien, menyebabkan motor kehilangan tenaga, terutama saat menghadapi medan yang menanjak atau terjal.

3. Brebet

Ciri lain yang sangat umum adalah motor menjadi brebet. Karena air yang masuk ke ruang bakar, mengganggu proses pembakaran, dan akhirnya menyebabkan mesin tidak bekerja dengan baik.

4.  Sulit Hidup

Salah satu penyebab motor sulit hidup, karena terkontaminasi air. Jika kondisi ini tak mendapatkan penanganan, bercak-bercak tersebut dapat memicu terjadinya karat di dalam tangki, sehingga menghalangi bahan bakar.

Air di dalam tangki bahan bakar juga bisa membuat motor sulit untuk dihidupkan. Air yang bercampur dengan bahan bakar menghalangi proses pembakaran, sehingga motor menjadi lebih sulit untuk dinyalakan.

5. Munculnya Jejak Air di Dalam Tangki

Air yang mengandung mineral akan meninggalang akan merusak tangki bahan bakar motor.

6. Suara Mesin Menjadi Kasar

Kontaminasi air dalam proses pembakaran dapat menyebabkan mesin motor mengeluarkan suara kasar. Hal ini disebabkan oleh air yang tidak dapat dikompresi dalam ruang bakar, yang menyebabkan komponen mesin saling beradu, dan akhirnya menimbulkan kerusakan serius.

7. Munculnya Asap dari Knalpot

Ciri terakhir yang harus diwaspadai adalah munculnya asap dari knalpot. Jika air masuk ke dalam tangki bahan bakar, asap yang keluar dari knalpot akan lebih banyak dan berbau tidak sedap. Ini adalah tanda bahwa proses pembakaran tidak berjalan dengan baik akibat adanya air dalam bahan bakar.

Dengan memahami dan mengenali 7 ciri-ciri tangki motor kemasukan air di atas, Anda dapat segera mengambil tindakan pencegahan dan perbaikan.

 

(Saepul/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Writer’s block
6 Cara Atasi Writer’s Block, Penulis Pemula Wajib Tahu!
CISSReC harga data PNS
CISSReC Bocorkan Harga Data Pribadi 4,7Juta PNS yang Diretas TopiAx
Pecak ikan nila
Resep Pecak Ikan Nila, Sensasi Segarnya Bikin Nagih!
honda vario 125
Ada yang Terbaru Lho dari Honda Vario 125 di Malaysia
motogp racing of the future
Bakal Ada MotoGP 'Racing for The Future' di GP Austria, Apa Itu?
Berita Lainnya

1

Link Streaming Chelsea vs Inter Milan Laga Pramusim di Stamford Bridge Selain Yalla Shoot

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Meme "Istana Garuda" di IKN Viral, "Oggy and The Cockroaches" Jadi Backsound!

4

Biar Tak Monoton Cobain Ide Desain Lomba Sepeda Hias 17 Agustus

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Chelsea
Prediksi Skor Chelsea vs Inter Milan Uji Coba Pramusim 2024/2025
Airlangga Hartarto Ketum Partai Golkar
Airlangga Hartarto Mundur, Lalu Kapan Plt Ketum Golkar Ditentukan?
ive Streaming Pertandingan Nurul Akmal
Jadwal dan Live Streaming Pertandingan Nurul Akmal di Olimpiade Paris 2024
Airlangga Hartarto mundur dari ketua umum golkar-1
Resmi Mundur dari Golkar, Ini Pernyataan Airlangga Hartarto