6 Cara Atasi Writer’s Block, Penulis Pemula Wajib Tahu!

Writer’s block
Writer’s block. (pinterest)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Istilah writer’s block mungking sudah tidak asing di telinga seorang penulis. Writer’s block seringkali menyebakan penulis menjadi stres dan kebingungan, karena mengalami kesulitan untuk menuliskan ide-idenya.

Kondisi ini dapat terjadi pada siapapun yang memiliki pekerjaan atau hobi di dunia kepenulisan, seperti jurnalis, content writer, penulis novel, sastrawan, copywriter, dan scriptwriter.

Dalam kondisi writer’s block, seorang penulis akan merasa idenya tidak cocok untuk ditulis atau bahkan seperti tidak ada ide sama sekali untuk dituangkan dalam tulisan.

Oleh karena itu, berikut ini adalah langkah-langkah mengatai writer’s block yang dapat Anda coba, jika sedang mengalaminya.

Cara Atasi Writer’s Block

1. Istirahat dan Lakukan Aktivitas Lain

Langkah pertama untuk mengatasi writer’s block adalah dengan memberi waktu istirahat pada otak Anda. Cobalah untuk sejenak berhenti dari kegiatan menulis dan lakukan aktivitas lain yang menyenangkan atau Anda nikmati.

Misalnya Anda dapat mencob hal lain dengan berjalan-jalan, menikmati makanan lezat, tidur sebentar, bermain game, atau berselancar di media sosial.

2. Coba Menulis Hal Lain

Jika Anda merasa buntu dan tidak tahu harus menulis apa selanjutnya, coba alihkan perhatian Anda dengan menulis tentang hal lain.

Mungkin Anda bisa beralih ke topik tulisan yang berbeda, menulis artikel dengan tema lain, cerita pendek, atau proyek yang lebih sederhana.

3. Hindari Distraksi

Salah satu tanda writer’s block adalah kesulitan fokus dan mudah teralihkan. Untuk mengurangi gangguan, cobalah bekerja di lingkungan yang lebih nyaman atau pada waktu-waktu ketika Anda merasa paling kreatif.

Jauhi benda-benda yang dapat mengganggu konsentrasi, seperti ponsel, media sosial, atau situs belanja online.

4. Baca Buku

Membaca bisa menjadi cara yang efektif untuk menemukan ide-ide baru, menyegarkan pikiran, dan memberikan sedikit jarak dari tulisan Anda.

Melalui membaca, Anda mungkin menemukan inspirasi, gaya penulisan yang menarik, atau kata-kata baru yang bisa Anda gunakan.

Tidak perlu membaca buku berat; komik, novel, berita, atau apa pun yang Anda suka juga bisa membantu.

5. Tetapkan Deadline untuk Diri Sendiri

Ketika mengalami writer’s block, sering kali Anda cenderung menunda-nunda pekerjaan. Untuk mengatasi hal ini, cobalah menetapkan deadline untuk diri sendiri.

Anda mungkin pernah mendengar tentang “the power of kepepet”—biasanya, ketika deadline semakin mendekat, Anda akan terdorong untuk fokus dan menyelesaikan tulisan dengan lebih cepat. Jadi, tetapkan deadline dan usahakan untuk mematuhinya.

6. Lakukan Free Writing

Free writing adalah metode menulis tanpa batasan. Dalam aktivitas ini, Anda bisa menulis apa saja yang terlintas di pikiran Anda tanpa perlu mengikuti aturan atau mengedit.

Setel timer selama 5 menit, lalu tulis tanpa henti. Ini bisa berupa perasaan Anda, kejadian sehari-hari, atau ide-ide acak. Free writing dapat membantumu menemukan kembali aliran menulis dan memulihkan kreativitas Anda.

BACA JUGA: Tuangkan Ide dengan Menulis dan Rasakan Manfaatnya!

Semoga sejumlah cara untuk mengatasi writer’s block di atas dapat membantu Anda, ketika kehilangan ide untuk menulis. Jika, Anda mengalami kondisi tersebut tetaplah menulis, karena kondisi ini sudah biasa dialami oleh seorang penulis. Semangat!

 

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
CISSReC harga data PNS
CISSReC Bocorkan Harga Data Pribadi 4,7Juta PNS yang Diretas TopiAx
Pecak ikan nila
Resep Pecak Ikan Nila, Sensasi Segarnya Bikin Nagih!
honda vario 125
Ada yang Terbaru Lho dari Honda Vario 125 di Malaysia
motogp racing of the future
Bakal Ada MotoGP 'Racing for The Future' di GP Austria, Apa Itu?
cpns 2024
Formasi CPNS 2024, ini Daftar dan Jumlah Kementerian atau Lembaga
Berita Lainnya

1

Link Streaming Chelsea vs Inter Milan Laga Pramusim di Stamford Bridge Selain Yalla Shoot

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Meme "Istana Garuda" di IKN Viral, "Oggy and The Cockroaches" Jadi Backsound!

4

Biar Tak Monoton Cobain Ide Desain Lomba Sepeda Hias 17 Agustus

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
Chelsea
Prediksi Skor Chelsea vs Inter Milan Uji Coba Pramusim 2024/2025
Airlangga Hartarto Ketum Partai Golkar
Airlangga Hartarto Mundur, Lalu Kapan Plt Ketum Golkar Ditentukan?
ive Streaming Pertandingan Nurul Akmal
Jadwal dan Live Streaming Pertandingan Nurul Akmal di Olimpiade Paris 2024
Airlangga Hartarto mundur dari ketua umum golkar-1
Resmi Mundur dari Golkar, Ini Pernyataan Airlangga Hartarto